Advertisement

Kartu ATM BCA Dollar, Kelebihan dan Cara Membuatnya

Advertisement

ATM BCA Dollar – Mungkin jenis ini masih asing di telingga kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai aspek terkait penggunaan rekening dollar di Bank Central Asia (BCA).

Dari cara tarik tunai hingga kelebihan dan kekurangannya, kita akan memberikan informasi terperinci untuk memastikan Anda memanfaatkan layanan ini dengan maksimal. Mari kita mulai dengan membahas kelebihan dan kekurangan penggunaan ATM BCA Dollar.

Kartu ATM BCA Dollar

Kartu ATM BCA Dollar
IMG: bca.co.id

Kartu ATM BCA Dollar adalah jenis kartu yang dikeluarkan oleh Bank Central Asia (BCA) khusus untuk nasabah yang memiliki rekening dalam mata uang asing, seperti USD atau SGD.

Advertisement

Kartu ini memiliki fungsi ganda sebagai kartu identitas rekening serta kartu ATM BCA, memungkinkan pemiliknya untuk melakukan berbagai transaksi finansial dengan mudah.

Dengan menggunakan Kartu ATM BCA Dollar, nasabah dapat mengakses dan mengelola rekening mereka secara praktis melalui berbagai channel e-Banking BCA, seperti internet banking, mobile banking, atau mesin ATM. Dengan demikian, Kartu ATM BCA Dollar menjadi alat yang sangat berguna bagi mereka yang sering berurusan dengan transaksi dalam mata uang asing.

Keuntungan Kartu BCA Dollar untuk Transaksi Lebih Mudah

Halo semua! Apakah kamu sering melakukan transaksi dalam mata uang asing seperti USD atau SGD? Jika iya, maka Kartu BCA Dollar bisa menjadi teman setia kamu dalam mengelola keuangan. Artikel ini akan membahas berbagai manfaat dari Kartu BCA Dollar serta beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui. Mari kita mulai!

1. Banyak Pilihan Mata Uang

Salah satu keunggulan utama dari Kartu BCA Dollar adalah kemampuannya untuk bertransaksi dalam mata uang USD dan SGD. Ini memungkinkan kamu untuk lebih fleksibel dalam mengelola keuangan dalam mata uang asing, terutama jika kamu sering berurusan dengan transaksi internasional.

2. Praktis dan Multifungsi

Kartu BCA Dollar bukan hanya sekadar kartu identitas rekening, namun juga berfungsi sebagai Kartu ATM BCA. Dengan satu kartu, kamu bisa mengakses rekening dan melakukan transaksi dengan lebih mudah dan praktis. Tak perlu repot membawa banyak kartu, cukup satu Kartu BCA Dollar untuk segala kebutuhan transaksimu.

3. Kemudahan Melalui Channel e-Banking BCA

Akses rekening dan lakukan transaksi kapan saja dan di mana saja melalui berbagai pilihan channel e-Banking BCA. Kamu bisa menggunakan internet banking, mobile banking, atau bahkan ATM BCA untuk mengakses dan mengelola rekening BCA Dollarmu. Praktis, bukan?

Manfaat Kartu ATM BCA Gold, Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum Buka Rekening BCA Dollar, Ini wajib Diketahui.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan Kartu BCA Dollar:

  1. Fluktuasi Suku Bunga: Ingatlah bahwa suku bunga BCA Dollar dapat mengalami fluktuasi sesuai dengan perkembangan pasar. Pastikan kamu selalu memantau dan memahami perubahan ini.
  2. Jaga Kerahasiaan PIN: Selalu jagalah kerahasiaan PIN Kartu BCA Dollarmu. Jangan pernah membagikannya atau memberitahukannya kepada orang lain. Keamanan rekeningmu adalah prioritas kami.
  3. Tidak Tersedia Rekening Gabungan: Harap dicatat bahwa fasilitas rekening gabungan (joint account) tidak tersedia untuk BCA Dollar. Rekening ini hanya dapat dipegang oleh satu individu.
  4. Saldo Nol dan Tidak Ada Transaksi Selama 18 Bulan: Perlu diingat bahwa apabila saldo dalam rekening BCA Dollarmu mencapai nol dan tidak ada transaksi yang dilakukan selama 18 bulan berturut-turut, maka rekening tersebut dapat dinonaktifkan oleh bank.

Jadi, memahami manfaat dan hal-hal penting yang perlu diperhatikan, kamu dapat memaksimalkan penggunaan Kartu BCA Dollar untuk kebutuhan transaksimu. Jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan BCA jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut. Semoga artikel ini membantu kamu dalam mengelola keuangan dengan lebih mudah dan efisien!

