Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengganti Engine Mounting Vios Matic, Berapa Biayanya?

Halo sobat terutama pengguna Vios Matic, kali ini saya akan berbagi pengalaman mengganti engine mounting vios matic yang menyebabkan mesin mobil matic getar saat berhenti di gigi D. Sebelumnya saya sudah pernah mengganti engine mounting belakang (tengah) atau disebut juga rod engine moving tapi getaran pada mesin hanya berkurang sedikit.

Advertisement

Akhirnya karena sudah tidak nyaman saya putuskan untuk membawa mobil ke bengke auto2000 Cibinong dengan tujuan mencari penyebab mesin getar lebih rinci lagi dan ketahuanlah kalau penyebabnya adalah engine mounting alias emon kiri yang sudah sobek.

Engine mounting ini termasuk part slow moving alias jarang diganti kecuali mobil sudah berumur jadi saya putuskan untuk mengganti menggunakan part original Toyota walau resikonya harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Pengalaman Mengganti Engine Mounting Vios Matic, Berapa Biayanya?

Sebelum membawa ke auto 2000, saya pernah membawa ke bengkel biasa di pinggir jalan dan mengganti engine mounting tengah (rod engine moving) karena sudah ada yang sobek seperti terihat pada gambar berikut.

Pengalaman Mengganti Engine Mounting Vios Matic, Berapa Biayanya?

Namun hasilnya mesin masih bergetar, oleh karena itu akhirnya saya putuskan untuk membawa ke bengkel resmi saja karena di bengkel sebelumnya entah apa alasanya mereka tidak mau mengecek semua engine mounting yang jumlahnya ada 3.

Cek Engine Mounting Vios di Bengke Auto2000 Cibinong

Setelah mengetahui kalau engine mounting kanan dan kiri harus diganti akhirnya saya harus memesan part terlebih dahulu, kalau tidak salah hampir 4 hari barang baru sampai dan bisa dipasang.

Singkat cerita hampir 4 jam waktu dibutuhkan untuk mengganti 2 engine mounting vios matic di auto 2000 dan hasilnya memang memuaskan, mesin tidak getar lagi.

Setelah pekerjaan selesai, barang yang diganti diserahkan dan ternyata kondisinya yang paling parah adalah engin mounting kiri depan karena sudah sobek seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Mendeteksi Engine Mounting Rusak Penyebab Mesin Mobil Matic Getar Saat Berhenti di Gigi D

Sedangkan untuk bagian kanan tidak sobek sampai terlepas seperti itu. Berikut adalah gambar engine mounting kanan vios 2007 atau gen 2 yang sudah diganti dan terpasang.

Mengganti Engine Mounting Vios Matic, Berapa Biayanya?

Engine Mounting Vios, Berapa Jumlah dan Harganya?

Kalau tidak salah jumlahnya ada 3 buah yaitu kanan depan, kiri depan dan belakang (tengah) dan harganya adalah sebagai berikut.

  1. Insulator sub-assy RH (engine mounting kanan) : Rp. 1.400.000
  2. Insulator engine mounting LH : Rp 1.150.000
  3. Rod engine moving C : Rp. 630.000

Catatan : harga diatas adalah harga resmi dari Toyota AUTO 2000 di pulau Jawa tepatnya provinsi Jawa Barat tahun 2018.

Jadi kalau mau ganti semua sekaligus biayanya sekitarRp  3.180.000 belum termasuk jasa pasang. Kalau dilihat di kwitansinya biaya pemasangan engine mounting vios di AUTO 2000 adalah 140.000 rupiah per item namun kemarin waktu saya ganti disana ada potongan (diskon) jadi jasanya hanya 137.605 per item kemudian untuk engine mounting dapat diskon 1.5% jadi total penggantian untuk 2 buah + jasa adalah 2.786.960.

Kenapa cuma 2, karena yang satu (engine mounting belakang) sudah diganti terlebih dahulu di bengkel biasa dengan harga part yang lebih mahal yaitu 750.000 rupiah atau ada selisih 120.000 dibanding harga bengkel resmi.

Ternyata membeli part dibengkel biasa belum tentu lebih murah dibanding membeli di auto 2000 seperti yang saya alami, jadi sebaiknya jika kamu ingin mengganti engine mounting vios matic cek dulu harganya di auto 2000 lalu bandingkan dengan penjual sparepart non bengkel resmi untuk mencari tahu mana yang lebih murah.

Namun jika lebih memperhatikan kualitas dan tingkat keaslian maka sebaiknya langsung saja beli di auto 2000 dan jika dirasa biaya pasangnya terlalu mahal maka bisa pasang sendiri atau bawa ke bengkel langganan.

Advertisement