Bayar Pajak Mobil Pakai Kartu Kredit Di Tokopedia

Apakah bisa bayar pajak mobil pakai kartu kredit? jawabannya bisa yaitu dengan cara bayar pajak kendaraan bermotor online di Tokopedia dan ini sudah saya buktikan sendiri ketika bulan lalu membayar pajak mobil HRV 2019.

Advertisement

Sebelum bisa membayar stnk tahunan secara online di Tokopedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan kode bayar e-samsat yang bisa dilakukan melalui SMS, aplikasi SAMBARA maupun melalui web bapenda Jabar.

Setelah kita mendapatkan kode bayar langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran pajak tahunan melalui Tokopedia dan di sana bisa dibayar menggunakan berbagai metode pembayaran termasuk pakai kartu kredit dan bisa dicicil maupun full payment.

Bayar Pajak Mobil Pakai Kartu Kredit Di Tokopedia Pengalaman Pribadi

Penting, meskipun sudah membayar STNK secara online tetapi kita masih harus minta pengesahan ke SAMSAT dengan membawa bukti bayar, STNK Asli dan e-KTP.

  1. Siapkan kode bayar e-samsat yang bisa didapat melalui SAMBARA, web Bapenda maupun SMS, jika belum tahu silahkan baca artikel ini.
  2. Buka aplikasi Tokopedia lalu pilih menu Top-up & Tagihan lalu pilih E-Samsat.Bayar Pajak Mobil Pakai Kartu Kredit Di Tokopedia
  3. Pilih Wilayah Samsat, dalam hal ini saya pilih Samsat Jabar.
  4. Masukan kode bayar e-samsat lalu tap Cek Tagihan.pilih Samsat Jabar
  5. Jika kode benar maka pada halaman detail pembayaran akan muncul stnk atas nama siapa dan jumlah yang harus dibayar, kemudian tap Lanjut.Bayar Pajak Mobil
  6. Pada halaman metode pembayaran tap Lihat Semua lalu pilih Kartu Kredit / Debit.pilih Kartu Kredit
  7. Masukan no kartu, masa berlaku dan kode CVV.
  8. Pada kolom pilih pembayaran silahkan pilih Penuh atau cicilan, jika bayar pakai cicilan maka akan ada fee lagi yang besarnya tergantung periode cicilan yang dipilih.
  9. Jika semua sudah terisi tap Bayar.
  10. Cek sms masuk yang berisi 6 digit kode OTP lalu masukan pada kolom yang sudah disediakan kemudian tap OK.pembayaran STNK
  11. Tunggu sampai transaksi selesai.
  12. Jika pembayaran berhasil maka kamu akan mendapatkan bukti pembayaran STNK yang dikirim via email, unduh bukti tersebut lalu print dan bawa saat melakukan pengesahan STNK di Samsat.

Penting : Setelah pembayaran selesai masih ada satu proses lagi yaitu melakukan pengesahan STNK ke Samsat, dan untuk Samsat Jawa Barat tidak perlu pakai BPKB tapi cukup bawa STNK asli, e-KTP dan bukti bayar.

Jadi jika plat nomor mobil atau motor kamu masuk daerah hukum Polda Jabar seperti Bogor, Cibinong, Cileungsi dan lainnya kemudian masih dalam cicilan sehingga BPKB ada di leasing maka tidak perlu bingung karena memang tidak harus membawa BPKB saat pengesahan dan ini sudah saya buktikan sendiri.

Referensi : Bapenda Jabar.

Penjelasan di atas adalah contoh membayar pajak kendaraan bermotor pakai kartu kredit Mandiri di Tokopedia untuk Samsat Jabar dimana kita membutuhkan kode bayar.

Jika plat kendaraan kamu masuk ke Samsat JATIM maka tidak menggunakan kode bayar melainkan langsung masukan plat nomor, no mesin dan NIK pemilik kendaraan sesuai dengan yang tercatat pada STNK.

Kesimpulan, cara bayar pajak mobil pakai kartu kredit bisa dilakukan melalui Tokopedia maupun Bukalapak dan bisa pilih pembayaran penuh atau cicilan.

Advertisement

Namun perlu diingat jika pilih bayar pakai cicilan maka biaya layanannya akan lebih besar tergantung jumlah bulan cicilan yang kita pilih dan ini bisa langsung dilihat saat kamu pilih periode cicilan di Tokopedia saat akan membayar STNK motor maupun mobile menggunakan kartu kredit.