Cara Mengubah JPG Hasil Scan Ke PDF Di Windows 10

Tanpa perlu aplikasi tambahan ternyata kita bisa mengubah JPG hasil scan ke PDF di Windows 10 tanpa aplikasi tambahan karena cukup menggunakan fitur Microsoft Print to PDF yang sudah tersedia pada Windows 10.

Advertisement

Cara ini bisa dilakukan ketika kamu ingin convert gambar ke PDF secara offline dengan cepat dan mudah, menariknya dengan menggunakan Microsoft Print to PDF, bukan hanya bisa mengubah file JPG ke PDF saja tetapi bisa juga sekaligus menggabungkan file-file tersebut ke dalam satu file PDF.

Sehingga sangat cocok bagi kamu yang memiliki foto atau gambar hasil scan dalam format JPG, PNG kemudian ingin dibuat menjadi satu file PDF tanpa harus repot menginstall software lagi.

Cara Mengubah JPG Hasil Scan Ke PDF Di Windows 10 Paling Mudah

  1. Buka Windows Explorer lalu cari file gambar dalam format JPG, PNG, BMP hasil scan yang akan diubah menjadi PDF, usahakan ada dalam satu folder agar lebih mudah terutama jika ingin digabung menjadi 1 file PDF.
  2. Pilih file yang akan kita convert ke PDF lalu klik kanan kemudian pilih Print, seperti terlihat pada gambar berikut.Cara Mengubah JPG Hasil Scan Ke PDF Di Windows 10
  3. Setelah muncul print preview, ubah printer menjadi Microsoft Print to PDF. Silahkan sesuaikan ukuran kertas sesuai kebutuhan.Microsoft Print to PDF
  4. Terakhir klik tombol Print kemudian silahkan beri nama file tersebut lalu klik tombol Save dan tunggu proses konversi gambar hasil scan menjadi file PDF selesai.Mengubah JPG Hasil Scan Ke PDF

Jadi bagi kamu yang menggunakan Windows 10 kemudian ingin mengubah gambar menjadi PDF maka salah satu cara paling mudah adalah dengan cara print lalu pada printer gunakan Microsoft Print to PDF dengan langkah seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Tips

Jika ingin mengubah layout hasil print menjadi landscape atau portrait caranya pada print preview klik Options lalu pilih Printer Properties, setelah itu silahkan ubah pada bagian layout.

Kesimpulannya, untuk mengubah hasil scan menjadi PDF di Windows 10 tanpa aplikasi tambahan caranya adalah dengan mencetak atau print file tersebut namun pada nama printer, pastikan kamu pilih Microsoft Print to PDF sehingga nanti akan tersimpan sebagai PDF bukan mencetak ke printer.

Akhir kata, bagi kamu yang ingin membuat lampiran untuk lamaran pekerjaan, tugas sekolah dari hasil scan namun harus menggunakan format PDF maka salah satu cara yang bisa dipilih adalah seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu cetak file gambar langsung menjadi PDF melalui fitur print yang ada di Windows dan pada jenis / nama printer pilih Microsoft Print to PDF.

Advertisement

Leave a Reply