Kurangi Ukuran File Gambar (JPG, PNG, GIF) Tanpa Mengurangi Kualitas

Advertisement

Jika kamu ingin mengurangi ukuran file gambar seperti JPG, PNG, dan GIF dengan mudah dan cepat tanpa mengurangi kualitas atau masih sama dengan aslinya maka tidak ada salahnya mencoba layanan online gratis dari IloveIMG.

Cara memperkecil ukuran foto atau gambar dalam format JPG online dengan IloveIMG sangat mudah, pada dasarnya kita hanya perlu upload file gambar yang akan dikompres sehingga ukurannya jauh menjadi lebih kecil sampai 65% dibanding aslinya kemudian tunggu proses kompres dan terakhir unduh hasilnya ke komputer atau bisa juga kita langsung simpan ke Google Drive dan DropBox.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki IloveIMG.com diantaranya : mudah digunakan, gratis, dapat kompres banyak file sekaligus selain itu file yang dihasilkan bisa kita simpan ke penyimpanan cloud yaitu DropBox dan Google Drive bahkan kita juga diberi link untuk mengunduh sehingga sangat cocok jika kamu ingin kirim gambar ke teman namun ukurannya terlalu besar karena setelah kita perkecil, kita bisa berikan link kepada teman untuk mengunduh yang berlaku selama 1 jam atau 60 menit. Baca juga : cara memperkecil file PDF.

Cara Mengurangi Ukuran File Gambar (JPG, PNG, GIF) Secara Online

  1. Langkah pertama kunjungi halaman IloveIMG.com kemudian upload file foto atau gambar yang ingin kamu perkecil ukurannya dengan cara pilih tombol “Select Images” atau drag and drop dari Windows Explorer.Cara Mengurangi Ukuran File Gambar (JPG, PNG, GIF) Secara Online
  2. Selanjutnya pilih Compress Images dan tunggu proses uploading selesai 100%.

    Kurangi Ukuran File Gambar (JPG, PNG, GIF) Tanpa Mengurangi Kualitas

    image : pixabay CCO Public Domain

  3. Setelah upload dan kompres selesai, secara otomatis file gambar tersebut akan didownload ke PC. Selesai.

Catatan :

  1. Kita bisa kompres satu file atau banyak sekaligus. Jika yang diupload lebih dari satu maka hasilnya akan didownload otomatis dalam format zip.
  2. Lamanya proses tergantung koneksi internet yang kamu gunakan serta ukuran file yang diupload.
  3. Selain unduh ke PC, kita juga bisa simpan hasilnya ke DropBox maupun Google Drive atau kirim link untuk mengunduh ke orang lain yang berlaku hanya 1 jam setelah itu akan dihapus otomatis.
  4. Jika kamu kurang nyaman foto kamu diupload dan takut tersimpan terus diserver mereka, maka setelah selesai mengkompres kamu bisa langsung hapus file tersebut dengan cara scroll kebawah lalu pilih “Delete it now”.

Kekurangan IloveIMG

Tidak ada satu layanan yang sempurna begitu juga dengan IloveIMG, beberapa kekurangan yang kami rasakan saat mencoba layanan kompres gambar online gratis ini diantaranya, setelah uplaod langsung kompres tetapi jika ukuran file lumayan besar terkadang prosesnya agak lama dan tidak terlihat progressnya, yang terlihat di layar PC hanya kursor mouse yang berputar-putar. Info terkait : convert jpg hasil scan ke pdf di Android.

Selain itu setelah dikompres file hasilnya otomatis diunduh, tentu akan menjadi pemborosan kuota jika sebetulnya kita ingin langsung simpan file tersebut ke DropBox tanpa harus download terlebih dahulu ke komputer.

Namun dua kekurangan tersebut tidak menjadi kendala berarti, karena secara keseluruhan IloveIMG memang boleh dibilang salah satu layanan compress image online terbaik.

Jadi bagi kamu yang memiliki banyak foto dalam format JPG atau PNG dengan ukuran besar tetapi ingin diunggah ke Facebook, Twitter maupun Blog maka tidak ada salahnya jika kamu kurangi dulu ukurannya sehingga nantinya akan lebih cepat diupload.

Kualitas yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan aslinya, bahkan tidak terlihat ada perbedaan walau ukurannya jauh lebih kecil bisa sampai 65%.

Beberapa kali kami coba hasilnya cukup memuaskan, contohnya ketika tes dengan foto ukuran 229 KB hasilnya jadi 106 KB atau berkurang 54%.

Baca juga : aplikasi untuk memperkecil ukuran foto Android.

Itulah cara mudah mengurangi ukuran file JPG secara online tanpa software tambahan, layanan ini sangat cocok bagi blogger yang sering menggunakan gambar pada postingan sehingga bisa lebih kecil dan tentu saja akan semakin cepat loading.

Advertisement

Selamat mencoba, dan jika masih ada yang kurang jelas atau mengalami kesulitan silahakan tanyakan. Baca juga : aplikasi untuk manambah tulisan pada foto di HP Android.