Advertisement

Cara Bayar Tagihan Kartu Telkomsel Lewat Internet

Advertisement

Opikini.com! Telkomsel memiliki berbagai macam produk dan layanan yang bisa kamu nikmati. Mulai dari paket internet, telepon, SMS, hingga berbagai macam aplikasi dan konten digital. Namun, untuk bisa menikmati semua itu, tentu harus bayar tagihan kartu Telkomsel setiap bulannya.

Nah, lalu bagaimana cara bayar tagihan kartu Telkomsel yang mudah dan praktis? Apakah harus pergi ke gerai Telkomsel atau ATM terdekat? Tentu tidak. Kalian bisa membayar tagihan kartu Telkomsel lewat internet dengan berbagai cara. Dengan begitu, maka akan hemat waktu, tenaga, dan biaya. Selain itu juga bisa membayar tagihan kartu Telkomsel kapan saja dan di mana saja, asalkan terhubung dengan internet.

Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Advertisement

Cara Bayar Tagihan Kartu Telkomsel Lewat Internet

Cara Bayar Tagihan Kartu Telkomsel Lewat Internet Banking

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membayar tagihan kartu Telkomsel lewat internet adalah dengan menggunakan internet banking.

Internet banking merupakan layanan perbankan yang bisa kita akses melalui website atau aplikasi di ponsel. Dengan internet banking, siapapun bisa melakukan berbagai transaksi perbankan, termasuk membayar tagihan kartu Telkomsel.

Untuk membayar tagihan kartu Telkomsel lewat internet banking, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Persiapkan Akun Internet Banking

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa kamu memiliki akun internet banking dari bank yang digunakan. Jika belum memiliki akun, daftarlah melalui website atau aplikasi resmi bank tersebut. Jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan bank jika membutuhkan bantuan dalam proses pendaftaran.

Syarat dan Ketentuan Aktivasi Telkomsel untuk Internet Lancar

2. Masuk ke Akun Internet Banking

Setelah memastikan sudah memiliki akun internet banking, langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam akun tersebut melalui website atau aplikasi resmi bank yang kalian gunakan. Caranya cukup mudah, cukup masukkan username dan password yang telah  didaftarkan saat mendaftar.

3. Pilih Menu Pembayaran

Setelah berhasil masuk ke dalam akun internet banking, cari dan pilih menu pembayaran atau bayar tagihan. Biasanya, menu ini terletak di bagian utama atau sidebar aplikasi internet banking. Pilih Telkomsel sebagai penyedia layanan yang ingin kamu bayar.

4. Masukkan Nomor Kartu Telkomsel dan Jumlah Tagihan

Selanjutnya, masukkan nomor kartu Telkomsel. Pastikan untuk memasukkan nomor yang sesuai dan tepat, karena kesalahan dalam penulisan nomor dapat menyebabkan pembayaran tidak berhasil. Selain itu, masukkan juga jumlah tagihan yang ingin kamu bayar.

5. Pilih Rekening Bank dan Konfirmasi Pembayaran

Pilih rekening bank yang ingin kamu gunakan untuk membayar tagihan. Pastikan bahwa rekening tersebut memiliki saldo yang cukup untuk melakukan pembayaran. Setelah itu, konfirmasikan pembayaran dengan memasukkan PIN atau kode OTP yang dikirimkan oleh bank sebagai langkah verifikasi.

6. Selesai dan Cek Status Pembayaran

Setelah semua langkah dilakukan dengan benar, kamu telah berhasil membayar tagihan kartu Telkomsel lewat internet banking. Pastikan untuk mencatat atau menyimpan bukti pembayaran yang diterima dari bank sebagai referensi.

Selain itu juga dapat memeriksa status pembayaranmu melalui aplikasi MyTelkomsel atau dengan menghubungi *888# dari ponselmu.

Cara Bayar Tagihan Kartu Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel. MyTelkomsel adalah aplikasi resmi dari Telkomsel yang bisa kita gunakan untuk mengelola layanan dan produk Telkomsel. Dengan aplikasi ini, siapapun bisa melakukan berbagai hal, termasuk membayar tagihan.

Untuk membayar lewat aplikasi MyTelkomsel, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Akun MyTelkomsel

Untuk memulai proses pembayaran, pastikan sudah memiliki akun MyTelkomsel yang terdaftar dengan nomor kartu Telkomsel yang ingin kamu bayar.

2. Masuk dan Pilih Menu Tagihan

Setelah memiliki akun, langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam aplikasi menggunakan nomor ponsel dan password yang telah terdaftar. Begitu masuk, cari dan pilih menu “Tagihan” atau “Bayar Tagihan”. Di situ, kamu akan menemukan daftar tagihan kartu Telkomsel yang harus dibayarkan. Pastikan untuk membayar tagihan sebelum batas waktu yang ditentukan, agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran.

3. Pilih Metode Pembayaran yang Sesuai

Selanjutnya, pilih metode pembayaran. Aplikasi MyTelkomsel menyediakan berbagai opsi, mulai dari saldo LinkAja hingga kartu debit atau kredit. Pastikan untuk memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhanmu dan tentu saja, yang memiliki saldo mencukupi untuk pembayaran.

4. Konfirmasi dan Verifikasi Pembayaran

Setelah memilih metode pembayaran, lakukan konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN atau kode OTP yang dikirimkan oleh aplikasi. Ini adalah langkah penting untuk memastikan keamanan transaksi. Jangan lupa untuk memeriksa informasi yang dimasukkan dengan teliti, ya!

Daftar Paket Internet Telkomsel Unlimited Terbaru 2024

5. Selesai dan Cek Status Pembayaran

Setelah semua langkah dilakukan dengan benar, selamat! Kalian telah berhasil membayar tagihan melalui aplikasi MyTelkomsel. Untuk memastikan bahwa pembayaran telah berhasil diproses, kita bisa mengecek status pembayaran melalui menu yang tersedia di aplikasi atau dengan menghubungi *888# dari ponselmu.

 

Itulah dua cara yang bisa kita lakukan untuk membayar tagihan kartu Telkomsel lewat internet. Dengan memanfaatkan kemudahan teknologi, membayar tagihan kartu Telkomsel kini menjadi lebih praktis dan efisien melalui berbagai metode, termasuk internet banking dan aplikasi MyTelkomsel.

Jadi, jangan ragu untuk memilih cara pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan nikmati kemudahan dalam mengatur tagihanmu. Ayo, lakukan pembayaran tagihan kartu Telkomselmu sekarang dan nikmati kenyamanannya!