Duh Reset Kata Sandi Akun Gmail Ko Makin Susah

Advertisement

Tadi pagi saya menerima pesan lewat WhatsApp dari teman yang meminta bantuan untuk reset kata sandi akun Gmail karena lupa akhirnya tidak bisa masuk.

Parahnya nomor telepon yang digunakan untuk daftar dulu sudah tidak aktif lagi, jika dulu saat kita akan reset sandi Gmail masih bisa dengan alamat email pemulihan, sepertinya saat ini metode tersebut sedang bermasalah atau memang sudah tidak bisa lagi, entahlah.

Saya tidak tahu pasti apakah memang sekarang sudah tidak bisa reset password akun Gmail dengan email pemulihan atau sedang ada maintenance karena sudah lebih dari satu kali mencoba tetap tidak bisa.

Setelah memasukan kode verifikasi yang dikirim ke alamat email pemulihan seharusnya kita akan dibawa ke halaman untuk mengganti password tapi sekarang tidak, malah muncul kotak abu-abu dengan tulisan Google tidak dapat memverifikasi bahwa ini memang Anda, jadi Anda tidak dapat masuk ke akun ini sekarang.

Awalnya saya pikir sedang ada masalah dengan Google tetapi setelah mencoba kembali dengan memasukan kode verifikasi ke dua yang dikirim via email recovery ternyata hasilnya tetap sama.

Bukti Reset Kata Sandi Akun Gmail Makin Susah – Tidak Bisa Lewat Email Pemulihan

Berikut adalah tampilan saat saya mencoba reset kata sandi akun Gmail menggunakan email pemulihan, setelah memasukan kode verifikasi dengan benar lalu Next, hasilnya malah tidak bisa sign in seperti terlihat pada gambar dibawah (kanan)

Duh Reset Kata Sandi Akun Gmail Ko Makin Susah

Namun ketika mencoba pakai akun Gmail lain kemudian saya pilih verifikasi via sms ke nomor hp dan hasilnya adalah sebagai berikut.

Bukti Reset Kata Sandi Akun Gmail Makin Susah - Tidak Bisa Lewat Email Pemulihan

Ternyata jika mencoba reset menggunakan nomor telepon aktif yang dulu pernah didaftarkan saya masih bisa mengubah password.

Kesimpulan :

  1. Saya tidak tahu apakah ini hanya error biasa atau memang ada perubahan kebijkaan, namun sudah lebih dari 1 minggu saya coba reset kata sandi akun Gmail pakai email pemulihan hasilnya selalu gagal.
  2. Segera amankan akun Gmail kamu terutama jika masih bisa sign in sedangkan no hp pemulihan sudah tidak aktif, segera daftarkan lalu verifikasi nomor baru tersebut.
  3. Jika sudah tidak bisa mengubah password yang lupa mau tidak mau kita harus membuat akun Gmail baru lagi.

Seperti terlihat dari dua gambar diatas sepertinya saat ini untuk reset kata sandi akun Gmail semakin susah karena hanya bisa dilakukan lewat verifikasi sms yang dikirim ke nomor HP.

Advertisement

Bagaimana sobat? apakah kamu masih bisa reset pakai email pemulihan atau justru sama seperti saya?

Latest Comments

  1. yanna kak yong Oktober 13, 2016
  2. ayiel Desember 12, 2016
    • Opik Desember 15, 2016