Advertisement

Cara Mematikan EDC BCA, Ternyata Mudah

Advertisement

Cara Mematikan Mesin EDC BCA  – Sebagai pengguna mesin EDC, kamu pasti paham betapa pentingnya alat ini dalam mempercepat transaksi pembayaran. Di era digital seperti sekarang, banyak tempat usaha mulai mengadopsi sistem pembayaran cashless menggunakan mesin EDC. Mulai dari mal, cafe, hingga beberapa tempat mewah sudah mendukung pembayaran dengan alat canggih ini.

Keuntungan menggunakan EDC terletak pada kemudahan penggunaannya. Cukup gesekkan kartu debit atau kredit ke slot yang tersedia, masukkan PIN, dan transaksi selesai. Meskipun banyak lembaga perbankan, termasuk Bank BCA, menyediakan mesin EDC, proses pengadaannya berbeda-beda.

Setelah berhasil mendapatkan mesin EDC melalui proses pengajuan, langkah selanjutnya adalah mengoperasikannya dengan benar. Salah satu hal yang perlu diketahui adalah cara mematikan EDC BCA. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara Mematikan Mesin EDC BCA Berbagai Tipe 

Advertisement

Dalam era transaksi digital yang semakin berkembang, Mesin EDC BCA telah menjadi sekutu tak terpisahkan bagi para pelaku usaha dan pengguna kartu. Kecepatan dan kemudahan yang ditawarkan oleh mesin ini dalam proses pembayaran tanpa uang tunai memang tak dapat dihindari.

Namun, di balik kecanggihan ini, seringkali muncul pertanyaan: bagaimana sebenarnya cara mematikan Mesin EDC BCA, terutama dengan beragam tipenya? Mari kita korek-korek dan ungkap bersama rahasia dalam panduan ini, agar penggunaan mesin EDC BCA berjalan lancar dan efisien.

Ingenico

1. Cara Matikan EDC BCA Tipe Ingenico

Jika mesin EDC yang kamu gunakan adalah tipe Ingenico, yang memiliki tombol function di sepanjang deretan angka, mematikannya cukup mudah. Tekan tombol kuning dan titik secara bersamaan, tunggu beberapa detik, dan mesin akan mati. Untuk menyalakannya kembali, tekan tombol hijau.

2. Cara Mematikan Mesin EDC BCA Tipe Move

Mesin EDC tipe Move memiliki tombol warna merah, kuning, dan hijau di sebelah kanan. Matikan mesin dengan menekan tombol kuning dan titik secara bersamaan. Tunggu hingga mesin mati, dan untuk menyalakannya kembali, cukup tekan tombol berwarna hijau.

3. EDC BCA Tipe Castles

Mesin EDC tipe Castles, keluaran terbaru dengan tombol function yang lebih mudah diakses. Matikan mesin dengan menekan tombol kuning dan titik secara bersamaan. Meskipun tombol titik digabung dengan tombol pagar (#), langkahnya tetap sama.

4. Tipe APOS: Touch Screen dan On/Off

Mesin EDC tipe APOS, keluaran terbaru yang tampilannya seperti layar penuh dan memiliki fitur touch screen serta pembayaran contactless. Untuk mematikan atau menyalakan, cukup tekan tombol on/off saja. Tidak ada kombinasi tombol seperti pada mesin keluaran lama.

Cara Mudah dan Efisien Bayar Tagihan MNC Play via m Banking BCA

Cara Mematikan EDC BCA dengan Tindakan Darurat

Terkadang, mesin EDC sulit dimatikan, dan satu-satunya cara adalah dengan tindakan darurat. Kamu bisa mencoba mencabut baterai mesin EDC untuk mematikannya. Namun, ingat bahwa ini adalah langkah beresiko dan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati.

  1. Buka tutup belakang mesin EDC.
  2. Cabut baterai yang terpasang.
  3. Diamkan beberapa saat.
  4. Pasang kembali baterai.
  5. Hidupkan kembali mesin EDC.

Periksa apakah masalahnya sudah teratasi. Jika tidak, coba metode lain dengan mencabut SIM Card.

Cara Mematikan EDC dengan Mencabut SIM Card

Jika mesin EDC mengalami masalah jaringan, mencabut SIM Card mungkin menjadi solusi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol kuning dan hitam secara bersamaan.
  2. Pastikan mesin dalam keadaan mati.
  3. Buka tutup belakang mesin EDC.
  4. Cabut SIM Card.
  5. Pasang kembali SIM Card.
  6. Hidupkan mesin EDC.
  7. Periksa kembali jaringannya.

Bantuan dari Layanan Call Center BCA

Jika semua metode di atas tidak berhasil, jangan ragu untuk menghubungi layanan call center BCA melalui 1500888 atau aplikasi Halo BCA. Layanan ini dapat membantu 24 jam sehari. Jika ada kendala yang sulit diatasi sendiri, kunjungi kantor cabang BCA terdekat untuk mendapatkan bantuan langsung dari ahlinya.

Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA Bisa kamu lakukan

Penutup

Dengan memahami cara mematikan mesin EDC BCA, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan alat ini dalam bisnismu. Sebagai pemilik usaha, manfaatkan kecepatan dan efisiensi transaksi cashless untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Bagi pengguna kartu, terapkan langkah-langkah ini agar transaksimu berjalan lancar dan aman.

Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu kamu mengatasi masalah yang mungkin timbul dalam penggunaan mesin EDC BCA. Tetaplah terhubung dengan teknologi untuk menjalankan bisnismu dengan lebih baik dan efisien.