Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

WhatsApp Business Cocok Buat Pemilik Toko Online?

Whatsapp business memiliki beberapa fitur unggulan yang tidak ada pada WhatsApp versi reguler sehingga sangat cocok bagi pemilik toko online yang masih menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan konsumen atau calon pembeli.

Advertisement

Dengan menggunakan akun bisnis di WhatsApp maka komunikasi dengan konsumen akan lebih mudah contohnya kita bisa atur auto reply atau balasan otomatis ketika ada pembeli yang mengirim pesan, bahkan kita juga bisa atur balasan ketika ada pesan masuk saat toko tutup sehingga calon pembeli bisa langsung tahu kalau saat itu toko sedang tutup.

Kelebihan lain dari WhatsApp bisnis adalah adanya fitur balas cepat dimana kita bisa atur isi balasan yang diinginkan, misalnya balasan berupa no rekening toko online, harga, stok dan lainnya sehingga kita tidak perlu menulis berkali-kali saat ada orang yang bertanya.

Cara Daftar WhatsApp Business

Untuk membuat akun bisnis tidak berbeda jauh dengan saat membuat akun WhatsApp biasa yaitu download aplikasinya dari Google Play Store ini lalu daftar menggunakan nomor HP yang masih aktif.

Penting : nama akun di WhatsApp bisnis saat ini tidak bisa diubah jadi sekali kamu buat maka selamanya akan menggunakan nama akun tersebut, oleh karena itu pikirkan baik-baik nama akun saat proses pendaftaran.

Cara Daftar dan Fitur WhatsApp Business

Baca juga : Install dua WhatsApp di HP Samsung.

Setelah akun selesai dibuat, selanjutnya kita bisa langsung membuat pengaturan seperti mengubah foto profil, menentukan kategori bisnis, jam operasional maupun halaman web dengan mengakses menu SetelanSetelan Bisnis.

itur WhatsApp Business

Dari menu yang sama kita juga bisa mengatur salam, pesan diluar jam kerja maupun balas cepat. Jika sudah diaktifkan maka saat ada yang mengirim pesan akan muncul seperti gambar berikut ini.

Auto reply whatsapp

Gambar kanan merupakan tampilan untuk balas cepat, caranya kita tinggal ketik tanda garis miring (/) dan nanti akan muncul teks untuk membalas yang bisa kita pilih.

Baca juga : Membatalkan pesan terikirim di WhatsApp.

Apa Saja Fitur WhatsApp Business?

  1. Bisa berjalan bersamaan dengan WhatsApp biasa, artinya kita bisa install dua WhatsApp yaitu versi reguler dan versi bisnis di satu HP yang sama.
  2. Bisa daftar menggunakan fixed line maupun no telepon seluler.
  3. Ada fitur balas cepat, balas otomatis maupun salam.
  4. Pada halaman profil akan muncul keterangan akun bisnis, deskripsi bisnis, jam operasional maupun halaman web.
  5. Nama akun (nama tampilan) tidak bisa diubah seperti akun WhatsApp reguler.

Kesimpulan : WhatsApp business memang sangat cocok bagi yang berjualan online dan masih menggunakan WhatsApp untuk komunikasi, dengan versi ini komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat karena dilengkapi dengan fitur balas otomatis, balas cepat dan lainnya.

Menariknya versi bisnis ini bisa dipasang bersamaan dengan versi reguler sehingga jika kamu ingin menginstall WhatsApp bisnis tidak perlu ganti / membeli hp baru, cukup install pada hp yang sama lalu buat akun bisnis.

Advertisement