Cara Mengubah Dokumen Word ke PDF di Android Dengan Google Docs

Advertisement

Mungkin tidak banyak orang yang menggunakan Google Docs di Android padahal aplikasi ini bisa kita pakai untuk mengubah dokumen word ke PDF dengan mudah dan cepat langsung dari HP.

Fitur ini bisa kita manfaatkan saat ingin menyimpan file word doc/docx menjadi PDF di HP Android seperti yang dilakukan oleh keponakan saya kemarin ketika dia harus mengirim CV untuk lamaran pekerjaan dalam format PDF. Karena kebetulan filenya ada di HP lalu tidak mau repot memindahkan ke pc untuk diconvert ke pdf akhirnya cukup ubah pakai Google Docs dan setelah selesai bisa langsung dikirim via email dari HP juga.

Cara Mengubah Dokumen Word ke PDF di Android Dengan Google Docs

  1. Jika belum ada silahkan unduh dulu aplikasi Google Docs dari Google Play Store. Kemudian jalankan.
  2. Pilih menu Open (ikon folder yang ada di pojok kanan atas)
  3. Kemudian pilih Device Storage dan cari file word yang akan kita jadikan PDF. cari file word yang akan kita jadikan PDF
  4. Setelah ketemu tap lalu pilih Openpilih Open
  5. Tunggu sampai dokumen terbuka di Google Docs.
  6. Agar bisa diedit kita caranya tap menu kemudian tap Office Compability Mode lalu pilih Save as Google DocsSave as Google Docs
  7. Jika ingin melakukan perbaikan atau mengedit caranya tap ikon Pensil.
  8. Namun jika ingin langsung mengubah ke PDF caranya tap menu lalu pilih Share & ExportShare & Export
  9. Pilih Save As kemudian pilih PDF Document (.pdf) lalu OK, selesai. Mengubah Dokumen Word ke PDF di AndroidSetelah berhasil dokumen word tersebut berhasil diubah ke PDF maka akan tersimpan di Google Drive.

Baca Juga : Cara Membuat PDF Tanpa Software.

Karena file tersimpan di Google Drive maka kamu bisa download ke HP atau bisa langsung kirim via email, caranya buka Google Drive, pilih dokumen PDF tersebut lalu tap menu yang ada dibagian bawah kiri.

buka Google Drive

Pilih Download jika ingin menyimpan ke HP Android kamu atau pilih Send a Copy jika ingin langsung mengirim via email.

Baca juga : Simpan Excel ke PDF Dengan WPS Office+PDF

Mengubah dokumen Word ke PDF di Android menggunakan Google Docs sekilas tampak rumit tapi sebetulnya tidak demikian, karena pada intinya kita hanya perlu buka aplikasi Google Docs lalu buka file MS Word (Office) tersebut lalu ubah menjadi dokumen Google Docs dan terakhir simpan menjadi file PDF.

Advertisement

Demikianlah sedikit panduan mengenai cara mengubah MS Word (doc/docx) ke PDF di HP Android yaitu dengan menggunakan Google Docs, semoga bermanfaat. Jika cara yang saya jelaskan diatas terlalu rumit maka kamu bisa baca artikel ini yaitu melakukannya dari pc baik secara online maupun offline.