Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

5 Cara Melihat Mutasi Rekening BCA Tanpa Harus Cetak Buku

Ada 4 cara melihat mutasi rekening BCA sendiri tanpa harus ke bank untuk cetak buku tabungan yang bisa kita lakukan yaitu melalui SMS BCA, Mobile Banking, Internet Banking (klikBCA) dan menggunakan layanan VIRA BCA yang bisa diakses melalui aplikasi chatting seperti aplikasi LINE.

Advertisement

Pengecekan rincian atau history transaksi rekening BCA ini mungkin dibutuhkan saat kita ingin tahu transaksi apa saja yang pernah dilakukan baik itu tarik tunai di ATM, pembayaran menggunakan kartu debit, transfer maupun (DB) maupun transfer masuk (CR) dengan mudah dan cepat.

Namun yang perlu diketahui adalah, tidak semua pengecekan riwayat transaksi rekening BCA ini bisa menampilkan data dengan lengkap misalnya untuk SMS BCA, VIRA hanya bisa menampilkan 5 transaksi terakhir sedangkan jika menggunakan BCA Mobile hanya bisa digunakan untuk melihat history mutasi rekening selama 7 hari.

Inilah 4 Cara Melihat Mutasi Rekening BCA Sendiri Tanpa Harus Ke Bank

Berikut ini adalah daftar cara untuk mengetahui rincian atau history transaksi rekening BCA yang bisa kamu pilih yang bisa dilakukan baik dari HP Android maupun PC tanpa harus datang ke bank terlebih dahulu.

#1 – Cek Mutasi Rekening BCA Via SMS Banking

  1. Ketik sms dengan format MUTASI(spasi)Kode Akses.
  2. Misalnya MUTASI 1234 kemudian kirim ke nomor 69888. Jika berhasil maka nanti akan ada balasan yang berisi daftar 5 mutasi rekening terakhir seperti tampak pada gambar berikut. Cek Mutasi Rekening BCA Via SMS Banking

Catatan : Kode akses adalah kode yang kita buat saat daftar SMS BCA di ATM dan bagi yang belum registrasi silahkan lakukan pendaftaran di mesin atm bca dengan mengakses menu Daftar E-Banking – SMS BCA lalu ikuti petunjuknya sampai selesai.

Walau sederhana namun pengecekan transaksi BCA melalui SMS ini memiliki beberapa kekurangan, diantaranya: hanya menampilkan 5 transaksi terakhir, dikenakan biaya pulsa antara 500-1.670rupiah per sms. Untuk info lebih lanjut silahkan buka halaman resmi BCA SMS berikut ini.

#2 – Cara Melihat Daftar Mutasi Tabungan BCA Lewat LINE (VIRA)

Bagi yang sudah daftar layanan vira di LINE maka bisa melakukan pengecekan sisa saldo maupun daftar mutasi rekening dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi LINE lalu buka chat dengan akun resmi Bank BCA.
  2. Pilih menu Perbankan.
  3. Kemudian pilih Cek Mutasi RekeningCara Melihat Daftar Mutasi Tabungan BCA Lewat LINE (VIRA)

Kelebihan melihat mutasi rekening BCA lewat Vira di LINE adalah gratis tidak kena biaya pulsa tapi cukup menggunakan paket data namun kekurangannya sama dengan pengecekan via SMS BCA yaitu hanya bisa menampilkan 5 transaksi terakhir.

#3 – Cara Mengecek Mutasi Rekening BCA Lewat BCA Mobile (m-BCA)

Pilihan lain ketika ingin melihat daftar transaksi rekening BCA termasuk Tabungan Xpresi BCA yang tidak memiliki buku tabungan adalah melalui layanan BCA Mobile dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi BCA Mobile di HP kamu lalu pilih M-BCA.
  2. Masukan kode akses.
  3. Pilih menu m-Info.
  4. Kemudian pilih menu Mutasi RekeningCara Mengecek Mutasi Rekening BCA Lewat BCA Mobile (m-BCA)
  5. Pilih tanggal yang diinginkan lalu pilih SendMelihat Mutasi Rekening BCA
  6. Masukan PIN M-BCA lalu OKMasukan PIN M-BCA

Kelebihan mengecek mutasi tabungan BCA lewat m-BCA adalah kita bisa melihat dengan lebih detail dari setiap transaksinya karena akan ada keterangannya jadi kita bisa tahu penggunaanya untuk apa misal jika kartu atm (debit) tersebut kita pakai belanja maka akan muncul keterangan dimana kartu tersebut digunakan, tanggal berapa dan nominalnya.

