Cara Kompres Ukuran File Foto Di HP Android (Gambar, JPEG, PNG)

Advertisement

Mengecilkan atau kompress ukuran file foto di HP Android dalam format JPEG, PNG memang tidak terlalu mudah karena saat ini tidak banyak aplikasi compress foto yang tersedia.

Tapi bukan berarti tidak bisa, karena setelah mencari akhirnya saya temukan salah satu aplikasi kompres foto terbaik di HP Android. Fungsi dari aplikasi ini diantaranya adalah untuk mengecilkan ukuran file gambar, mengubah dimensi (resize) dan juga memotong atau crop.

Hebatnya tidak hanya satu foto atau gambar saja yang bisa diproses tetapi aplikasi Android ini bisa mengurangi ukuran file maupun resize (width & height) banyak gambar sekaligus. Nah penasaran ingin tahu aplikasi apa yang saya maksud? simak artikel ini sampai tuntas.

Cara Kompres Ukuran File Foto Di HP Android (Gambar, JPEG, PNG)

Aplikasi yang saya maksud adalah Photo Compress yang bisa diunduh dari Google Play Store secara gratis, selain bisa kompres foto dari galeri ponsel, aplikasi ini juga bisa langsung kompres foto yang kita ambil dari kamera hp.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara memperkecil ukuran foto di Android silahkan ikuti panduan berikut ini.

  1. Download aplikasi Photo Compress dari Google Play Store ini.
  2. Setelah terpasang kemudian jalankan.
  3. Piliih Gallery jika kamu ingin mengambil foto dari galeri hp atau pilih Camera jika ingin mengecilkan foto hasil kamera HP. Cara Kompres Ukuran File Foto Di HP Android (Gambar, JPEG, PNG)
  4. Setelah foto terpilih kemudian tap COMPRESS lalu sesuaikan tingkat kompresi yang diinginkan, semakin tinggi maka akan mengurangi kualitas foto jadi sebaiknya pakai diatas 60% saja. tap COMPRESS
  5. Jika sudah pilih lagi Compress dan lihat hasilnya. Cara Memperkecil Ukuran Foto

Terlihat pada gambar diatas, foto hasil jepretan kamera HP yang tadinya memiliki ukuran 2,16MB setelah diperkecil menjadi 538,40 Kib saja, cukup kecil bukan?

Dari beberapa kali percobaan, aplikasi ini cukup mumpuni karena hasil foto yang ukuran filenya sudah diperkecil masih bagus tajam tidak pecah-pecah.

Ukuran file yang dihasilkan rata-rata 50% – 60% lebih kecil dibandingkan aslinya misal ukuran foto dari kamera HP yang awalnya 2MB setelah dikompress menjadi hanya 300Kb saja.

Baca juga : cara menambahkan teks di Foto.

Bagaimana Cara Memperkecil Ukuran Foto Sekaligus?

Dari menu utama aplikasi pilih Compress & Resize Multiple Photo. Kemudian silahkan cari foto-foto yang ingin diperkecil.

Jika sudah terpilih selanjutnya pilih menu Bagikan / Share ke Photo Compress lalu proses seperti biasa.

Penting : aplikasi ini selain mengecilkan ukuran file foto ternyata akan mengubah dimensi foto menjadi lebih kecil walaupun memang tidak terlalu signifikan.

Baca juga : cara membuat watermark di HP Android.

Kesimpulan, jika kamu mencari aplikasi untuk memperkecil ukuran foto di HP Android secara offline tanpa harus terhubung ke internet maka tidak ada salahnya jika mencoba aplikasi Photo Compress karena gratis dan hasilnya lumayan bagus.

Advertisement

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat terutama bagi kamu yang sering mengirim file gambar dari hp atau melalui email tetapi sering gagal karena ukuran file terlalu besar maka kamu bisa perkecil dulu menggunakan aplikasi Photo Compress.