Home » Bank » Mengganti Kartu ATM Mandiri Tertelan Mesin, Cepat dan Mudah

Mengganti Kartu ATM Mandiri Tertelan Mesin, Cepat dan Mudah

Kartu ATM Mandiri tertelan mesin lagi dan lagi, mungkin ini sudah 4 kali mengalami kejadian serupa. Meskipun memang penyebab kartu ATM tertelan tidak keluar lagi berbeda-beda.

Advertisement

Kejadian pertama karena seteleh mengambil uang tunai di ATM Mandiri tidak buru-buru mengambil kartu yang sudah keluar dari mesin melainkan sibuk menghitung uang dulu.

Akhirnya tidak lama kemudian kartu ATM masuk kembali ke dalam mesin dan tidak bisa dikeluarkan lagi.

Sedangkan kejadian ke-2 karena lupa pin sampai 3x dan akibatnya kartu ATM Mandiri langsung masuk tertelan, sedangkan kejadian ke-3 penyebabnya karena tiba-tiba mesin ATM restart sendiri.

Setelah menunggu lama mesin ATM hidup tapi kartu ATM tidak bisa dikeluarkan dan ini sudah dua kali kejadian, biasanya di model ATM dengan tampilan baru bukan model ATM Link atau yang lama.

Cara Mengganti Kartu ATM Mandiri Tertelan Mesin?

Untuk melakukan penggantian kartu ATM bank Mandiri yang tertelan mesin tidak terlalu sulit, karena bisa dilakukan di cabang mana saja, untuk kartunya gratis namun harus membayar biaya materai, dan bagi yang belum tahu berikut adalah proses mengajukan kartu debit Mandiri pengganti.

  1. Siapkan buku tabungan dan e-ktp atau resi penggati e-ktp asli dan uang untuk membeli materai 6.000 jika diminta.
  2. Datang ke kantor cabang terdekat dimana saja kemudian minta nomor antrian untuk mengganti atm baru.
  3. Isi form dan surat pertanyaan yang disediakan dan tunggu dipanggil.
  4. Setelah mendapat giliran nanti akan ditanya keperluannya apa, beritahu saja ingin mengganti kartu atm tertelan mesin dan biasnya ditanya dimana dan kapan kejadiannya. Selain itu biasanya ditanya juga transaksi yang sering dilakukan atau transaksi terkahir.
  5. Tunggu beberapa saat sampai kita diberi kartu atm mandiri baru gratis tanpa biaya dan jangan lupa buat pin, setelah itu tinggal menunggu kira-kira 1 jam sebelum kartu baru bisa digunakan.

Penting : sebelum minta penggantian kartu atm yang tertelan mesin baik itu di mesin atm mandiri maupun bank lain sebaiknya kamu segera minta blokir kartu tersebut dengan menghubungi call center di nomor 14000 karena setelah tertelan kartu tidak bisa diambil atau digunakan lagi melainkan harus ganti baru.

Setelah menunggu antrian sekitar 45 menitan akhirnya kartu atm mandiri baru bisa saya dapatkan dan ternyata sekarang designnya lebih keren dibanding sebelumnya.

Untuk atm silver dulu berwarna biru putih tapi sekarang beda lagi dan sudah menggunakan chip sedangkan kartu atm lama baru menggunakan magnetic strip.

Berikut adalah gambar kartu atm mandiri visa silver terbaru 2018 yang saya dapatkan tadi.

Mengganti Kartu ATM Mandiri Tertelan Mesin, Cepat dan Mudah

Kesimpulan, jika mengalami kendala kartu ATM tertelan mesin tidak perlu panik karena bisa diurus dengan mudah.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah telepon ke Call Center untuk meminta pemblokiran kartunya tetapi jangan khawatir karena rekening masih berfungsi seperti biasa.

Artinya meksipun kartu ATM bank Mandiri sudah diblokir tetapi rekening tersebut masih bisa menerima transfer dana maupun mengirim uang ke rekaning lain melalui Mandiri Online atau SMS Banking.