Cara Update Balance Tapcash BNI Lewat HP Dengan NFC

Opikini – Cara update balance Tapcash BNI lewat HP dengan NFC saat ini bisa dilakukan dengan 2 aplikasi yaitu Tapcash GO dan LinkAja. Cara ini mungkin akan berguna bagi kamu yang memiliki HP yang sudah dilengkapi NFC dan baru melakukan top up kartu BNI Tapcash lewat mobile banking.

Advertisement

Karena seperti kita tahu jika top up melalui BNI Mobile maka saldonya tidak akan langsung bertambah sebelum kita melakukan update saldo atau balance melalui ATM maupun HP Android dengan NFC menggunakan aplikasi untuk update balance BNI Tapcash.

Bagi yang ingin tahu bagaimana langkah-langkahnya silahkan simak artikel ini sampai tuntas karena saya akan contohkan cara mengupdate saldo e-toll tapcash di HP Android menggunakan kartu baru dengan saldo awal nol (0) yang dibeli di Alfamart seharga 25.000 dan HP Samsung Galaxy A30s.

Cara Update Balance Tapcash BNI Lewat HP Dengan NFC

Seperti sudah disebutkan sebelumnya untuk update saldo tapcash setelah top up di HP Android bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu:

1 – Update Balance BNI Tapcash Di HP Menggunakan Aplikasi Tapcash Go

#1 – Pertama-tama silahkan download aplikasi tapcash go dari Google Play Store lalu aktifkan NFC dan jalankan aplikasinya.

#2 – Tempelkan kartu tapcash BNI ke bagian belakang HP dan tunggu sampai terbaca oleh aplikasi, setelah info kartu muncul pilih / tap tombol Update Saldo.

Cara Update Balance Tapcash BNI Lewat HP Dengan NFC
Kartu yang digunakan adalah kartu baru dengan saldo Rp 0, dan setelah dibeli saya langsung top up melalui BNI Mobile sebesar 10.000 rupiah

#3 – Tetap tempelkan kartu tapcash kemudian setelah muncul instruksi seperti terlihat pada gambar kanan di bawah ini, angkat atau lepaskan kartu lalu tempelkan lagi ke belakang smartphone Android kamu dan jangan dilepas sampai proses update saldo selesai.

Update Balance BNI Tapcash Di HP Menggunakan Aplikasi Tapcash Go

#4 – Jika proses berhasil maka saldo BNI Tapcash akan bertambah sesuai dengan nominal yang kita top up seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Cara Update Saldo Tapcash di HP Android
Pada gambar kanan di atas terlihat saldo sudah berubah menjadi 10.000 artinya proses update balance via HP sudah berhasil dan kartu sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan termasuk membayar di gerbang tol.

Info : Setelah sukses update saldo melalui Tapcash Go, saya coba top up BNI Tapcash lagi 10.000 melalui mobile banking BNI dan kita lihat apakah aplikasi linkaja bisa digunakan untuk mengupdate balance hasil top up tersebut atau tidak.

2 – Update Saldo Tapcash BNI Dengan LinkAja

Alternatif lain bagi kamu yang sudah menginstall aplikasi LinkAja dan menggunakan HP Android dengan NFC maka bisa gunakan aplikasi LinkAja untuk melakukan update saldo Tapcash BNI dengan cara sebagai berikut.

#1 – Aktifkan NFC lalu buka aplikasi LinkAja, pilih menu Kartu Uang Elektronik. Kemudian pilih Cek Saldo.

Update Saldo Tapcash BNI Dengan LinkAja

#2 – Pilih BNI Tapcash lalu tempelkan kartu kamu ke bagian belakang HP dan jangan dilepas sampai terbaca oleh aplikasi LinkAja.

Update Saldo BNI Tapcash Dengan LInkAja

#3 – Jika ada saldo tertunda hasil top up maka aplikasi LinkAja akan langsung mengupdate balance kartu tersebut dan saldo yang muncul adalah yang terbaru seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Cara Update Saldo Tapcash BNI Dengan LinkAja
Lihat yang diberi tanda kotak merah, ada keterangan “Saldo sebesar 10000 berhasil di-update” ini membuktikan kalau aplikasi LinkAja bisa dipakai untuk update balance kartu tapcash BNI setelah top up menggunakan mobile banking BNI.

Kesimpulannya, saat ini kita bisa update balance tapcash BNI di HP Android dengan NFC menggunakan 2 aplikasi yaitu Tapcash Go dan LinkAja.

Khusus untuk Linkaja, tidak hanya bisa untuk update saldo tetapi bisa juga kita pakai untuk top up namun dengan batas minimal 20.000 dan dikenakan biaya admin 1.500 rupiah per transaksi.

Advertisement

Leave a Reply