Mobil Matic Getar Posisi Gigi D Ketika Berhenti atau Macet

Jika kamu mengalami mesin mobil matic getar dengan posisi masuk gigi D ketika berhenti atau macet bahkan ketika parkir, seperti yang saya alami pada mobil vios matic tahun 2007 maka jangan terlalu panik karena bisa saja penyebabnya karena engine mounting yang sudah rusak.

Advertisement

Emon atau engine mounting merupakan besi dengan bantalan karet yang berfungsi sebagai pegangan mesin ke body mobil dan juga sebagai penahan getaran.

Oleh karena itu ketika ada salah satu yang rusak, entah itu sudah getas atau bahkan sudah sobek maka getaran mesin akan terasa ke kabin terutama saat mobil berhenti dalam posisi masih masuk gigi D tapi ketika N atau Netral biasanya getaran tersebut hilang.

Mendeteksi Engine Mounting Rusak Penyebab Mesin Mobil Matic Getar Saat Berhenti di Gigi D

Untuk mengetahui apakah penyebab mesin mobil matic bergetar saat berhenti tapi hilang saat masuk gigi N caranya adalah:

  1. Masukan ke netral (N) lalu gas sampai RPM cukup tinggi (mesin akan meraung jadi sebaiknya cari tempat yang sesuai untuk melakukan hal ini) jika ketika RPM tinggi dalam posisi netral mesin terasa bergetar hebat maka bisa jadi engine mounting sudah ada yang rusak dan harus ganti.
  2. Masuk gigi D kemudian setelah mobil berjalan, rem perlahan-lahan sampai berhenti biasanya jika emon rusak maka getaran akan semakin terasa dan mobil seperti sulit direm dan ketika dalam posisi direm lalu dimasukan ke netral biasanya body mobil bagian belakang seperti agak naik lalu turun lagi.
  3. Bongkar engine mounting, mungkin ini cara terakhir untuk mengetaui apakah benar penyebab mesin mobil matic bergetar hebat saat direm dengan kondisi masuk gigi. Namun tentu saja kita harus bawa ke bengkel untuk melakukannya.

Baca juga : Pengalaman Mengganti Engine Mounting Vios.

Contoh Engine Mounting Vios Sobek – Penyebab Mesin Getar

Setelah dibongkar ternyata engine mounting bagian kiri yang paling parah kondisinya karena sudah sobek jadi tidak heran kalau saat macet mobil terasa getar seperti kap mesin kurang kencang.

Mendeteksi Engine Mounting Rusak Penyebab Mesin Mobil Matic Getar Saat Berhenti di Gigi D

Lihat yang diberi tanda panah biru, itu merupakan bagian yang sobek yang seharusnya ada pada bagian tengah (panah merah).

Baca juga : Rem vios keras mungkin ini sebabnya.

Tidak heran kalau selama ini vios matic kurang nyaman dipakai apalagi kalau macet, cape ngerem karena mesin bergetar namun setelah semua engine mounting diganting (ada 3 buah) sekarang mesin menjadi halus lagi tidak ada getaran seperti sebelumnya.

Kesimpulan, jika mobil matic getar saat masuk gigi d dalam kondisi berhenti atau macet di lampu merah maka sebaiknya cek dulu kondisi engine mountingnya karena memang bagian ini yang sering menyebabkan mesin mobil bergetar dan kalau sudah rusak sebaiknya ganti menggunakan part original walau memang lumayan mahal harganya tetapi kualitasnya terjamin.

Advertisement