Tampilan WhatsApp Baru Membuat Bingung?

Advertisement

Sudah mencoba tampilan WhatsApp baru di Android? ternyata update kali ini lumayan membuat bingung pengguna termasuk saya dan beberapa teman, kenapa bingung? karena walau memakai versi yang sama tetapi jika OS Android yang digunakan berbeda maka tampilannya bisa beda, ko bisa?

Entah kenapa tetapi setelah membandingkan aplikasi WhatsApp di HP Android KitKat, Jelly Bean dan Android 2 atau Gingerbread ternyata ada beberapa perbedaan, walau menginstall versi terbaru atau versi yang sama.

Yang tampak jelas adalah pada WA di Android dengan os minimal Jelly Bean adanya dihapus atau hilangnya tab Kontak, ada tambahan tab Status disebelah tab chatting yang berfungsi untuk update status WhatsApp berupa gambar bergerak (video) maupun foto dan akan hilang setelah 24 jam jadi tidak ada lagi opsi untuk update status berupa teks atau kata-kata dan ada icon kamera di tab paling kiri untuk memudahkan kita saat ingin mengirim foto via WhatsApp.

Tampilan WhatsApp Baru – Update Februari 2017

Bagi yang belum sempat melakukan update berikut adalah tampilan aplikasi WA terbaru di Android dengan terakhir update pada tanggal 22 Feb 2017.

Tampilan WhatsApp Baru - Update Februari 2017

Seperti terlihat pada gambar diatas, tab kontak sudah tidak ada dan  gambar kiri adalah tampilan WhatsApp di HP Android Jelly Bean, untuk membuka kontak caranya lewat tombol kontak yang ada disebelah tombol pencarian.

Sedangkan di KitKat, untuk mencari kontak WhatsApp caranya tap tombol kontak yang ada di bawah tab Chatting, berbeda bukan posisinya dengan Jelly Bean padahal versi yang digunakan sama.

Jadi buat yang bingung dimana mencari menu untuk membuka kontak WhatsApp caranya adalah pilih tab Chatting dulu tap icon kontak seperti terlihat pada kedua gambar diatas yang diberi tanda panah merah.

Perbedaan lain yang saya dapatkan adalah, WA pada Android 2, masih ada menu status teks tetapi percuma saja karena aplikasi WhatsApp saat ini sudah tidak menampilkan status berupa teks lagi tetapi hanya berupa video atau foto.

Tidak percaya? silahkan buka kontak WhatsApp lalu perhatikan satu per satu, apakah ada tulisan yang berisi status dibawah nama kontak seperti pada versi sebelumnya? saya yakin tidak ada lagi karena sudah mencoba pakai 3 HP dengan OS Android berbeda termasuk gingerbread.

Kesimpulan, tampilan WhatsApp baru ini memang sedikit membuat bingung tetapi pada intinya adalah hanya menghapus menu status dan sekarang berubah menjadi tab status tetapi hanya bisa berupa video dan foto yang akan hilang kembali setelah 24 jam.

Advertisement

Selain itu tidak ada perubahan signifikan kecuali penambahan tab camera dan perubahan cara mencari kontak yang sekarang hanya bisa dilihat setelah kita pilih tab Chatting.