Apa Perbedaan Hapus Akun WhatsApp Dengan Ganti Nomor?

Advertisement

Mungkin belum banyak yang tahu apa perbedaan hapus akun WhatsApp dengan ganti nomor sehingga belum dapat memutuskan pilih mengganti no HP atau menghapus akun?

Jika disederhanakan menghapus akun WhatsApp melalui menu akun – hapus akun akan membuat nomor yang didaftarkan menjadi nonaktif dan semua data termasuk percakapan WhatsApp maupun file backup akan terhapus dan tidak bisa dikembalikan walau daftar lagi pakai no yang sama.

Sedangkan mengganti nomor WhatsApp tidak akan menghapus data tetapi hanya membuat nomor kita berubah dan akibatnya orang tidak bisa mengirim pesan ke nomor lama dan tidak akan diteruskan otomatis ke nomor baru. Masih bingung? kalau bingung silahkan simak pembahasan berikut.

Perbedaan Hapus Akun WhatsApp Dengan Ganti Nomor

Penting : yang saya bicarakan disini adalah menghapus akun dan mengganti nomor melalui menu yang ada di WhatsApp bukan lewat clear data aplikasi lalu daftar pakai nomor baru.

Supaya mudah dimengerti saya akan coba jelaskan perbedaan keduanya sesingkat mungkin, dan berikut ini adalah perbedaanya:

1 – Menghapus Akun

Hapus atau menonaktifkan berarti nomor hp kamu tidak lagi terdaftar ke WhatsApp sehingga semua data percakapan termasuk backup akan terhapus dan jika daftar kembali pakai nomor yang sama data tidak bisa dikembalikan.

Hal lain yang akan terjadi jika menghapus akun WhatsApp adalah :

  1. No kamu akan hilang dari kontak teman di aplikasi WhatsApp.
  2. Akan keluar dari semua grup yang diikuti dan pada grup akan muncul notifikasi kamu keluar dari grup seperti gambar dibawah ini. Perbedaan Hapus Akun WhatsApp Dengan Ganti Nomor
  3. Data percakapan, backup akan terhapus tetapi file yang pernah diunduh dan tersimpan di folder WhatsApp masih tetap akan ada atau tidak terhapus.

Baca juga : cara hapus kontak WhatsApp.

2 – Mengganti Nomor

Sedangkan jika kamu mengganti nomor melalui menu setelan – akun – ganti nomor maka yang akan terjadi adalah nomor lama akan nonaktif dan diganti dengan yang baru.

Tetapi semua data termasuk isi chat, file backup maupun grup yang kita ikuti tidak akan terhapus jadi dengan kata lain datanya akan tetap sama seperti saat sebelum mengganti no HP, dan hal lain yang akan terjadi setelah melakukan penggantian nomor adalah :

  1. Nomor lama akan hilang dari kontak WhatsApp teman, artinya no lama kamu tidak akan muncul lagi di aplikasi WhatsApp.
  2. Pada semua grup yang diikuti akan muncul notifikasi kamu mengganti nomor dan gambarnya kira-kira seperti berikut ini. Mengganti Nomor
  3. Jika ada yang mengubungi ke nomor lama maka tidak akan terkirim dan tidak akan diteruskan otomatis ke nomor baru, artinya orang lain tidak akan tahu kamu mengganti nomor kecuali kamu beritahukan satu per satu.

Baca juga : cara install WhatsApp di Laptop.

Jadi jika disimpulkan perbedaan hapus akun WhatsApp dengan ganti nomor adalah:

  1. Hapus akun berarti menghapus data akun WhatsApp termasuk percakapan, grup dan file backup dan tidak bisa dikembalikan atau tidak bisa restore percakapan.
  2. Mengganti nomor berarti hanya mengubah no lama ke nomor baru tanpa menghapus data chat, backup dan tidak akan menyebabkan kita keluar dari grup.

Sedangkan persamaan keduanya adalah nomor kita akan hilang dari kontak WhatsApp orang lain dan mereka tidak akan bisa mengubungi ke no baru kecuali kita beri tahu.

Advertisement

Sudah jelas bukan? jadi misalnya jika kamu ingin bersembunyi atau tidak ingin lagi diganggu / dihubungi orang tertentu tanpa harus keluar dari grup maka caranya cukup ganti nomor WhatsApp melalui menu setelan – akun.