Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Aktivasi OVO di Tokopedia, Pindahkan Saldo Tokocash ke OVO

Opikini | Apakah kamu sudah tahu kalau sekarang Tokocash Tokopedia sudah tidak ada karena berpindah ke OVO? lalu bagaimana cara aktivasi OVO di Tokopedia agar saldo tokocash pindah ke OVO?

Advertisement

Untuk mengaktifkan OVO di Tokopedia Android caranya sangat mudah yaitu cukup update aplikasi Tokopedia di HP Android kamu ke versi terbaru kemudian saat buka aplikasi akan muncul halaman Tokocash to OVO tapi jika tidak muncul maka bisa tap Aktivasi dari halaman utama Tokopedia.

Akun OVO di Tokopedia akan menggunakan nomor HP yang sama dengan Tokocash jadi bagi kamu yang sebelumnya sudah memiliki akun OVO dan kebetulan memakai nomor yang sama dengan Tokocash maka proses aktivasi OVO di Tokopedia hanya perlu verifikasi nomor HP saja.

Sedangkan bagi kamu yang belum memiliki akun OVO maka pada saat akan memindahkan Tokocash ke OVO di Tokopedia akan sekalian membuat akun OVO baru.

Cara Aktivasi OVO di Tokopedia Android

Catatan : Jika belum muncul pilihan untuk Aktivasi OVO silahkan update dulu aplikasi Tokopedia ke versi terbaru dari Google Play Store.

Seperti saya sebutkan diatas bagi yang sudah daftar ovo menggunakan nomor HP yang sama dengan nomor Tokocash maka saat aktivasi hanya perlu verifikasi nomor hp saja sedangkan bagi yang belum mempunyai akun OVO harus buat akun OVO terlebih dahulu dan berikut ini adalah panduannya.

1 – Mengaktifkan OVO di Tokopedia Bagi Yang Sudah Memiliki Akun OVO

  1. Buka aplikasi Tokopedia, kemudian pada menu OVO tap Aktivasimenu OVO tap Aktivasi
  2. Setelah muncul halaman Tokocash to OVO tap Aktifkan OVO SekarangCara Aktivasi OVO di Tokopedia Android
  3. Cek kode OTP yang dikirim via sms ke nomor Tokocash lalu masukan kode verifikasi tersebut. 
  4. Jika kode benar maka aktivasi akan berhasil dan saldo pada Tokocash akan berpindah ke OVO. Aktivasi OVO di Tokopedia Android

2 – Cara Aktivasi OVO di Tokopedia Android Bagi Yang Belum Memiliki Akun OVO

  1. Buka aplikasi Tokopedia, lalu tap Aktivasitap Aktivasi
  2. Kemudian tap Aktifkan OVO SekarangCara Aktivasi OVO di Tokopedia Android
  3. Tap tombol Buat Akun OVO BaruBuat Akun OVO Baru di Tokopedia
  4. Masukan kode verifikasi yang dikirim via SMS.masukan kode verifikasi
  5. Kemudian kita akan diminta membuat security code, jadi silahkan masukan security kode sesuai yang kamu inginkan sebanyak dua kali lalu tap Konfirmasimembuat security code
  6. Jika proses pembuatan akun OVO baru di aplikasi Tokopedia berhasil maka akan muncul pemberitahuan seperti tampak pada gambar berikut ini. pembuatan akun OVO baru di aplikasi Tokopedia

Jika dilihat perbedaan pada kedua langkah diatas adalah jika belum mempunyai akun OVO maka saat aktivasi OVO di Tokopedia akan diminta untuk membuat akun OVO baru terlebih dahulu dan membuat security code atau PIN sedangkan jika sudah daftar OVO maka saat aktivasi hanya perlu verifikasi nomor HP saja.

Apa Yang Terjadi Setelah Mengaktifkan OVO di Tokopedia?

Setelah kamu aktivasi OVO di Tokopedia maka semua saldo Tokocash akan berpindah ke OVO dan jika kamu menginstall aplikasi OVO kemudian login menggunakan nomor HP yang sama maka saldo tersebut juga bisa digunakan di aplikasi OVO atau Grab jika kamu sudah menghubungkan OVO dengan Grab.

Selain saldo akan berpindah, dengan digantikannya Tokocash di Tokopedia ini ternyata sekarang semua cashback yang kita dapat akan menjadi OVO Point bukan Cash, lihat gambar berikut ini sebagai salah satu contoh terbaru cashback Tokopedia semenjak Tokocash dihapuskan.

cashback ovo tokopedia

Terlihat pada gambar yang diberi tanda kotak merah, cashback dari Tokopedia sekarang bukan lagi masuk ke Tokocash tapi menjadi OVO Points.

Bagaimana Cara Bayar Tokopedia Pakai OVO Points atau Cash?

Caranya tidak jauh berbeda dengan saat membayar pakai Tokocash yaitu pada metode pembayaran tinggal pilih OVO dan nanti baik itu OVO Points maupun OVO Cash keduanya bisa digunakan untuk membayar transaksi di Tokopedia.

Jika Sudah Aktivasi OVO di Tokopedia Apakah Harus Install Aplikasi OVO?

Jawabanya relatif antara ya dan tidak tergantung kebutuhan namun yang pasti kita tidak wajib install aplikasi OVO karena kita bisa melihat saldo OVO, riwayat transaksi melalui aplikasi Tokopedia dan untuk isi ulang jika ingin menggunakan virtual account BCA supaya tidak kena biaya maka kita bisa langsung pakai kode perusahaan OVO yaitu 39385 + no hp OVO kita.

Namun jika kamu ingin bisa transaksi membayar di merchant pakai saldo OVO maka jelas kamu harus install aplikasi OVO juga.

Apakah Harus Aktivasi Lagi OVO di Grab?

Ini tergantung kebutuhan kamu, jika sering pakai grab dan ingin bisa bayar pakai OVO maka kamu harus aktivasi OVO juga di Grab namun jika hanya pakai OVO untuk membayar di Tokopedia maka kamu tidak perlu mengaktivasi lagi di aplikasi Grab.

Beberapa Kelebihan OVO Setelah Menggantikan Tokocash Di Tokopedia

  1. Saldo ovo bisa diakses dari Tokopedia maupun aplikasi OVO bahkan Grab jika kamu sudah mengaktifkan juga di aplikasi Grab.
  2. Hasil cashback Tokopedia bisa digunakan untuk belanja di aplikasi OVO jadi tidak seperti Tokocash dulu yang hanya bisa digunakan untuk pembayaran di Tokopedia saja.
  3. Top up OVO jadi lebih mudah dan gratis, jika kamu biasa menggunakan aplikasi OVO untuk belanja di merchant dan saat top up dikenakan biaya maka saat ini kamu bisa top up di Tokopedia tanpa kena biaya lagi tapi sayangnya minimal top up ovo lewat Tokopedia adalah 50.000 sedangkan jika lewat aplikasi grab hanya 20.000.

Kesimpulannya, saat ini Tokocash di Tokopedia sudah tidak ada karena digantikan oleh OVO, setiap cashback yang didapat akan masuk ke ovo points dan menariknya jika kamu belanja di merchant pakai OVO kemudian mendapat cashback ovo points maka points tersebut bisa digunakan juga untuk membayar di Tokopedia.

Advertisement

Latest Comments

  1. Desty November 11, 2018
    • Opik November 12, 2018
  2. Mochammad Zainnuri November 11, 2018
    • Opik November 12, 2018
  3. Tokobekasku November 13, 2018
    • Opik November 14, 2018
  4. Yuni November 16, 2018
    • Opik November 18, 2018

Leave a Reply