Kode Swift Bank BTN dan Cara Menggunakannya

Salam, pembaca setia Opikini! Hari ini kita akan membicarakan tentang hal yang penting bagi mereka yang sering melakukan transfer internasional, yaitu kode SWIFT BTN Atau Bank Tabungan Negara. Jangan lewatkan, ya!

Apa Itu Kode SWIFT?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, teman-teman perlu tahu nih, apa sebenarnya kode SWIFT itu. Jadi, kode SWIFT adalah kumpulan huruf dan angka yang jadi tanda pengenal global bagi setiap bank. Berguna banget, lho, khususnya saat kita melakukan transaksi antar bank, terutama yang melintasi batas negara.

Kode SWIFT Bank BTN

Kode Swift Bank BTN
IMG: btn.co.id

Nah, sekarang saatnya membahas tentang kode SWIFT dari Bank Tabungan Negara yang terkemuka di Indonesia. Kode ini tuh kayak kunci rahasia yang memastikan dana yang kamu kirim sampai dengan selamat di tujuannya. Kode SWIFT Bank BTN-nya adalah BTANIDJA. Ingat baik-baik, ya!

Cara Menggunakan Kode SWIFT Bank BTN

Nah, sekarang bagaimana cara menggunakannya? Kalau kamu berada di luar negeri dan ingin mengirim uang ke rekening BTN di Indonesia, ini caranya:

Sekarang, kita akan bahas langkah-langkahnya. Gampang kok, kamu pasti bisa!

  1. Dapatkan Informasi Penerima: Pertama-tama, pastikan kamu punya informasi lengkap penerima. Nama, alamat, nomor rekening, dan tentu saja, kode SWIFT Bank BTN (BTANIDJA).
  2. Kunjungi Cabang BTN atau Pakai Aplikasi: Kamu bisa datang langsung ke cabang Bank BTN atau pilih opsi lebih praktis lewat layanan perbankan digital mereka.
  3. Isi Formulir Transfer: Isi formulir transfer dengan data penerima dan jumlah yang akan kamu kirim. Pastikan semuanya terisi dengan benar, ya.
  4. Masukkan Kode SWIFT: Di formulir tadi, akan ada kolom khusus untuk kode SWIFT penerima. Di sini, masukkan BTANIDJA untuk Bank Tabungan Negara.
  5. Konfirmasi dan Kirim: Cek ulang data-data yang sudah kamu masukkan. Kalau sudah yakin, tinggal kirim formulirnya.
  6. Berikan nominal uang sesuai yang ingin di transfer.
  7. Tunggu prosesnya selesai.
  8. Simpan Bukti Transfer: Ini penting, lho! Setelah transaksi selesai, pastikan untuk menyimpan bukti transfernya. Siapa tahu nanti butuh referensi.

Catatan Penting

  • Sebelum mengirim dana, selalu periksa kembali informasi penerima. Kita enggak mau ada kesalahan, kan?
  • Jangan lupa juga, periksa biaya dan kurs valuta asing yang berlaku. Biar enggak ada kejutan nggak enak.

Kode Swift Bank Jateng

Cara Membaca Swift Code BTN

Hanya sekedar kode? Tentu saja tidak! Yuk, kita bahas satu per satu apa yang terkandung dalam BTANIDJA :

  • BTAN adalah kode bank yang singkatan dari Bank BTN.
  • ID merupakan kode negara yang menandakan asal dari Bank BTN, yaitu Indonesia.
  • JA adalah kode lokasi yang merujuk pada pusat kantor BTN di kota Jakarta.

Jadi, kalian bisa menggambarkan ini seperti alamat spesial Bank BTN di dunia finansial internasional.

Fungsi Swift Code BTN

Tahu nggak, sahabat, bahwa Swift Code BTN ini bener-bener berguna banget? Simak yuk, apa saja kegunaannya:

  1. Identifikasi Internasional: Dengan Swift Code BTN, semua orang bisa lebih mudah mengenali Bank BTN di kancah transaksi internasional.
  2. Verifikasi Transaksi: Kode ini penting banget lho, untuk memastikan bahwa transaksi kita, baik itu mengirim atau menerima uang dari luar negeri, terverifikasi dengan baik.
  3. Praktis dan Efisien: Lewat kode swift, semua proses perbankan jadi lebih praktis dan efisien, gak perlu ribet.
  4. Keamanan Terjamin: Transaksi dan pertukaran informasi penting jadi lebih aman. Risiko kejahatan perbankan bisa diminimalkan.

Cara Isi E-Money Mandiri Lewat M Banking BCA , Kilat

Informasi Kontak Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

  • Alamat Kantor: Menara Bank BTN – Jl. Gajah Mada No. 1 Jakarta 10130
  • Telepon:  (021) 633 6789 Fax: (021) 633 6719
  • Layanan Pelanggan BTN: BTN Call: 150 286 / 1500 286
  • Email Contact Center: btncontactcenter@btn.co.id

Jangan ragu untuk menghubungi BTN melalui salah satu dari opsi kontak di atas. Tim mereka siap membantu dengan berbagai pertanyaan atau kebutuhan Anda.

Perbedaan Code Swift BTN Dengan Bank Lain

Sahabat, Swift Code BTN atau BIC adalah kunci utama untuk transaksi internasional. Misalnya, nasabah bank luar negeri bisa menggunakan kode ini untuk mengirim uang ke nasabah BTN.

Selain BTANIDJA, ada juga kode bank BTN yang bisa digunakan untuk transfer ke rekening bank lain, yaitu 200, diikuti nomor rekening. Selain itu, ada pula branch code yang digunakan untuk transaksi elektronik di cabang bank, seperti KC Jakarta Kuningan dengan kode 2000024.

Jadi, sekarang kamu udah paham betul ya, Sahabat, tentang kegunaan dan cara penggunaan Swift Code BTN. Semoga membantu dan sukses selalu dalam transaksi finansialmu!

Sekarang, dengan langkah-langkah ini, kamu sudah siap untuk melakukan transfer dana internasional melalui Bank Tabungan Negara. Ingat, selalu periksa informasi terbaru terkait kode swift bank BTN dan jangan sungkan untuk menghubungi bank jika ada pertanyaan tambahan, ya. Semoga proses transfermu lancar dan sukses selalu!