Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA Lengkap Dengan Gambar

Bagaimana cara bayar BPJS lewat ATM BCA? mudah saja karena sekarang caranya hampir sama dengan saat kita membayar via ATM bank lain yaitu sudah menggunakan nomor virtual account pada kode bayar, jadi bukan lagi menggunakan nomor peserta BPJS seperti dulu.

Advertisement

Perubahan cara bayar BPJS Kesehatan lewat BCA ini berlaku sejak 16 September 2019, jadi baik membayar via m-BCA maupun internet banking maka kode bayar yang dimasukan adalah kombinasi dari angka 88888 diikuti dengan 11 angka terakhir dari belakang nomor kartu JKN KIS yang akan dibayarkan.

Oleh karena itu bagi kamu yang sudah terbiasa membayar tagihan BPJS via ATM BCA kemudian saat mencoba lagi tetapi gagal karena kode bayar salah, maka tidak perlu bingung karena memang sudah berubah sesuai dengan keterangan yang tertulis pada halaman resmi BCA berikut ini.

Bagaimana Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA?

Update 2020 : No Bayar BPJS Kesehatan di ATM BCA sekarang formatnya 16 angka yaitu terdiri dari 5x angka 8 ditambah 11 angka terakhir nomor kartu BPJS.

Misalnya nomor kartu peserta BPJS atau JKN KIS kamu adalah 0001735733199 maka pada no bayar yang diinput adalah 8888801735733199

  1. Masukan kartu atm bca lalu masukan PIN.
  2. Pilih menu Transaksi Lainnya yang ada dipojok kanan bawah. Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA
  3. Kemudian pilih menu Pembayaranpilih menu Pembayaran
  4. Untuk bisa melihat menu pembayaran BPJS Kesehatan di mesin ATM BCA, pilih Layar Berikutnyapilih Layar Berikutnya
  5. Selanjutnya pilih menu BPJSBagaimana Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA?
  6. Pada layar akan muncul “Silahkan Memilih Perusahaan” pilih Kesehatan bukan Ketenagakeraan Individu. Bagaimana Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA?
  7. Langkah selanjutnya masukan no bayar atau no virtual account BPJS di BCA, yaitu 88888+11 angka terakhir no kartu BPJS Kesehatan yang akan dibayar, kemudian pilih Benar.masukan no bayar yaitu No Peserta BPJS
  8. Jika nomor yang dimasukan benar dan ada tagihan yang belum dibayar maka akan muncul data peserta BPJS Kesehatan yang akan dibayarkan tersebut. Pada layar mesin atm akan muncul nama peserta, jumlah peserta, jumlah yang harus dibayar. Bagaimana Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA?
  9. Untuk melanjutkan piilh Ya dan tunggu sampai pembayaran selesai dan struk pembayaran keluar dari mesin atm.

Jika struk sudah keluar sebaiknya simpan sebagai bukti terutama jika kamu baru melakukan pembayaran pertama, karena biasanya bukti tersebut akan diperlukan saat akan cetak kartu atau mengubah nama bayi nyonya menjadi nama sebenarnya.

Berapa Biaya Bayar BPJS Lewat ATM BCA?

Seperti terlihat pada gambar terakhir, pembayaran BPJS Kesehatan lewat atm BCA dikenakan biaya administrasi sebesar 2.500 rupiah jadi pastikan sebelum membayar saldo tabungan BCA kamu mencukupi.

Demikianlah panduan cara bayar BPJS lewat ATM BCA terbaru, yang pada intinya hanya ada sedikit perubahan pada no bayar, jika dulu menggunakan no kartu JKN KIS namun sekarang sudah menggunakan nomor virtual 16 angka yang merupakan kombinasi dari angka 88888 + 11 angka dari belakang no peserta BPJS yang akan dibayar.

Kalau mau lebih mudah caranya adalah hilangkan 2 angka nol paling depan lalu ganti dengan angka 88888 baru setelah itu ikuti dengan sisa no kartu BPJS.

Advertisement

Latest Comments

  1. Herman M. Tasi Mei 3, 2018