WhatsApp Android Akan Bisa Kirim dan Terima GIF (Animasi)?

Advertisement

Sudah lama beredar kabar WhatsApp Android akan bisa kirim dan terima GIF atau file animasi / gambar bergerak dengan durasi singkat terutama untuk WhatsApp versi beta. Bahkan beberapa blog sudah memposting tampilan saat mereka mengirim file gif via chat di WA.

Tetapi sepertinya update fitur ini berjalan pada sisi server seperti saat pertama kali WhatsApp memperkenalkan voice call dimana waktu itu hanya pengguna yang menerima invite atau sudah pernah menerima panggilan lewat WhatsApp yang bisa mengaktifkan fitur voice call.

Memang untuk WhatsApp Android versi beta sekarang sudah ada penambahan tab GIF jika kita lihat saat akan mengirim file lampiran lewat Gallery, sekarang ada 3 tab yaitu Video, Image dan GIF.

Tetapi berkali-kali mencoba ternyata mengirim GIF dengan cara memotong video agar dutasinya maksimal 6 detik tidak berhasil juga. Baca juga : cara backup chat WhatsApp.

Saat coba kirim video pendek tersebut, di chat WhatsApp tidak berubah menjadi GIF begitu juga saat diterima lawan chat, filenya masih dalam format video.

Jadi Apakah Benar WhatsApp Android Akan Bisa Kirim dan Terima GIF?

Berikut ini adalah tampilan dari WhatsApp Android versi beta yang terinstall pada HP saya, bisa dilihat sekarang saat akan kirim file attachment dari galeri terbagi dalam 3 tab berbeda yaitu foto, video dan GIF.

WhatsApp Android Akan Bisa Kirim dan Terima GIF (Animasi)?

Walau demikian seperti yang saya sebutkan diatas setelah berkali-kali mencoba kirim gif lewat WhatsApp dengan cara trim atau memotong video sehingga durasinya menjadi 6 detik hasilnya tetap tidak bisa jadi kesimpulan sementara sampai hari ini (saat menulis postingan ini) WhatsApp Android belum bisa kirim atau terima GIF.

Info terkait : cara undang ke grup lewat tautan.

Setidaknya mungkin untuk pengguna Indonesia, karena diluar sana memang sudah banyak orang yang berhasil mengirim file gambar bergerak (gif) lewat WhatsApp, mungkin memang benar update ini berlangsung juga pada sisi server jadi walaupun sudah menginstall versi beta terbaru tetapi belum bisa kirim atau terima GIF seperti yang saya alami.

Advertisement

Bagaimana dengan sobat pembaca sekalian? Apakah ada diantara kamu yang sudah sukses mengirim file gif lewat chatting WhatsApp?