Advertisement

Franchise Momoyo Ice Cream! Yuk Simak Biaya Bergabungnya!

Advertisement

Franchise  Momoyo Ice Cream, menghadirkan es krim berkualitas dengan rasa yang inovatif, dan berhasil menarik banyak perhatian pecinta es krim di Indonesia.

Tak heran, banyak orang yang tertarik untuk membuka franchise satu ini. Tapi, sebenarnya berapa sih biaya yang kalian perlukan untuk membuka franchise ini? Mari kita ulas secara mendalam.

Franchise Momoyo Ice Cream! Yuk Simak Biaya Bergabungnya!

Keuntungan Membuka Franchise Momoyo Ice Cream

Advertisement

Sebelum kita masuk ke detail biaya, ada baiknya kita pahami dulu apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan membuka franchise Momoyo Ice Cream.

Berikut penjelasan lengkapnya!

Franchise Zea Ice, Cara Daftar dan Syaratnya

1. Brand Recognition

Pertama, Momoyo Ice Cream sudah dikenal luas pada kalangan pecinta es krim di Indonesia. Dengan membuka franchise, kita langsung bisa memanfaatkan popularitas dan kepercayaan konsumen terhadap brand ini.

2. Dukungan dan Pelatihan

Kedua, kamu tidak akan sendirian. Pasalnya, pihak franchisor akan memberikan pelatihan menyeluruh mulai dari pembuatan es krim, manajemen operasional, hingga strategi pemasaran.

3. Sistem yang Terbukti

Momoyo Ice Cream sudah memiliki sistem bisnis yang terbukti berhasil. Jadi, kamu hanya perlu mengikuti sistem tersebut untuk menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan terjamin keberhasilannya.

Persiapan Awal Membuka Franchise Momoyo Ice Cream

Membuka franchise tidak hanya soal uang, tetapi juga persiapan mental dan komitmen. Berikut beberapa hal yang perlu kita persiapkan sebelum membuka franchise.

1. Pemilihan Lokasi

Lokasi adalah faktor kunci dalam bisnis F&B. Pastikan untuk memilih lokasi yang strategis, mudah diakses, dan memiliki lalu lintas tinggi.

2. Studi Kelayakan

Selanjutnya, lakukan studi kelayakan untuk memastikan bahwa lokasi yang kamu pilih memiliki potensi pasar yang cukup besar.

3. Persiapan Modal

Persiapkan modal yang cukup tidak hanya untuk biaya awal, tetapi juga untuk operasional beberapa bulan pertama.

Rincian Biaya Membuka Franchise Momoyo Ice Cream

Nah, sekarang kita masuk ke inti pembahasan, yaitu rincian biaya yang kita perlukan untuk membuka franchise Momoyo Ice Cream.

1. Biaya Franchise Fee

Franchise fee adalah biaya yang kamu bayarkan kepada franchisor untuk mendapatkan hak penggunaan brand dan sistem bisnis.

Untuk Momoyo Ice Cream, franchise fee ini berkisar antara Rp100 juta hingga Rp150 juta. Biaya ini biasanya sudah termasuk pelatihan awal dan dukungan pemasaran.

2. Biaya Investasi Awal

Selain franchise fee, ada juga biaya investasi awal yang perlu kalian siapkan. Biaya ini mencakup beberapa hal berikut ini!

  • Renovasi dan Dekorasi Tempat

Biaya ini kita butuhkan untuk merenovasi dan mendekorasi tempat agar sesuai dengan standar brand Momoyo Ice Cream. Biayanya juga bisa bervariasi tergantung kondisi tempat dan lokasi, tetapi rata-rata berkisar antara Rp50 juta hingga Rp100 juta.

  • Pembelian Peralatan dan Mesin

Peralatan dan mesin untuk pembuatan es krim, termasuk freezer, mesin es krim, alat pencampur, dan lain-lain. Biaya ini bisa mencapai Rp100 juta hingga Rp150 juta.

  • Inventaris Awal

Pembelian bahan baku awal seperti susu, gula, buah-buahan, dan bahan lainnya. Biaya inventaris awal ini biasanya sekitar Rp20 juta hingga Rp30 juta.

3. Biaya Operasional Bulanan

Selain biaya awal, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya operasional bulanan. Biaya ini mencakup berikut ini.

