Home » LinkAja » Cara Transfer LinkAja Ke Bank, Limit dan Biaya Terbaru

Cara Transfer LinkAja Ke Bank, Limit dan Biaya Terbaru

Apakah sobat sudah tahu bagaimana cara transfer LinkAja ke Bank BCA, Mandiri, BRI, BNI Syariah atau bank lainnya? lalu berapa batas transfer linkaja ke bank? apakah ada biaya? apakah harus upgrade full service?

Advertisement

Secara garis besar cara kirim LinkAja ke rekening bank bisa dilakukan dari menu Kirim Uang kemudian masukan no rekening bank tujuan dengan batas minimal 10.000.

Biaya transfer LinkAja ke bank gratis jika tujuannya adalah Mandiri, BRI, BNI, dan BTN atau yang termasuk BUMN (HIMBARA) sedangkan untuk bank swasta seperti BCA, CIMB Niaga, Permata dan lainnya ada biaya 6.500 rupiah per transaksi.

Selain biaya, untuk bisa kirim uang harus upgrade LinkAja di Grapari atau langsung dari aplikasi LinkAja dengan cara upload e-KTP dan foto selfie.

Cara Transfer LinkAja Ke Bank dan Biayanya

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, setiap kali transfer saldo LinkAja ke bank swasta akan dikenakan biaya 6.500 sedangkan untuk BNI termasuk BNI Syariah, BTN, Mandiri dan BRI gratis tanpa biaya admin.

Dengan demikian jika sobat ingin transfer LinkAja ke BCA atau bank swasta lainnya maka saldo pada LinkAja minimal ada 16.500 dengan rincian 10.000 batas minimal transfer dan 6.500 untuk adm.

Adapun cara transfer dari LinkAja ke rekening bank caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi LinkAja lalu pilih menu Kirim Uang.
  2. Pilih Rekening Bank.
  3. Tap Pilih Tujuan Bank lalu cari nama bank yang akan digunakan untuk menerima transfer dari LinkAja, contohnya BCA, BNI, BRI atau lainnya.
    Cara Transfer LinkAja Ke Bank dan Biayanya
  4. Kemudian masukan nomor rekening bank tujuan lalu tap Lanjut.
    Pilih Tujuan Bank
  5. Masukan jumlah uang yang akan dikirim lalu tap tanda centang merah yang ada di bagian bawah.
  6. Periksa kembali apakah no rek, nama penerima dan nominal uang sudah benar, jika ya tap Konfirmasi.
    Masukan jumlah uang yang akan dikirim
  7. Langkah terakhir masukan PIN LinkAja.
  8. Tunggu transaksi diproses dan setelah berhasil maka akan ada pemberitahuan dan saldo akan masuk ke rekening tujuan saat itu juga.

Contoh di atas diambil ketika kirim uang dari LinkAja ke BNI Syariah dan tidak ada biaya admin karena bank tujuan adalah BNI yang mana merupakan salah satu bank HIMBARA atau BUMN.

Sedangkan bila kita transfer LinkAja ke BCA atau bank swasta lain maka akan ada biaya admin 6.500 rupiah seperti terlihat pada gambar berikut ini.

transfer LinkAja ke BCA

Berapa batas maksimal transfer linkaja ke bank? saat ini ada limit harian yaitu sebesar 2.000.000 rupiah.

Jadi meskipun akun LinkAja full service bisa menampung saldo sampai 10.000.000 namun untuk tarik saldo ke rekening bank dibatasi maksimal 2 juta per hari.

Apakah bisa kirim saldo ke BNI Syariah? bisa, dan pada nama bank tujuan pilih BNI karena tidak ada pilihan BNI Syariah di LinkAja.

Apakah bisa transfer LinkAja kurang dari 10.000? apabila tujuannya ke rekening bank maka tidak bisa, sedangkan bila ingin kirim ke sesama LinkAja maka bisa.

Berapa lama uang masuk dari LinkAja ke rekening bank? uang akan masuk ke saldo tabungan setelah transfer berhasil jadi tidak perlu menunggu lama kecuali mungkin jika sedang ada gangguan.

