Cara Mudah Menyimpan Word, Excel Ke PDF di Android

Advertisement

Salah satu cara mudah menyimpan word, excel ke PDF di Android adalah dengan menggunakan aplikasi WPS Office+PDF yang bisa didownload dari Google Play Store secara gratis.

WPS Office+PDF sampai saat ini sudah diunduh lebih dari 700 juta kali dan termasuk salah satu aplikasi Office terbaik untuk Android, dan ini bukan klaim semata karena admin sudah merasakan sendiri manfaat dari aplikasi ini dalam mengelola file dokumen word maupun membuat excel di HP Android.

Menariknya tidak hanya bisa untuk membuat, mengedit MS Word .doc atau .docx maupun excel tetapi aplikasi ini bisa digunakan untuk convert file word, excel ke PDF dengan mudah dan cepat secara offline atau tidak membutuhkan koneksi internet.

Cara Mudah Menyimpan Word, Excel Ke PDF di Android Dengan Office+PDF

  1. Download WPS Office – Word, Docs, PDF, Note, Slide & Sheet dari Google Play Store, ukurannya tidak lebih dari 35MB.
  2. Setelah terpasang kemudian jalankan.
  3. Cari file MS Word atau Excel yang akan kita save menjadi file PDF dengan cara tap Open lalu pilih DOC atau XLSCara Mudah Menyimpan Word, Excel Ke PDF di Android Dengan Office+PDF
  4. Jika file dalam mode read only tap Edit.
  5. Kemudian untuk save ke pdf caranya, tap menu Tools. Lalu pilih File – Export to PDFMenyimpan Word, Excel Ke PDF di Android
  6. Terkahir, beri nama file tersebut lalu pilih tombol Export to PDF, selesai. Menyimpan Word, Excel Ke PDF

Setelah file berubah menjadi PDF selanjutnya kamu bisa membukanya menggunakan beberapa aplikasi PDF Reader Android seperti Xodo Docs atau menggunakan WPS Office itu sendiri.

Mudah bukan? menjadikan file word, excel ke PDF di HP Android menggunakan WPS Office+PDF yang mungkin akan sangat berguna ketika kamu mempunyai dokumen dalam format MS Office seperti Word atau Excel kemudian ingin diubah formatnya menjadi pdf tanpa harus repot melakukannya dari komputer atau laptop karena kita bisa langsung convert di HP Android.

Advertisement

Alternatif lain selain cara diatas kamu juga bisa pakai aplikasi Google Docs dengan cara yang pernah saya jelaskan pada artikel ini. Akhir kata, semoga bermanfaat dan jika ada kekurangan maka admin mohon maaf atau jika ada bagian yang masih kurang jelas silahkan tanyakan.