  • Gaji Karyawan

Biaya pertama ini kita butuhkan untuk gaji karyawan yang bekerja pada outlet. Untuk outlet kecil, biasanya diperlukan minimal 3-5 karyawan dengan total gaji sekitar Rp10 juta hingga Rp15 juta per bulan.

  • Bahan Baku

Estimasi biaya untuk membeli bahan baku setiap bulan adalah sekitar Rp10 juta hingga Rp20 juta per bulan tergantung volume penjualan.

  • Listrik dan Utilitas

Biaya listrik dan utilitas lainnya yang diperlukan untuk operasional sehari-hari. Biaya ini bisa mencapai Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan.

  • Marketing dan Promosi

Terakhir, kita juga memerlukan biaya ini untuk kegiatan marketing dan promosi agar outletmu dikenal dan ramai pengunjung. Estimasinya sekitar Rp5 juta per bulan.

4. Total Biaya Awal

Jika kita hitung total biaya awal yang perlu disiapkan, hasilnya adalah:

  • Franchise fee: Rp100 juta – Rp150 juta
  • Renovasi dan dekorasi: Rp50 juta – Rp100 juta
  • Peralatan dan mesin: Rp100 juta – Rp150 juta
  • Inventaris awal: Rp20 juta – Rp30 juta

Total: Rp270 juta – Rp430 juta

Tips Menghemat Biaya Membuka Franchise

Biaya membuka franchise memang tidak sedikit, tetapi ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya tersebut.

1. Cari Lokasi dengan Sewa Murah

Langkah pertama, cobalah mencari lokasi yang strategis tetapi dengan biaya sewa yang tidak terlalu tinggi. Kamu bisa mempertimbangkan lokasi di pinggiran kota yang sedang berkembang.

2. Manfaatkan Diskon dan Promosi

Selalu cari tahu apakah ada diskon atau promosi dari penyedia peralatan atau bahan baku. Ini bisa menghemat biaya cukup signifikan.

3. Mulai dengan Skala Kecil

Jika modal terbatas, kalian bisa memulai dengan skala kecil dulu. Misalnya, membuka booth atau kios kecil sebelum akhirnya mengembangkan ke outlet yang lebih besar.

Proses Pengajuan Franchise Momoyo Ice Cream

Setelah menyiapkan semua hal di atas, langkah selanjutnya adalah mengajukan franchise. Berikut adalah proses pengajuannya.

1. Menghubungi Pihak Franchisor

Langkah pertama adalah menghubungi pihak franchisor Momoyo Ice Cream untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan memulai proses pengajuan.

2. Mengisi Formulir Pengajuan

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan franchise yang mencakup informasi tentang diri, pengalaman bisnis, dan rencana lokasi.

3. Wawancara dan Presentasi

Setelah mengisi formulir, biasanya akan diundang untuk wawancara dan presentasi. Ini adalah kesempatan bagi kalian untuk meyakinkan pihak franchisor bahwa Anda adalah mitra yang tepat.

4. Penandatanganan Kontrak

Jika disetujui, calon mitra akan menandatangani kontrak franchise yang mengikat secara hukum. Pastikan untuk membaca dan memahami semua ketentuan dalam kontrak tersebut.

Franchise Ice Cream Ai-CHA! Yuk Simak Syarat Gabungnya

5. Pelatihan dan Persiapan

Setelah kontrak ditandatangani, kamu akan mengikuti pelatihan yang disediakan oleh pihak franchisor. Pelatihan ini meliputi semua aspek operasional dan manajemen outlet.

6. Grand Opening

Setelah semua persiapan selesai, saatnya untuk membuka outlet kamu dengan acara grand opening. Manfaatkan momen ini untuk menarik perhatian dan mempromosikan outlet kepada masyarakat sekitar.

Kesimpulan

Membuka franchise Momoyo Ice Cream memang memerlukan investasi yang cukup besar, tetapi dengan persiapan yang matang dan manajemen yang baik, peluang untuk sukses sangat terbuka lebar.

Dengan memanfaatkan popularitas brand, dukungan franchisor, dan sistem yang sudah terbukti, kalian bisa menjalankan bisnis es krim yang menguntungkan dan memuaskan banyak pelanggan.