Bagaimana kita tahu uang sudah masuk dari LinkAja ke tabungan? bisa langsung cek saldo tabungan penerima dana atau bisa juga cek mutasi rekening maupun lihat dari riwayat transaksi di LinkAja.

Apakah LinkAja bisa transfer ke bank BRI? bisa, bukan hanya BRI tetapi bank lain termasuk Mandiri, CIMB Niaga dan lainnya.

Baca juga : Transfer Saldo LinkAja ke OVO.

Bagaimana Cara Menerima Transfer Dari LinkAja?

Untuk menerima uang dari LinkAja sama saja seperti saat menerima transfer masuk dari rekening bank.

Dengan kata lain jika ingin menerima ke rekening bank maka hanya perlu memberikan nomor rekening saja dan tunggu uang masuk.

Tidak perlu melakukan apapun apalagi harus ke ATM untuk memasukan kode pencairan yang menggunakan kode OTP.

Begitu juga jika sobat ingin menerima ke akun LinkAja maka cukup berikan nomor akun LinkAja yang akan digunakan untuk menerima dan tunggu saldo masuk.

Kesimpulannya jika sobat ada yang mengirim uang pakai LinkAja maka tinggal menunggu masuk ke rekening atau akun LinkAja tidak perlu melakukan apapun.

Apabila mengaku sudah kirim tetapi saldo tidak masuk maka minta pengirim untuk cek kembali atau perlihatkan bukti transfer LinkAja ke rekening tabungan yang bisa dilihat dari menu Riwayat.

Tips Aman Menerima Uang Dari LinkAja

Tidak sedikit orang yang belum tahu banyak mengenai LinkAja kemudian hal ini dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terutama bagi sobat yang memiliki online shop kemudian ada pembeli yang membayar pakai LinkAja maka silahkan ikuti tips berikut ini.

  1. Jangan pernah mau diminta ke ATM untuk aktivasi dana atau apapun apalagi sampai masukan kode penarikan tunai LinkAja atau kode OTP.
  2. Jika tidak memiliki akun LinkAja lalu ada yang transfer ke nomor HP, maka jangan percaya karena LinkAja hanya bisa kirim ke nomor yang sudah terdaftar atau ke rek tabungan.
  3. Apabila ada yang mengaku sudah kirim dari LinkAja lalu meminta ke ATM untuk tarik tunai maka tolak saja, lebih baik minta langsung transfer saldonya ke rekening.
  4. Jika ada yang mengirim foto struk bukti transfer LinkAja dalam bentuk kertas jangan percaya, karena bukti transaksi di LinkAja itu digital di aplikasi tidak mengeluarkan atau mencetak dalam bentuk kertas, dan berikut adalah contoh gambar bukti transfer LinkAja yang asli.
bukti transfer LinkAja
Jadi tidak ada struk fisik, hanya ada bukti transaksi seperti terlihat pada gambar. Tidak ada kode apapun untuk pencarian dana.

Dari poin di atas intinya adalah, apabila ada pihak yang mengaku sudah kirim uang dari LinkAja tapi saldo tabungan tidak bertambah maka jangan lakukan apapun apalagi ke ATM, karena posisi sobat adalah penerima bukan pengirim.

Bila perlu maka bisa minta pengirim uang untuk menunjukan riwayat transaksi di LinkAja dan jika sobat ragu atau malah dituduh tidak jujur maka bisa langsung kontak LinkAja via LiveChat di halaman resmi LinkAja.

Syarat, Biaya dan Limit Transfer Linkaja Ke Bank

Berikut ini adalah syarat, biaya serta limit atau pembatasan jumlah tarik saldo LinkAja ke rekening bank yang berlaku pada 2020.

  1. Akun LinkAja sudah upgrade ke full service.
  2. Biaya transfer 6.500 jika rekening penerima adalah bank swasta, dan gratis untuk bank BUMN.
  3. Batas maksimal transfer LinkAja ke bank 2.000.0000 per hari.
  4. Batas minimal kirim uang dari LinkAja ke rekening adalah 10.000.

