Advertisement

Cara Daftar Franchise Kopi Kenangan Beserta Harganya

Advertisement

Franchise Kopi Kenangan, sebuah merek minuman lokal yang telah meraih popularitas di Indonesia, menawarkan konsep grab and go dengan nuansa kekinian. Dengan moto “sehari satu toko,” Kopi Kenangan terus berekspansi di pasar Indonesia yang luas.

Meskipun banyak bisnis minuman kekinian yang memilih jalur waralaba, Kopi Kenangan memutuskan untuk tidak membuka peluang franchise. Namun, ada dua model bisnis menarik yang ditawarkan oleh Kopi Kenangan yakni Joint Venture dan Cloud Kitchen.

Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel berikut ini!

Advertisement

Cara Daftar Franchise Kopi Kenangan Beserta Harganya

Tentang Kopi Kenangan

Kopi Kenangan didirikan pada tahun 2017 oleh Edward Tirtanata dan James Prananto. Kedai pertamanya berlokasi di Menara Standard Chartered, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Edward juga telah membuka bisnis kuliner pada tahun 2015 dengan kedai teh bernama Lewis and Caroll. Namun, pencapaian kedai teh tersebut tidak sebaik Kopi Kenangan. Oleh karena itu, Edward memutuskan untuk menciptakan merek yang lebih mudah diingat dan relevan dengan kehidupan masyarakat.

 

Model Bisnis Kopi Kenangan

Cara Daftar Franchise Janji Jiwa Terbaru, Beserta Harga dan Syaratnya

1. Joint Venture

Model bisnis ini melibatkan kerjasama dengan pemodal atau investor yang ingin berinvestasi pada outlet Kopi Kenangan. Dalam skema ini, Kopi Kenangan akan mengelola semua aspek operasional dan manajemen outlet, sementara pemodal mendapatkan bagi hasil dari keuntungan.

2. Cloud Kitchen

Dalam model ini, Bisnis ini menyewa ruang dapur dari pihak ketiga, seperti restoran, hotel, atau mal. Dengan fokus pada aplikasi Kenangan, mereka menerima pesanan dan mengantarkan tanpa memerlukan outlet fisik. Pasalnya, konsep cloud kitchen memungkinkan efisiensi biaya yang signifikan, termasuk biaya sewa, renovasi, dan peralatan.

Keuntungan Bergabung dengan Kopi Kenangan

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai keuntungan apa saja yang bisa kalian dapaykan jika bergabung dengan kopi kenangan. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Merek Terkenal

Pertama, kopi Kenangan telah membangun reputasi sebagai merek kopi yang populer dan banyak orang kenal di Indonesia.

2. Dukungan dari Pihak Pusat

Sebagai mitra, kamu akan mendapatkan dukungan dari pihak pusat, termasuk pelatihan, bahan baku, dan panduan operasional.

3. Pasar yang Berkembang

Minuman kopi terus menjadi tren di Indonesia. Dengan konsep fresh to cup, Kopi Kenangan menawarkan minuman berkualitas tinggi yang diminati oleh banyak orang.

Harga Franchise Kopi Kenangan

Sebelum membahas profit, mari kita lihat terlebih dahulu berapa biaya yang harus kalian keluarkan untuk membuka franchise Kopi Kenangan ini.

berikut adalah uraian terperinci mengenai harga franchise satu ini.

1. Variasi Harga

Harga franchise Kopi Kenangan dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi dan ukuran gerai. Hal ini menyebabkan kisaran harga yang cukup luas, mulai dari 100 juta hingga 300 juta rupiah.

2. Biaya Awal

Biaya awal tersebut mencakup berbagai komponen penting untuk membuka gerai baru, seperti lisensi, pelatihan, peralatan, dan renovasi gerai. Ini adalah biaya yang harus kamu keluarkan sebelum gerai dapat beroperasi.

3. Lisensi

Salah satu bagian dari biaya awal adalah lisensi untuk menggunakan merek dagang dan model bisnis Kopi Kenangan.

Lisensi ini memberikan hak kepada pemilik franchise untuk menggunakan nama dan merek dagang perusahaan, serta mengakses sumber daya dan dukungan yang diberikan oleh perusahaan induk.

4. Pelatihan

Selanjutnya, biaya awal juga mencakup pelatihan bagi pemilik dan staf gerai. Pelatihan ini mencakup berbagai aspek operasional, mulai dari persiapan menu hingga standar pelayanan pelanggan.

Pelatihan ini penting untuk memastikan bahwa gerai baru beroperasi sesuai dengan standar perusahaan.

5. Peralatan

Biaya franchise juga mencakup peralatan yang diperlukan untuk operasional harian gerai, seperti mesin pembuat kopi, mesin blender, mesin kasir, peralatan penyajian, dan lain sebagainya.

Investasi dalam peralatan yang tepat sangat penting untuk memastikan kualitas produk dan efisiensi operasional.

6. Renovasi Gerai

Beberapa biaya franchise mungkin juga termasuk dalam renovasi atau penyesuaian gerai agar sesuai dengan standar merek Kopi Kenangan.

Ini mungkin melibatkan penataan ulang interior, penambahan peralatan khusus, atau perubahan lainnya untuk memenuhi persyaratan merek.

7. Kemungkinan Tambahan Biaya

Selain biaya awal, pemilik franchise juga perlu mempertimbangkan kemungkinan biaya tambahan seperti biaya sewa tempat, biaya operasional bulanan (termasuk gaji karyawan, persediaan, dan biaya utilitas), serta biaya pemasaran lokal.

Profit dari Franchise Kopi Kenangan

Profit dari franchise Kopi Kenangan dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor:

  • Lokasi Gerai

Gerai yang berada di lokasi strategis dengan banyak pengunjung akan menghasilkan profit yang lebih tinggi.

  • Volume Penjualan

Semakin banyak minuman yang terjual, semakin besar profit yang bisa kamu dapatkan.

  • Biaya Operasional

Terakhir, pengeluaran untuk bahan baku, gaji karyawan, dan sewa tempat juga mempengaruhi profit.

Strategi Meningkatkan Profit Franchise Kopi Kenangan

Berikut beberapa strategi untuk meningkatkan profit dari franchise Kopi Kenangan.

  • Promosi

Lakukan promosi secara aktif melalui media sosial, diskon, atau paket combo.

  • Inovasi Menu

Tambahkan menu baru atau variasi minuman untuk menarik pelanggan.

  • Pelayanan Pelanggan

Berikan pelayanan yang ramah dan interaktif kepada pelanggan.

Franchise Kopi Nako, Peluang Usaha Menjanjikan dengan Outlet Instagrammable dan Harga Terjangkau

  • Kemitraan

Bekerjasamalah dengan perusahaan atau acara lokal untuk meningkatkan eksposur gerai.

Kesimpulan

Membuka franchise Kopi Kenangan adalah peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan persiapan yang matang dan komitmen yang kuat, kalian dapat meraih kesuksesan dalam industri kopi.

Semoga artikel ini membantu kamu salam memahami proses dan persyaratan membuka franchise Kopi Kenangan. Selamat berwirausaha!