Cara Tarik Tunai BCA Dollar

Tarik tunai dari rekening BCA Dollar dapat dilakukan melalui mesin ATM yang mendukung transaksi dalam mata uang asing. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masukkan kartu ATM BCA Anda ke mesin ATM.
  2. Pilih bahasa yang diinginkan.
  3. Masukkan PIN ATM Anda.
  4. Pilih opsi “Tarik Tunai” atau “Withdrawal”.
  5. Pilih mata uang dollar sebagai pilihan penarikan.
  6. Masukkan jumlah dana yang ingin ditarik.
  7. Ambil uang tunai dan simpan dengan aman.

Biaya, Limit, dan Suku Bunga Kartu ATM BCA Dollar

Ini Menarik! Sekarang, mari kita bahas beberapa informasi penting mengenai biaya, limit, dan suku bunga dari Kartu ATM BCA Dollar. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami lebih detail tentang fitur-fitur yang ditawarkan. Yuk, kita simak bersama!

Suku Bunga BCA Dollar

Suku bunga pada rekening BCA Dollar berlaku efektif mulai tanggal 15 September 2023. Berikut adalah daftar suku bunga untuk masing-masing saldo dalam mata uang USD dan SGD:

BCA Dollar USD:

  • Saldo < 100 USD: 0,00% per tahun
  • Saldo ≥ 100 – < 10.000 USD: 0,08% per tahun
  • Saldo ≥ 10.000 – < 100.000 USD: 0,08% per tahun
  • Saldo ≥ 100.000 – < 150.000 USD: 0,25% per tahun
  • Saldo ≥ 150.000 USD: 0,80% per tahun

BCA Dollar SGD:

  • Saldo < 200 SGD: 0,10% per tahun
  • Saldo ≥ 200 SGD: 0,10% per tahun

Biaya yang Perlu Kamu Ketahui penggunaan ATM BCA Dollar

Sama halnya dengan Jenis ATM BCA lainnya, Untuk tipe ini juga Ada beberapa biaya terkait dengan penggunaannya yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah rinciannya:

  • Biaya Pajak Penghasilan: Sebesar 20% dari nominal bunga yang kamu peroleh.
  • Biaya Administrasi Bulanan: USD 1 atau SGD 2.
  • Biaya Transfer Antar Bank: Bergantung pada metode pengiriman dana, bisa gratis hingga Rp50.000,-.
  • Biaya Outward Remittance (OR): Untuk pengiriman uang dalam mata uang yang sama, gratis atau 0,125% dari jumlah yang dikirim (minimum USD 5, maksimum USD 150).
  • Biaya Penutupan Rekening: USD 5 atau SGD 2.

Limit Transaksi Harian

Selain itu, Kalian juga harus mengetahui batasan dalam melakukan transaksi menggunakan Kartu ATM BCA Dollar. Berikut adalah limit harian untuk berbagai jenis transaksi:

  • Melalui ATM BCA:
    • Tarik Tunai: Rp10.000.000,- (ekuivalen)
    • Transfer antar Rekening BCA: Rp25.000.000,- (ekuivalen)
  • Melalui m-BCA:
    • Transfer antar Rekening BCA: Rp25.000.000,- (ekuivalen)
  • Melalui myBCA:
    • Transfer ke Rekening BCA milik sendiri: Tidak dibatasi
    • Transfer antar Rekening BCA: Rp300.000.000,- (ekuivalen)
    • Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless): Rp15.000.000,- (ekuivalen)
  • Melalui Internet Banking:
    • Transfer antar Rekening BCA: Rp500.000.000,- (ekuivalen)

Perubahan terakhir limit transaksi berlaku pada tanggal 25 Januari 2023.

Setoran dan Tarikan Banknotes

Kemudian. untuk setoran dan tarikan Banknotes, terdapat beberapa kondisi khusus yang perlu kamu ketahui. Misalnya, setoran dalam kondisi fisik yang tidak mulus atau dengan denominasi kecil dapat dikenakan provisi sebesar 0,25%.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang menggunakan Kartu ATM BCA Dollar. Jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan BCA jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut.

Manfaat Kartu ATM BCA Gold, Kelebihan dan Kekurangannya

Transfer BCA Dollar ke BCA Rupiah

Proses Transfer

Untuk melakukan transfer dari rekening BCA Dollar ke BCA Rupiah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan kartu ATM BCA Anda ke mesin ATM.
  2. Pilih bahasa yang diinginkan.
  3. Masukkan PIN ATM Anda.
  4. Pilih opsi “Transfer” atau “Transfer Funds”.
  5. Pilih sumber rekening (BCA Dollar).
  6. Pilih tujuan rekening (BCA Rupiah).
  7. Masukkan jumlah dana yang ingin ditransfer.
  8. Konfirmasikan transaksi dan simpan bukti transaksi.