Selain biaya admin saat kirim uang ke bank, LinkAja juga ada biaya saat tarik tunai di ATM yaitu 5.000 rupiah per transaksi.

Tidak hanya ke rekening tabungan tetapi dari LinkAja kita juga bisa kirim atau bayar BRIVA misalnya saat ingin digunakan untuk top up ShopeePay via LinkAja maka bisa pilih BRI dicek otomatis kemudian transfer LinkAja ke BRIVA dengan biaya 4.000 rupiah.

Cara Daftar LinkAja Jangan Salah, Ada Jenis Syariah

Untuk membuat akun LinkAja sangatlah mudah, karena sekarang bisa menggunakan semua nomor ponsel berbagai operator seluler tidak harus Telkomsel.

Sebelum registrasi Linkaja siapkan terlebih dahulu nomor HP aktif untuk menerima kode rahasia verifikasi dan email.

Tetapi jangan salah karena saat ini ada dua jenis yaitu LinkAja dan LinkAja Syariah, perbedaanya untuk Syariah semua promo, cashback dan lainnya mengikuti prinsip syariah.

Jadi kemungkinan promo dan cashback berbeda dengan akun LinkAja biasa, sedangkan untuk penggunaan sama saja, artinya LinkAja Syariah bisa digunakan untuk berbagai pembayaran seperti akun non syariah.

Adapun cara untuk daftar dan upgrade LinkAja terbaru adalah sebagai berikut.

  1. Download aplikasi LinkAja dari Google Play Store.
  2. Kemudian jalankan, masukan nomor telepon lalu tap Mulai.
  3. Masukan kode verifikasi yang dikirim via sms ke nomor tersebut, apabila tidak masuk bisa minta kirim ulang dalam waktu 2 menit.
  4. Selanjutnya isi nama dan tambahkan foto (tidak wajib) lalu tap Lanjut.
  5. Masukan alamat email aktif lalu tap Kirim.
  6. Akan ada tawaran untuk mengaktifkan layanan Syariah LinkAja, pilih lewati jika ingin daftar akun biasa.
  7. Buat PIN LinkAja yang berguna saat digunakan untuk transaksi baik di aplikasi maupun saat membayar belanja online.
  8. Konfirmasi kembali PIN tadi (harus sama).
  9. Apabila berhasil maka akun sudah bisa digunakan untuk berbagai transaksi kecuali transfer ke LinkAja, tarik tunaik di ATM dan kirim ke rekening bank karena 3 fitur ini hanya bisa digunakan jika sudah upgrade.

Tidak bisa daftar LinkAja, muncul pesan maaf kami tidak dapat memproses permintan anda saat ini? jika muncul error seperti ini bisa ulang kembali proses pendaftarannya dan usahakan jangan terlalu lama saat mengisi kode verifikasi.

Artinya setelah dikirim kode via sms langsung masukan kemudian isi nama lalu buat PIN, karena berdasarkan pengalaman jika ada jeda beberap menit biasanya proses pendaftaran LinkAja gagal.

Namun bila sms verifikasi tidak masuk sebaiknya cek kembali apakah nomor tersebut bisa menerima sms atau tidak.

Kesimpulan

Cara transfer LinkAja ke bank adalah melalui menu Kirim Uang – Rekening Bank dengan batas minimal 10.000 dan batas maksimal 2.000.000 per hari.

Tarik saldo ini hanya bisa dilakukan jika sudah upgrade ke full service dari aplikasi LinkAja atau datang ke Grapari, namun berdasarkan pengalaman opikini.com yang paling mudah adalah langsung di aplikasi.

Karena beberapa kali coba upgrade di Grapari Telkomsel jawabannya jaringan sedang offline dan lainnya akhirnya gagal upgrade LinkAja ke full service.

Apabila rekening tujuan termasuk bank swasta maka ada biaya transfer 6.500 sedangkan untuk BNI, Mandiri, BTN dan BRI gratis.