Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Transfer Pakai QR Code di BCA Mobile (QRku)

Opikini | Bagi kamu yang baru mengupdate aplikasi BCA Mobile pasti akan melihat satu menu baru yaitu QR (Qrku) yang tidak lain berfungsi untuk mempercepat transfer uang sesama pengguna BCA Mobile dengan cara scan QR Code.

Advertisement

Cara transfer pakai QR Code di BCA Mobile sangatlah mudah karena kita tinggal scan kode QR rekeningBCA tujuan kemudian masukan nominal lalu masukan pin. Lalu bagaimana cara melihat atau mendapatkan kode QR rekening BCA kita? caranya yaitu melalui menu QR kemudian pilih Show QR setelah itu akan muncul kode QR yang bisa kamu simpan maupun bagikan via WhatsApp dan lainnya.

Dengan hadirnya QR pada aplikasi BCA Mobile ini kita tidak perlu lagi menambahkan rekening tujuan transfer saat akan kirim uang ke sesama BCA, asalkan ada kode QR dari rekening tujuan maka kita bisa langsung kirim uang. Jadi berbeda dengan sebelumnya dimana kita harus mendaftarkan dulu rekening tujuan transfer saat akan kirim uang pertama kali.

Cara Melihat Kode QR Rekening BCA Sendiri di BCA Mobile

Buka aplikasi BCA Mobile terbaru (minimal versi 1.7.0) kemudian pilih m-BCA lalu login dengan memasukan kode akses.

Setelah masuk pilih QR, kemudian tap Show QR seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Cara Melihat Kode QR Rekening BCA Sendiri di BCA Mobile

Nanti akan muncul kode QR yang menunjukan no rekening BCA kamu dan bisa dibagikan ke teman atau orang yang ingin transfer uang lewat BCA Mobile.

muncul kode QR

Bagaimana Cara Transfer Pakai QR Code di BCA Mobile

Untuk transfer ke sesama BCA menggunakan QR caranya sangat mudah, yaitu:

  1. Minta kode qr rekening BCA tujuan kemudian scan kode tersebut dengan cara mengakses menu QR pada aplikasi BCA Mobile kamu. Bagaimana Cara Transfer Pakai QR Code di BCA MobileSedangkan jika kodenya dikirim lewat pesan instan seperti WhatsApp atau sudah tersimpan di galeri hp maka kamu bisa membaca qr kode tersebut dengan cara tap ikon Image yang ada dibagian kiri lalu cari file qr kode rekening tujuan transfer dan nanti akan langsung terbaca.
  2. Selanjutnya masukan nominal transfer lalu OKmasukan nominal transfer
  3. Konfirmasi apakah no rekening tujuan dan nominal sudah benar, jika ya piih OK.Konfirmasi apakah no rekening tujuan dan nominal sudah benar
  4. Masukan PIN M-BCA lalu OK, selesai.PIN M-BCA

Jadi perbedaan transfer sesama BCA pakai QR dengan transfer pakai no rekening adalah, kita tidak perlu menginput rekening tujuan ke daftar transfer terlebih dahulu jika belum ada, namun cukup scan atau cari file qr rekening tujuan.

Mengaktifkan Transfer Via M-BCA Tanpa PIN

Salah satu fitur menarik lain setelah munculnya fitur QR di BCA Mobile adalah kita bisa transfer uang tanpa pakai pin m-BCA dengan catatan transfer dilakukan melalui QR serta jumlah transfer maksimal adalah 1.000.000 rupiah dan cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi BCA Mobile lalu pilih m-BCA kemudian masukan kode akses untuk login.
  2. Pilih QR kemudian tap ikon girMengaktifkan Transfer Via M-BCA Tanpa PIN
  3. Kemudian aktifkan transaksi tanpa PIN lalu Sendaktifkan transaksi tanpa PIN
  4. Terakhir masukan pin M-BCA lalu OK.

Setelah mengaktifkan transaksi tanpa pin maka saat kamu transfer pakai QR di m-BCA cukup scan kode QR lalu masukan nominal, kemudian konfirmasi dan setelah itu transaksi akan langsung diproses.

Apakah Transfer Dengan QR di BCA Mobile Penerima dan Pengirim Harus Berdekatan Untuk Scan Kode QR?

Tidak perlu, karena kita bisa minta dikirm kode QR rekening tujuan melalui WhatsApp, email, LINE, Bluetooth dan lainnya kemudian jika sudah diterima dan image tersimpan di HP maka kamu tinggal tap ikon Image saat akan scan QR lalu cari file gambar qr rekening BCA tujuan dan nanti akan terbaca dan tampil nomor rekening dan nama pemilik rekeningnya.

Jika benar maka kamu bisa langsung melakukan transaksi dengan memasukan jumlah uang yang akan dikirim kemudian konfirmasi dan masukan pin m-bca.

Kenapa Saya Tidak Melihat Menu QR di BCA Mobile?

Jika tidak ada silahkan update dulu aplikasi BCA Mobile kamu ke versi 1.7.0 kemudian coba jalankan lagi karena QR ini hanya tampil pada versi terbaru.

Kesimpulannya, transfer pakai QR Code di BCA Mobile bisa menjadi alternatif cepat saat kita ingin kirim uang ke sesama BCA terutama jika no rekening tujuan belum ada di daftar transfer. Tanpa harus menginput no rekening BCA tujuan lagi tapi cukup scan atau cari file QR tujuan kemudian masukan nominal lalu konfirmasi dan terakhir jika masih pakai pin maka masukan pin M-BCA kamu dan transaksi akan langsung diproses.

Menariknya jika kita transfer melalui menu QR maka saat uang masuk ke rekening tujuan dan penerima sudah menginstall aplikasi BCA Mobile maka akan muncul notifikasi atau pemberitahuan ada dana masuk.

Advertisement

Leave a Reply