Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menggunakan Nearby Sharing di Windows 10 Untuk Transfer File

Nearby sharing di Windows 10 adalah salah satu fitur yang memungkinkan untuk berbagi file antar Windows 10 tanpa kabel karena akan menggunakan Bluetooth atau Wi-Fi, dengan catatan kedua perangkat sudah mengaktifkan nearby sharing.

Advertisement

Agar bisa menggunakan nearby sharing di Windows 10 untuk transfer file foto, dokumen url maupun file lainnya hal pertama yang harus dilakukan adalah cek apakah versi Windows kamu sudah update atau belum karena fitur ini bisa dinikmati jika kamu sudah menggunakan Windows 10 update April 2018 atau tepatnya minimal versi 1803.

Jika masih dibawah itu maka silahkan lakukan update terlebih dahulu. Karena jika tidak maka menu Nearby Sharing tidak ada pada Shared experiences yang ada hanya Share accros devices.

Bagaimana Cara Menggunakan Nearby Sharing di Windows 10 Untuk Transfer File

Bagi yang belum tahu bagaimana cara transfer file di Windows 10 menggunakan nearby sharing, berikut adalah langkah-langkahnya:

1 – Aktifkan Nearby Sharing Pada Kedua Laptop atau PC Windows 10

Bagaimana Cara Menggunakan Nearby Sharing di Windows 10 Untuk Transfer File

  1. Klik Start menu lalu pilih Settings
  2. Kemudian pilih System.
  3. Pilih Shared experiences kemudian aktifkan Nearby sharing dan pada I can share or receive content form pilih Everyone nearby.

Selain dengan cara diatas, kamu juga bisa cek apakah fitur nearby sharing enable atau disable dengan cara Tekan tombol Windows + A.

nearby sharing enable

2 – Transfer File Dengan Nearby Sharing Dari Windows Explorer

Jika kamu ingin transfer banyak file sekaligus baik itu gambar, dokumen, musik, video atau file lain melalui Windows Explorer menggunakan nearby sharing maka caranya adalah:

  1. Pada perangkat yang akan mengirim file buka Windows Explorer kamudian silahkan pilih file yang akan ditransfer.
  2. Klik kanan pada file-file tersebut lalu pilih ShareTransfer File Dengan Nearby Sharing Dari Windows Explorer
  3. Kemudian pilih PC atau laptop target. pilih PC atau laptop target
  4. Pada PC yang akan menerima file, akan muncul notifikasi dan untuk menerima file yang dikirim tersebut pilih Save.Transfer File Dengan Nearby Sharing

3 – Transfer File Foto Lewat Photos

Selain melalui Windows Explorer kita juga bisa berbagi foto sesama Windows 10 melalui aplikasi Photos ke perangkat terdekat dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka file gambar atau foto menggunakan aplikasi Photos.
  2. Kemudian klik tombol ShareTransfer File Foto Lewat Photos
  3. Setelah itu pilih perangkat yang akan menerima.pilih perangkat yang akan menerima
  4. Pada perangkat yang menerima pilih Save.

Jika diperhatikan sebetulnya cara menggunakan nearby sharing untuk transfer file hampir mirip dengan saat kita transfer file lewat bluetooth antar Windows 10, yang beda hanya tampilannya saja.

Apakah Bisa Kirim Folder Lewat Nearby Sharing?

Tidak bisa, jika kamu pilih satu folder di Windows Explorer maka saat klik kanan tidak akan muncul opsi Share. Oleh karena itu jika ingin mengirim semua file dalam satu folder maka caranya kamu harus pilih semua file tersebut bukan foldernya yang dikirim.’

Namun jika ingin tetap mengirim folder maka caranya kamu harus kompress terlebih dahulu folder tersebut menjadi file zip atau rar dengan cara klik kanan pada folder lalu pilih Send toCompressed (zip) folder, baru setelah menjadi file zip klik kanan lalu pilih Share.

Kesimpulan

Jika kamu ingin bisa transfer file antar Windows 10 tanpa harus terkoneksi ke jaringan Wi-Fi hotspot yang sama karena tidak memiliki router misalnya maka bisa memanfaatkan fitur nearby sharing karena lebih mudah dan hanya membutuhkan bluetooth yang aktif pada kedua perngkat.

Advertisement

Leave a Reply