Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cetak Rekening Koran Mandiri, Cara dan Syaratnya

Opikini.com – Kali ini saya akan berbagi pengalaman cetak rekening koran Mandiri dengan periode 6 bulan terakhir yang ternyata syarat dan prosedurnya sangat mudah yaitu cukup membawa buku tabungan, e-ktp dan kartu ATM saja.

Advertisement

Proses mencetak rekening koran Mandiri bisa dilakukan dikantor cabang mana saja jadi tidak perlu ditempat kita membuka rekening, kecuali jika ingin mencetak lebih dari 1 tahun maka harus datang ke kantor cabang tempat kita membuka rekening.

Rekening koran ini kadang diperlukan untuk salah satu syarat ketika kita ingin mengajukan kredit rumah atau kendaraan maupun keperluan lain, dan tampilannya sangat sederhana yaitu berupa data rekening Mandiri yang kita miliki seperti nama, alamat, no rekening, cabang tempat kita buka tabungan, nomor kartu atm sedangkan dibagian bawah ada beberapa kolom yang terdiri dari tanggal transaksi, tanggal validasi, keterangan / rincian transaksi, debet/kredit dan terakhir saldo tabungan.

Print out rekening koran tabungan Mandiri, sekilas memang mirip dengan data yang ditampilkan ketika kita cetak mutasi rekening lewat Mandiri Online namun lebih lengkap dan lebih diakui sebagai dokumen resmi, nah bagi kamu yang belum tahu bagaimana dan apa saja syarat mencetak rekening koran Mandiri silahkan simak penjelasan berikut ini.

Syarat dan Cara Cetak Rekening Koran Mandiri

  1. Bawa buku tabungan, e-Ktp dan kartu ATM. Datang ke kantor cabang terdekat namun jika ingin mencetak lebih dari 1 tahun maka harus ke cabang tempat kita buka rekening.
  2. Setelah sampai di kantor cabang Mandiri, silahkan ambil antrian ke CS (tidak perlu isi form dulu).
  3. Jika sudah dipanggil beritahu kita ingin mencetak rekening koran dan beritahu juga periode awalnya kapan misalnya 6 bulan terakhir.
  4. Petugas biasanya akan menjelaskan ada biaya cetak rekening koran dan kita diberi pilihan apakah debet dari rekening atau bayar tunai.
  5. Tunggu sampai proses pencetakan selesai, berdasarkan pengalaman pribadi ketika meminta rekening koran 6 bulan terakhir prosesnya tidak sampai 15 menit sudah selesai yang lama itu antrinya.

Contoh Rekening Koran Mandiri

Cara Cetak Rekening Koran Mandiri

Gambat diatas merupakan salah satu contoh hasil print out rekening koran tabungan bank Mandiri, meskipun beberapa bagian saya blur karena menyangkut data pribadi tetapi setidaknya kamu bisa melihat bentuknya seperti apa.

Dari gambar diatas bisa disimpulkan kalau hasil cetakan rekening koran Mandiri berbeda dengan hasil cetakan mutasi rekening mandiri yang bisa kita print sendiri melalui mandiri online.

Berapa Biaya Mencetak Rekening Koran Bank Mandiri?

Ketika kemarin dua kali meminta rekening koran tabungan bankk Mandiri, biaya cetaknya adalah 2.500 per lembar jadi tidak perlu khawatir keluar uang banyak, kecuali transaksi rekening kamu ratusan per bulannya jelas akan semakin banyak lembarannya.

Namun untuk lebih detailnya berikut adalah biaya permintaan cetak rekening koran yang saya dapat dari situs resmi bank Mandiri.

#1 – Rekening Koran Mandiri Tabungan

  • Dikenakan biaya Rp2.500,- per lembar.

#2 – Mandiri Tabungan Rencana

  • Dikenakan biaya Rp3.000,- per lembar di luar rekening koran yang disampaikan bank secara triwulan.
  • Dikenakan biaya USD0,5 per lembar untuk mandiri tabungan rencana valas di luar rekening koran yang disampaikan bank secara triwulan.

#3 – Mandiri Giro Rupiah

Berikut ini adalah biaya per lembar, jadi totalnya tentu tergantung berapa banyak lembaran yang dicetak sesuai dengan periode yang diminta.

  • Kurang dari 3 bulan biayanya Rp2.500.
  • Lebih dari 3 s.d. 6 bulan biayanya Rp5.000
  • Lebih dari 6 s.d. 9 bulan biayanya Rp10.000
  • Lebih dari 9 s.d. 12 bulan biayanya Rp15.000
  • Lebih dari 12 bulan biayanya Rp20.000

Catatan : Untuk melihat lebih jelas maka kamu bisa cek biaya cetak terbaru melalui halaman bank Mandiri berikut ini.

Apakah Cetak Rekening Koran Mandiri Bisa Diwakilkan?

Proses mencetak rekening koran di Bank Mandiri ternyata bisa diwakilkan dengan catatan kita membawa surat kuasa yang sudah ditanda tangani diatas materai yang menjelaskan bahwa kita diberi kuasa untuk melakukan proses pencetakan tersebut.

Informasi ini saya dapatkan dari CS Bank Mandiri ketika menanyakan apakah bisa saya mencetak rekening koran milik orang lain misalnya istri atau suami dan jawabannya bisa asal membawa surat kuasa.
Namun hal ini berbeda dengan bank BCA karena ketika saya tanyakan pertanyaan yang sama jawabannya tidak bisa, tapi entah kalau dicabang lain.

Catatan : Kebijakan ini bisa saja berbeda disetiap cabang jadi kalau kamu mendatangi salah satu kantor cabang bank Mandiri dan jawabannya tidak bisa diwakilkan maka coba cari cabang lain.

Akhir kata, bagi kamu yang ingin cetak rekening koran Mandiri caranya cukup datang ke kantor cabang terdekat dengan membawa buku tabungan, kartu debit, dan e-KTP.

Sedangkan jika mewakili orang lain maka harus membawa surat kuasa dan bagi yang ingin mencetak lebih dari 1 tahun maka harus datang ke cabang tempat kita membuka tabungan.

Untuk biaya per lembarnya saat ini adalah 2.500 rupiah jadi tidak mahal, yang mahal itu untuk jenis giro rupiah bukan tabungan biasa.

Advertisement