Cara Print Langsung Dari HP Android Ke Printer Pakai Kabel USB OTG

Setelah Googling sana sini akhirnya admin tahu kalau ternyata ada cara print langsung dari HP Android ke printer pakai kabel USB OTG dan beberapa aplikasi tambahan yang diperlukan agar HP Android bisa membaca dan terkoneksi ke printer.

Advertisement

Aplikasi Android yang bisa digunakan diantaranya adalah NokoPrint dan juga PrinterShare Premium, karena ini coba-coba maka admin lebih pilih menggunakan aplikasi NokoPrint yang bisa digunakan secara gratis tanpa harus upgrade ke premium terlebih dahulu.

Untuk OTG sendiri bisa gunakan yang berupa kabel usb maupun tanpa kabel usb (OTG Adapter) yang harganya cukup murah mulai dari 5.000 bahkan bisa lebih murah jika membeli secara online.

Cara Print Langsung Dari HP Android Ke Printer Pakai Kabel USB OTG

Jadi yang diperlukan agar bisa mencetak dokumen, PDF, teks, foto langsung dari HP Android ke printer adalah OTG Adapter, printer dalam hal ini admin gunakan Canon PIXMA MP287, dan terakhir aplikasi Android NokoPrint (gratis) atau Printer Share (berbayar).

Setelah semua lengkap kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Download aplikasi NokoPrint dari Google Play Store. Setelah selesai jalankan aplikasinya
  2. Sambungkan kabel printer ke Android menggunakan kabel OTG, lalu nyalakan printer.
  3. Jika muncul pop up “Pilih aplikasi untuk perangkat USB” pilih NokoPrinter. Cara Print Langsung Dari HP Android Ke Printer Pakai Kabel USB OTGSedangkan jika tidak muncul maka tap pada ikon printer yang ada di bagian bawah dengan tulisan Tidak dipilih lalu pilih “Tersambung ke USB OTGTersambung ke USB OTG
  4. Tap pada nama printer yang muncul dan akan kamu gunakan, sebagai contoh untuk pixma mp287 terbaca sebagai Canon MP280 series.
  5. Kemudian akan ada permintaan untuk mengunduh driver printer, pilih YA, dan tunggu sampai proses download driver selesai.
  6. Langkah selanjutnya silahkan pilih apa yang ingin dicetak, apakah Foto dan gambar, Dokumen atau Halaman Web lalu cari file yang akan diprint.pilih apa yang ingin dicetak
  7. Setelah preview atau pratinjau file muncul, tap tombol Mencetak dan tunggu sampai proses pencetakan dari HP Android ke printer selesai yang ditandai dengan keluarnya kertas dari printer.

Catatan : Untuk proses install driver hanya diperlukan satu kali saja, setelah nama printer muncul selanjutnya setiap kali akan mencetak tidak perlu download untuk install driver lagi.

Ada cara lain yang lebih cepat ketika ingin mencetak foto, dokumen dalam format word, excel, pdf maupun halaman web dari HP Android yaitu melalui tombol bagikan atau share.

Misalnya jika kamu ingin print file PDF, caranya cari file tersebut melalui file explorer lalu tap menu Bagikan setelah itu pilih NokoPrint.NokoPrint

Jadi tanpa perlu pc lagi kita bisa langsung mencetak file dari HP atau tablet Android ke printer melalui kabel OTG dengan menggunakan aplikasi gratis seperti NokoPrint , cara ini bisa kamu lakukan baik untuk mencetak dokumen, gambar, foto bahkan resi atau label pengiriman toko online seperti dari Shopee, Lazada, BukaLapak, Tokopedia dan lainnya.

Oleh karena itu jika kamu jualan online kemudian ingin bisa mencetak label pengiriman langsung dari HP maka silahkan coba cara di atas.

Kesimpulan

Jika kamu ingin ngeprint langsung dari Android tetapi tidak printer yang digunakan tidak memiliki koneksi bluetooth apalagi Wi-Fi seperti Canon Pixma MP287 yang admin gunakan maka salah satu solusinya adalah print menggunakan aplikasi NokoPrint dengan koneksi USB OTG.

Advertisement

Biayanya lebih murah jika dibandingkan harus membeli printer baru, betul?