Cara Top Up BRIZZI Lewat ATM BCA dan BCA Mobile

Opikini.com –Saat ada teman bertanya “Bagaimana cara top up BRIZZI lewat ATM BCA atau BCA Mobile mas?” jujur saja saya sedikit bingung karena belum pernah mencoba dan belum tahu apakah bisa top up kartu e-money BRIZZI pakai ATM bank lain selain bank BUMN (Mandiri, BNI, BTN, BRI)

Advertisement

Karena kalau lewat ATM Mandiri saya pernah mencoba dan berhasil namun setelah top up kita harus aktivasi deposit di mesin edc (tidak bisa di ATM BRI) atau kalau sekarang bisa update saldo tertunda BRIZZI melalui aplikasi BRImo dari HP dengan NFC.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut akhirnya saya coba buka aplikasi BCA Mobile kemudian menambahkan no kartu BRIZZI ke rekening tujuan transfer antar bank dan ternyata berhasil. Artinya kartu ini terbaca sebagai rekening tujuan oleh bank BCA dan kemungkinan besar bisa top up dari ATM maupun Mobile Banking BCA dengan metode transfer atau top deposit.

Setelah berhasil ditambahkan ke daftar transfer akhirnya saya coba melakukan top up BRIZZI lewat BCA mobile dengan nominal 11.300 dengan cara transfer antar bank dan ternyata berhasil, kemudian saya coba cek saldo BRIZZI di HP Android menggunakan aplikasi BRImo dan benar saja pada aplikasi tertulis ada saldo tertunda sebesar RP 11.300 sesuai dengan jumlah yang ditransfer.

Bagaimana Cara Top Up BRIZZI Lewat ATM BCA?

Penting : sebaiknya lakukan cara ini jika kamu memiliki HP dengan NFC dan sudah menginstall aplikasi BRImo (tidak perlu registrasi) karena setelah transfer berhasil, saldo BRIZZI tidak bertambah otomatis sebelum melakukan update saldo tertunda.

1 – Langkah pertama, masukan kartu ATM BCA ke mesin ATM lalu masukan PIN.

2 – Pilih menu Lainnya atau jika dari ATM Setor Tarik pilih Penarikan Tunai/Transaksi Lainnya.

3- Pilih menu Transfer.

4- Pilih Ke Rek Bank Lain.

5 – Masukan kode transfer bank BRI yaitu 002 lalu pilih Benar.

Bagaimana Cara Top Up BRIZZI Lewat ATM BCA?

6 – Masukan nominal top up / transfer kemudian pilih Benar.

7 – Pada layar masukan nomor rekening yang dituju, masukan 20 angka nomor kartu BRIZZI lalu pilih Benar.

8 – Jika no benar maka akan muncul no rekening tujuan, nama rekening (BRIZZI – UNIK BRI) kemudian untuk melanjutkan pilih Benar dan tunggu sampai transaksi selesai.

Setelah proses transfer berhasil, silahkan lakukan update saldo tertunda melalui mesin EDC BRI atau pakai aplikasi BRImo.

Cara Top Up BRIZZI via Mobile Banking BCA

Sama seperti saat akan transfer antar bank sebelum bisa top up kita harus tambahkan dulu nomor kartu BRIZZI ke daftar transfer antar bank dan setelah tersimpan baru kita bisa top up saldo deposit dengan cara sebagai berikut.

1 – Buka aplikasi BCA Mobile lalu masukan kode akses.

2 – Setelah masuk, pilih menu m-Transfer lalu pilih Daftar Transfer Antar Bank untuk menambahkan rekening tujuan.

3 – Masukan 20 angka nomor kartu BRIZZI lalu pada bank tujuan pilih BRI, setelah itu tap tombol Send yang ada di pojok kanan atas.

BRIZZI via Mobile Banking BCA

4 – Jika no benar maka akan muncul seperti gambar di bawah ini, lalu tap OK untuk melanjutkan.

Top Up BRIZZI via BCA Mobile

5 – Kembali ke menu utama m-BCA, pilih lagi m-Transfer. Lalu pilih Transfer Antar Bank.

Cara Top Up BRIZZI via Mobile Banking BCA

6 – Pada bank pilih BRI kemudian pada rekening tujuan pilih kartu BRIZZI yang tadi sudah ditambahkan.

pilih kartu BRIZZI

8 – Masukan jumlah uang lalu OK. Kemudian tap tombol Send yang ada di pojok kanan atas.

Masukan jumlah uang

9 – Masukan pin mobile banking BCA lalu OK.

Masukan pin mobile banking BCA

10 -Jika transfer berhasil maka akan muncul pemberitahuan.

transfer berhasil

Cara Mengupdate Saldo Kartu Uang Elektronik BRIZZI Setelah Top Up Dari Bank Lain

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, jika kita top up BRIZZI dari bank lain maka saldo tidak akan bertambah secara otomatis karena masuk sebagai saldo deposit oleh karena itu harus melakukan update saldo melalui mesin EDC BRI atau jika dari HP Android dengan NFC maka kamu bisa gunakan aplikasi BRImo dengan cara sebagai berikut:

1- Aktifkan NFC di HP kemudian buka aplikasi Brimo jika belum ada silahkan download dulu dari Google Play Store.

2 – Pilih menu BRIZZI lalu tempelkan kartu e-money BRIZZI ke bagian belakang HP dan jangan dilepas sampai terbaca serta muncul keterangan no kartu, sisa saldo, nominal saldo tertunda seperti gambar berikut ini.

Pilih menu BRIZZI

3 – Tap tombol Update saldo, lalu lepaskan kartu kemudian tempelkan lagi dan tetap tempelkan sampai proses update saldo deposit BRIZZI berhasil.

Cara Mengupdate Saldo Kartu Uang Elektronik BRIZZI Setelah Top Up Dari Bank Lain

Apa Kekurangan Top Up BRIZZI Lewat BCA?

  1. Dikenakan biaya transfer antar bank sebesar 6.500 rupiah.
  2. Harus update saldo tertunda melalui mesin EDC atau aplikasi BRImo, artinya setelah top up dengan cara transfer antar bank saldo BRIZZI tidak bertambah otomatis sebelum kita melakukan update saldo tertunda.

Kesimpulannya, selain lewat bank BUMN ternyata kita bisa top up saldo BRIZZI lewat BCA baik melalui mesin ATM, Mobile Banking maupun internet banking BCA dengan cara transfer antar bank dan yang menjadi no rekening tujuan adalah 20 digit no kartu BRIZZI.

Setelah berhasil transfer, agar saldo bertambah harus dilakukan update saldo tertunda melalui mesin EDC atau jika dari HP Android yang sudah memiliki NFC maka bisa menggunakan aplikasi BRImo seperti yang saya contohkan di atas. Jika masih kurang jelas silahkan tanyakan atau bisa juga baca lebih lanjut mengenai top up BRIZZI dari atm bank lain di halaman resmi BRI berikut ini.

Advertisement