Top Up GoPay Lewat DANA Terbaru Lebih Mudah, Tapi!

Cara Top Up GoPay lewat DANA terbaru jauh lebih mudah yaitu dari menu saldo digital. Lalu apa sih bedanya dengan cara lama melalui metode transfer DANA ke GoPay via rekening bank?.

Advertisement

Bedanya adalah pada menu terbaru ini kita hanya perlu input nomor akun GoPay tujuan, tidak pakai no VA. Perbedaan lainnya adalah ada biaya admin 999 rupiah per transaksi.

Sedangkan jika melalui menu kirim uang dari DANA ke Gopay via rekening bank bisa gratis biaya admin jika nominalnya 50.000 atau lebih.

Tapi sekarang dengan hadirnya menu saldo digital di DANA maka tidak ada lagi bebas biaya admin. Jadi cara terbaru ini keunggulannya adalah lebih mudah tapi kekurangannya akan selalu ada biaya admin.

Cara Top Up GoPay Lewat DANA Terbaru

  1. Buka aplikasi DANA dan pastikan sudah update ke versi terbaru.
  2. Pilih menu Saldo Digital. Jika tidak ada buka menu Lihat Semua lalu cari bagian Top Up dan nanti akan muncul ikon Saldo Digital.
    Cara Top Up GoPay Lewat DANA Terbaru
  3. Kemudian pilih Gopay.
  4. Masukan nomor HP akun GoPay yang akan kamu top up di DANA.
    Transfer DANA ke GopPay Terbaru
  5. Input nominal isi saldo lalu tap Lanjutkan.
  6. Periksa kembali apakah nomor akun GoPay penerima uang sudah benar?. Jika ya tap Konfirmasi.
  7. Tap Bayar.
  8. Cek sms masuk yang berisi kode OTP ke nomor DANA.
  9. Masukan kode verifikasi tersebut.
    DANA ke GoPay Kode OTP transaksi
  10. Jika transaksi berhasil maka akan muncul notifikasi dan saldo GoPay akan langsung bertambah.

Seperti terlihat pada langkah di atas proses transfer DANA ke GoPay, memang caranya sangat mudah. Tapi kekurangannya selain ada biaya admin 999 rupiah ternyata harus pakai kode OTP.

Berbeda dengan transaksi lain di aplikasi DANA yang hanya membutuhkan PIN bukan kode OTP.

Tentu ini bisa merepotkan kalau nomor HP yang terdaftar ke aplikasi DANA ada di HP lain atau bahkan di modem seperti kami.

Namun kami tidak bisa pastikan, apakah verifikasi transaksi di DANA untuk saldo digital ini akan tetap menggunakan OTP atau tidak.

Karena sebelumnya hanya menggunakan PIN seperti transaksi lain bukan pakai kode OTP seperti sekarang.

Kekurangan Top Up Saldo GoPay Pakai DANA Menu Saldo Digital

  1. Ada biaya admin tetap yaitu 999 rupiah (saat tulisan ini kami buat). Sedangkan jika melaui menu Kirim Uang bisa bebas admin jika transaksi minimal 50 ribu dan memiliki kuota gratis transfer 10x per bulan.
  2. Menggunakan kode OTP bukan PIN. Entah mungkin tujuannya demi keamanan, namun verifikasi transaksi pakai SMS OTP tentu bisa merepotkan jika nomor yang terdaftar ada di HP lain.
  3. Hanya bisa jika sudah upgrade ke DANA Premium. Jika belum upgrade maka kamu tidak bisa top up GoPay pakai saldo DANA. Jadi sama saja seperti metode lama via menu Kirim, yang harus sudah upgrade dulu. Jika belum upgrade maka hanya bisa mengambil sumber dana dari kartu debit.

Tanya Jawab

Berapa Batas Minimal Transfer DANA ke GoPay?

Saat tulisan ini kami buat, batas minimal kirim saldo DANA ke GoPay dari menu saldo digital adalah 10.000 rupiah.

Apa Bisa Top Up GoPay Lewat DANA Tanpa Upgrade?

Jika ingin menggunakan saldo DANA maka tidak bisa, tapi jika ingin menggunakan saldo dari kartu debit maka bisa. Maksudnya, meskipun ada saldo di aplikasi DANA tapi jika belum upgrade maka kamu tidak bisa transfer saldo tersebut.

Jika ingin kirim uang ke pengguna lain atau menggunakan menu saldo digital maka nanti akan muncul pilihan sumber dana dari kartu debit.

Kesimpulan

Cara baru top up GoPay lewat DANA atau kirim saldo DANA ke GoPay adalah melalui menu saldo digital. Prosesnya memang lebih mudah dan simpel daripada pakai cara kirim uang ke rekening virtual.

Tetapi kekurangannya adalah saat ini metode otentikasinya menggunakan kode OTP via SMS. Bukan pin seperti transaksi lainnya, jadi cukup merepotkan harus cek sms dulu setiap kali akan transaksi.

Namun kami tidak tahu apakah ini akan berlaku selamanya atau hanya sementara. Tapi saat tulisan ini kami buat, pengiriman saldo DANA ke GoPay tidak pakai PIN melainkan OTP via SMS.

Itulah sedikit info terbaru mengenai isi saldo GoPay yang bisa kami bagikan kali ini, selamat mencoba.

Leave a Reply