Kekurangannya adalah yang bisa kita cek hanya dalam periode 7 hari dan waktunya tidak boleh lewat dari 30 hari, jadi kita tidak bisa cek mutasi 3 bulan kebelakang bahkan tidak bisa cek mutasi 30 hari secara lengkap karena hanya bisa menampilkan list transaksi dalam 7 hari saja.

#4 – Cara Melihat Mutasi Rekening BCA Online via Internet Banking (KlikBCA)

Sebelum kamu bisa melihat daftar transaksi BCA secara online dari PC atau laptop maka kamu harus daftar internet banking BCA terlebih dahulu di mesin atm lalu aktivasi di halaman klikBCA.

Setelah akun aktif maka untuk melakukan pengecekan mutasi transaksi rekening BCA caranya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke halaman klikBCA individual ini.
  2. Kemudian pilih menu Informasi Rekening.
  3. Pilih menu Mutasi Rekening.
  4. Silahkan pilih Periode Mutasi Rekening yaitu Mutasi harian jika ingin mencari berdasarkan tanggal dan pilih Mutasi Bulanan jika ingin melihat lengkap history transaksi dalam sebulan. Maksimal 2 bulan yang lalu. Cek Mutasi Rekening BCA Online via Internet Banking (KlikBCA)
  5. Terakhir pilih tombol Lihat Mutasi Rekening untuk menampilkan data atau pilih tombol Download Mutasi jika ingin menyimpan ke komputer kedalam format CSV. Cek Mutasi Rekening BCA Online

Kelebihan cek mutasi rekening bca online lewat klikBCA adalah kita bisa lihat transaksi masuk maupun keluar dengan lengkap termasuk bisa melihat siapa yang transfer ke rekening BCA kita (lihat yang diberi tanda kotak merah) walaupun memang yang terlihat hanya nama pengirim rekening, tanggal dan jumlahnya sedangkan no rekening pengirim uang tidak bisa kita ketahui.

Kekurangannya adalah, maksimal kita hanya bisa lihat mutasi rekening 2 bulan lalu dan untuk harian hanya bisa tampil maksimal 31 hari.

#5 – Cara Download dan Print Mutasi Rekening BCA via e-Statement Tabungan dan Giro BCA

Sebetulnya ini hampir sama dengan cara yang ke-4 yaitu melalui klikBCA namun menu yang kita pilih adalah e-Statement bukan mutasi rekening, dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke halaman klikBCA lalu login.
  2. Pilih menu e-Statement.
  3. Kemudian pilih Tabungan dan GiroCara Download dan Print Mutasi Rekening BCA via e-Statement Tabungan dan Giro BCA
  4. Silahkan pilih bulan dan tahun yang diinginkan, bisa tahun lalu maupun tahun berjalan. Contoh saat ini adalah April 2018 kemudian saya ingin lihat mutasi rekening BCA tahun lalu tepatnya bulan Oktober 2017 maka pilih bulan Oktober dan tahun 2018 kemudian klik tombol DownloadCara Download dan Print Mutasi Rekening BCA

Cara yang terakhir ini sangat cocok bagi kamu yang ingin cetak rekening koran bca atau bisa melihat mutasi rekening 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun atau tahun lalu dengan lengkap. Daftar mutasi rekening nantinya bisa kita download dalam format PDF dan tentunya bisa kita cetak juga.

Kesimpulan : Jika kamu ingin melihat mutasi rekening 3 bulan lalu atau lebih bahkan tahun lalu maka pilihlah cek mutasi melalui e-Statement Tabungan dan Giro yang ada di klikBCA. Tidak hanya itu melalui layanan e-Statement kita juga bisa melihat nama orang yang transfer atau kirim uang ke rekening kita.

Demikianlah 5 cara melihat mutasi rekening BCA sendiri tanpa harus repot-repot ke bank hanya untuk mencetak buku tabungan ketika ingin mengecek transaksi debit maupun kredit dari suatu rekening tabungan BCA. Jadi cara mana yang paling kamu sukai? apa alasannya?

Advertisement

Latest Comments

  1. intan permata sari April 23, 2018