Advertisement

Pengucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Advertisement

Tahukah kalian bahwa di Korea, mengucapkan selamat ulang tahun tidak semudah membalikkan telapak tangan? Ada begitu banyak nuansa dan variasi yang harus kamu ketahui tergantung pada siapa yang berulang tahun dan situasinya.

Jadi, mari kita bersama-sama menjelajahi berbagai cara untuk menyampaikan kebahagiaan dan harapan dalam momen spesial tersebut! Siapkan dirimu untuk mengeksplorasi kehangatan budaya Korea melalui kata-kata yang penuh makna dan kehangatan.

Pengucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Bentuk Pengucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Advertisement

Terdapat beberapa cara yang berbeda untuk mengucapkan selamat ulang tahun tergantung pada siapa yang berulang tahun. Yuk, kita eksplorasi beberapa bentuk pengucapan yang bisa kamu gunakan!

Variasi “Apa Kabar” dalam Bahasa Korea dan Cara Menjawabnya

1. Formal: “Saengil Chukhahamnida” (생일 축하합니다)

Saat ingin mengucapkan selamat ulang tahun secara formal, kamu bisa menggunakan ungkapan “Saengil Chukhahamnida” (생일 축하합니다).

Ungkapan ini cocok kalian gunakan saat berbicara kepada seseorang yang lebih tua atau dalam situasi resmi seperti di kantor atau acara formal lainnya.

Ketika mengucapkannya dengan tulus, pasti akan membuat orang yang berulang tahun merasa dihargai.

2. Informal: “Saengil Chukha” (생일 축하)

Selanjutnya, jika ingin mengucapkan selamat ulang tahun secara lebih santai kepada teman dekat atau keluarga, kamu bisa menggunakan versi informalnya, yaitu “Saengil Chukha” (생일 축하).

Ungkapan ini cocok kaita gunakan dalam percakapan sehari-hari dan menunjukkan kesan yang lebih akrab dan hangat antara kamu dan si penerima ucapan.

3. Untuk Anak-Anak: “Saengil Chukha Hamnida” (생일 축하 합니다)

Pada saat ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada anak-anak, kamu bisa menggunakan ungkapan “Saengil Chukha Hamnida” (생일 축하 합니다).

Ungkapan ini memiliki sedikit sentuhan formal namun tetap terdengar manis dan cocok kalian gunakan saat merayakan ulang tahun anak-anak di sekolah atau di rumah bersama keluarga.

4. Casual: “Saengil Chukha Hae” (생일 축하 해)

Jika ingin memberikan ucapan selamat ulang tahun yang lebih santai dan kasual kepada teman sebaya atau sahabat dekat, kamu bisa menggunakan ungkapan “Saengil Chukha Hae” (생일 축하 해).

Ungkapan ini terasa lebih ramah dan cocok digunakan dalam situasi-situasi informal seperti pesta ulang tahun atau pertemuan bersama teman-teman.

5. Ekspresi Sukses: “Saengil Chukha Haeyo” (생일 축하 해요)

Terakhir, jika ingin memberikan ucapan selamat ulang tahun yang penuh dengan harapan dan kebahagiaan untuk masa depan, kamu bisa menggunakan ungkapan “Saengil Chukha Haeyo” (생일 축하 해요).

Ungkapan satu ini mengandung nuansa semangat dan dukungan untuk masa depan si penerima ucapan, membuat mereka merasa dihargai dan termotivasi.

Mengenal Kosakata dan Ungkapan Terkait dengan “Selamat Ulang Tahun” dalam Bahasa Korea

Apakah kamu pernah bertanya-tanya apa saja kosakata dan ungkapan yang terkait dengan ucapan “Selamat Ulang Tahun” dalam Bahasa Korea? Nah, kali ini kita akan mengupasnya lebih dalam agar semakin fasih dalam berkomunikasi dengan teman-teman Korea!

1. Saengil (생일)

Kata pertama yang perlu kamu ketahui adalah “Saengil” (생일), yang artinya adalah “ulang tahun.” Kata ini merupakan inti dari ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea dan sering kali menjadi kata kunci yang paling penting dalam kalimat-kalimat ucapan.

2. Chukhahamnida (축하합니다)

Ungkapan selanjutnya yang sering digunakan adalah “Chukhahamnida” (축하합니다), yang berarti “selamat” atau “mengucapkan selamat.”

Ketika kita gabungkan dengan kata “Saengil,” maka menjadi “Saengil Chukhahamnida” (생일 축하합니다), yang merupakan ungkapan formal untuk mengucapkan selamat ulang tahun.

3. Chukha (축하)

Untuk ungkapan yang lebih santai dan informal, kita memiliki kata “Chukha” (축하), yang merupakan versi pendek dari “Chukhahamnida.”

Jadi, jika ingin mengucapkan selamat ulang tahun secara informal kepada teman dekat atau keluarga, kamu bisa menggunakan “Saengil Chukha” (생일 축하).

4. Hamnida (합니다)

Kamu juga akan sering mendengar kata “Hamnida” (합니다) yang artinya adalah “melakukan” atau “mengucapkan.” Kata ini biasanya digunakan untuk memberikan nuansa formal dalam percakapan.

Misalnya, dalam ungkapan “Saengil Chukha Hamnida” (생일 축하 합니다), artinya adalah “saya mengucapkan selamat ulang tahun.”

Cara Mengucapkan “Semoga Sukses” dalam Bahasa Korea

5. Haeyo (해요)

Ungkapan terakhir yang ingin kita bahas adalah “Haeyo” (해요), yang merupakan bentuk umum dari kata kerja “melakukan” atau “mengerjakan” dalam Bahasa Korea.

Jika ingin menambahkan sentuhan personal dan kasual dalam ucapan selamat ulang tahun, kamu bisa menggunakan “Saengil Chukha Haeyo” (생일 축하 해요).

 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengucapkan “Selamat Ulang Tahun” dalam Bahasa Korea! Ingatlah untuk memilih ungkapan yang sesuai dengan situasi dan hubunganmu dengan si penerima ucapan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan kamu bisa menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut dalam merayakan ulang tahun orang-orang tercinta di sekitarmu. Terima kasih sudah membaca, semoga hari kamu menyenangkan!