Advertisement

Arti Nomor Kartu ATM BRI, Ternyata Sangat Detail

Advertisement

Arti Nomor Kartu ATM BRI- Apakah kamu pernah penasaran apa arti nomor kartu ATM BRI yang terdiri dari 16 digit angka? Apakah nomor tersebut hanya sembarang angka atau memiliki makna tertentu?

Ternyata, nomor kartu ATM BRI tidak hanya berfungsi sebagai identitas akun bank kamu, tetapi juga mengandung informasi penting tentang kartu ATM BRI kamu.

Fungsi Nomor Kartu ATM BRI

Sebelum Membahas Arti Nomor Kartu ATM BRI, Pasti penasaran dong, apa sih sebenarnya fungsi nomor kartu ATM BRI itu? Nah, kali ini aku akan mengupasnya dengan penuh detil. Jadi, nomor kartu ATM BRI ini sebenarnya lebih dari sekadar deretan angka 16 digit yang tertera di kartu kita. Setiap digit itu punya peran penting, lho!

Advertisement

Jadi, nomor kartu ATM BRI ini seperti kunci pintu duniamu di dunia perbankan online. Ketika kamu melakukan transaksi online, seperti transfer uang atau bayar-bayar, nomor ini yang membuktikan kalau kamu emang si pemilik rekening tersebut. Bisa dibilang, ini identitas bankmu versi online.

Tapi, fungsi nomor kartu ATM BRI enggak cuma sampai di situ. Dia juga jadi kunci buat membuka pintu ke berbagai layanan keren, kayak mobile banking dan internet banking BRI. Jadi, dengan nomor ini, kamu bisa akses rekeningmu dari mana aja, cukup lewat smartphone atau komputer. Praktis, kan?

Selain itu, nomor kartu ATM BRI juga bisa buat mengisi informasi metode pembayaran di Google Play atau layanan streaming favoritmu. Jadi, kalau kamu doyan belanja atau bayar berlangganan, nomor kartu ini jadi andalan buat melengkapi data pembayaranmu.

Kalau kamu bingung, gak usah khawatir. Kamu bisa cek nomor kartu ATM BRI di bagian depan kartumu atau melalui internet banking BRI. Jangan sampai lupa, ya! Terus, kalau kartumu hilang, aplikasi BRImo juga bisa bantu kamu cek nomornya. Serba bisa, kan? Jadi, selalu jaga baik-baik kartu ATM BRI kamu, ya!

Nah, itulah sedikit cerita tentang fungsi nomor kartu ATM BRI.

Limit dan Biaya admin sesuai Jenis Kartu ATM BRI

Arti Nomor Kartu ATM BRI

Letak nomor rekening di kartu ATM BRI

Dengan mengetahui arti nomor kartu ATM BRI, kamu bisa lebih memahami jenis, kelas, dan status kartu ATM BRI kamu. Berikut adalah penjelasannya:

1. Digit Pertama: Jenis Kartu

Digit pertama dari nomor kartu ATM BRI menunjukkan jenis kartu yang kamu miliki. Jenis kartu ATM BRI ada dua, yaitu debit dan kredit.

Debit berarti kamu hanya bisa menggunakan uang yang ada di rekening kamu, sedangkan kredit berarti kamu bisa menggunakan uang pinjaman dari bank dengan bunga tertentu. Digit pertama dari nomor kartu ATM BRI yang berjenis debit adalah 6, sedangkan yang berjenis kredit adalah 4.

2. Digit Kedua dan Ketiga: Kelas Kartu

Digit kedua dan ketiga dari nomor kartu ATM BRI menunjukkan kelas kartu yang kamu miliki. Kelas kartu ATM BRI ada tiga, yaitu silver, gold, dan platinum.

Kelas kartu ATM BRI menentukan besaran limit transaksi, biaya administrasi, dan fasilitas tambahan yang bisa kamu nikmati. Digit kedua dan ketiga dari nomor kartu ATM BRI yang berkelas silver adalah 00, yang berkelas gold adalah 01, dan yang berkelas platinum adalah 02.

3. Digit Keempat dan Kelima: Status Kartu

Digit keempat dan kelima dari nomor kartu ATM BRI menunjukkan status kartu yang kamu miliki. Status kartu ATM BRI ada dua, yaitu aktif dan non-aktif.

Aktif berarti kamu bisa menggunakan kartu ATM BRI kamu untuk melakukan transaksi, sedangkan non-aktif berarti kamu tidak bisa menggunakan kartu ATM BRI kamu karena alasan tertentu, seperti kadaluarsa, rusak, atau diblokir. Digit keempat dan kelima dari nomor kartu ATM BRI yang berstatus aktif adalah 00, sedangkan yang berstatus non-aktif adalah 99.

4. Digit Keenam sampai Kedelapan: Kode Bank

Digit keenam sampai kedelapan dari nomor kartu ATM BRI menunjukkan kode bank yang menerbitkan kartu ATM BRI kamu. Kode bank adalah kode yang digunakan untuk mengidentifikasi bank tertentu dalam sistem perbankan nasional atau internasional. Kode bank BRI adalah 002, yang berarti kartu ATM BRI kamu diterbitkan oleh bank BRI. Jika kamu memiliki kartu ATM dari bank lain, maka digit keenam sampai kedelapan akan berbeda sesuai dengan kode bank yang bersangkutan.

5. Digit Kesembilan sampai Keenambelas: Nomor Rekening

Digit kesembilan sampai keenambelas dari nomor kartu ATM BRI menunjukkan nomor rekening yang terhubung dengan kartu ATM BRI kamu. Nomor rekening adalah nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi akun bank kamu secara unik dalam sistem perbankan.

Nomor rekening kamu berbeda dengan nomor rekening orang lain, bahkan jika kamu memiliki kartu ATM BRI yang sama. Nomor rekening kamu juga bisa berbeda dengan nomor kartu ATM BRI kamu, karena nomor kartu ATM BRI bisa berubah jika kamu mengganti kartu ATM BRI kamu.

Cara Top Up Blu BCA, Ternyata ada Banyak Opsi

Kesimpulan

Demikianlah arti nomor kartu ATM BRI yang bisa kamu ketahui dengan mudah. Dengan mengetahui arti nomor kartu ATM BRI, kamu bisa lebih memahami jenis, kelas, dan status kartu ATM BRI kamu. Kamu juga bisa mengetahui kode bank dan nomor rekening yang terhubung dengan kartu ATM BRI kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih sudah membaca.