Buka Rekening BCA Dollar Online

Apakah bisa membuka Rekening BCA Dolar Online?  Bagi kalian yang ingin membuka rekening di Bank BCA, saya akan memberikan panduan lengkap mengenai persyaratan dan tata cara yang perlu kalian ketahui. Pastikan kalian sudah memiliki kartu identitas sebelum memulai proses ini.

Persyaratan dan Tata Cara

Pertama, untuk membuka rekening di Bank BCA, kalian perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  1. Nasabah Perorangan: Proses pembukaan rekening ini hanya berlaku untuk nasabah perorangan, baik itu WNI maupun WNA, yang telah memiliki kartu identitas.
  2. Mengisi Formulir Aplikasi: Langkah selanjutnya adalah mengisi dan menyetujui formulir aplikasi pembukaan rekening. Jangan khawatir, formulir ini disusun dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti.
  3. Menyiapkan Dokumen: Selanjutnya, pastikan kalian menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Untuk nasabah perorangan dewasa, kalian akan membutuhkan kartu identitas seperti KTP-el untuk WNI atau paspor untuk WNA. Jika kalian adalah WNA, jangan lupa juga untuk menyertakan Kartu Ijin Tinggal (KITAS/KITAP). Untuk WNI, pastikan kalian juga memiliki NPWP.

    Catatan: Jika kalian belum atau tidak memiliki NPWP, jangan khawatir. Kalian dapat menggantikannya dengan Surat Pernyataan tidak memiliki NPWP.

Konfirmasi Buka Rekening BCA dolar Online.

Jika kalian memiliki pertanyaan atau ingin menyampaikan pengaduan seputar proses pembukaan rekening, kalian dapat menghubungi BCA melalui berbagai cara berikut:

  • Halo BCA di nomor 1500888
  • Email: halobca@bca.co.id
  • Mengirim pesan melalui WhatsApp di +628111500998

Selain itu, kalian juga dapat mengunjungi situs web resmi BCA di www.bca.co.id atau mengikuti media sosial resmi BCA seperti Facebook (GoodLife BCA), Instagram (@goodlifebca), Youtube (Solusi BCA), dan Twitter (@BankBCA) untuk mendapatkan informasi terbaru dan tips keuangan yang bermanfaat.

Jangan ragu untuk menghubungi kami, kami siap membantu kalian dalam proses pembukaan rekening di Bank BCA. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua!

Biaya Admin BCA Dollar

Sebagai pemegang rekening BCA Dollar, kamu mungkin dikenakan biaya administrasi tambahan. Pastikan untuk memeriksa tarif dan biaya yang berlaku dari Bank Central Asia atau menghubungi customer service untuk mendapatkan informasi terbaru.

Cara Membeli Dollar di Bank BCA

Untuk membeli dollar di Bank BCA, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi cabang BCA terdekat.
  2. Bawa identifikasi diri (KTP atau paspor) dan formulir pembelian mata uang asing yang disediakan oleh bank.
  3. Isi formulir dengan informasi yang diperlukan.
  4. Tentukan jumlah dana yang ingin ditukar dengan dollar.
  5. Tunggu proses konversi dan terima mata uang dollar Anda.

Apa Bukti Kepemilikan BCA Dollar

Bukti kepemilikan BCA Dollar dapat berupa buku tabungan atau rekening koran yang menunjukkan saldo dan transaksi terkait rekening tersebut. Anda juga dapat meminta bukti kepemilikan dari cabang atau layanan customer service Bank Central Asia.

Jenis Kartu ATM Mandiri Terbaru dan Limitnya

Kesimpulan

Menggunakan ATM BCA Dollar dapat menjadi pilihan yang cerdas dalam mengelola keuangan Anda, terutama jika Anda sering melakukan transaksi internasional atau ingin diversifikasi portofolio finansial Anda. Namun, penting untuk memahami kelebihan, kekurangan, dan prosedur terkait penggunaan rekening ini. Jangan lupa untuk selalu memantau nilai tukar mata uang asing dan biaya administrasi yang berlaku. Dengan informasi yang tepat, Anda dapat memaksimalkan manfaat dari rekening BCA Dollar. Semoga artikel ini membantu Anda dalam perencanaan keuangan Anda!