Apa Perbedaan Honda Vario 125 CBS dan ISS?

Advertisement

Apa perbedaan Honda vario 125 cbs dan iss? itu adalah pertanyaan dalam hati ketika memutuskan untuk membeli motor vario 125 terbaru tahun 2018 ini untuk menggantikan motor matic Honda Beat yang tampaknya sudah mulai lelah dan beberapa kali mogok bahkan harus sampai ganti ecu karena kelistrikan mati.

Sebelum lanjut membahas apa saja perbedaan vario vario 125 eSP dan vario 125 eSP CBS ISS, perlu diketahui dulu apa itu CBS apa itu ISS yang ada pada motor matic Honda?, sederhanya CBS adalah singkatan dari Combi Brake System sedangkan ISS adalah singkatan dari Idling Stop System.

Combi Brake System (CBS) ini menggabungkan pengereman depan dan belakang sehingga saat kita tekan tuas rem sebelah kiri maka kedua rem yaitu depan dan belakang akan bekerja secara bersamaan, bahasa mudahnya ketika kita rem belakang maka rem depan akan ikut mengerem.

Salah satu ciri motor matic Honda sudah CBS adalah adanya stiker bertuliskan Combi Brake System pada bagian spakbor depan seperti terlihat pada gambar berikut.

Honda Vario 125 CBS

Sedangkan Idling Stop System (ISS) adalah sistem yang akan mematikan motor jika berhenti minimal 3 detik misalnya saat lampu merah, saat akan isi bensin yang diklaim membuat lebih hemat bahan bakar.

Motor dengan sistem iss akan mati sendirnya jika diam beberapa detik dan bisa langsung hidup lagi saat kita gas, jadi tidak perlu starter seperti saat akan menghidupkan motor pertama kali.

Motor matic dengan fitur ISS biasanya dilengkapi dengan tombol untuk on/off sehingga kita bisa pilih mau aktifkan fitur ISS atau tidak, pada vario 125 CBS ISS letaknya ada di handle kanan dengan tulisan IDLING dan IDLING STOP seperti terlihat pada gambar berikut (yang dilingkari)

Apa Perbedaan Honda Vario 125 CBS dan ISS?

Jadi jika kita tidak ingin motor mati sendiri saat berhenti di lampu merah cukup tekan tombol tersebut ke posisi IDLING sedangkan jika ingin mengaktifkan ISS maka pilih ke posisi IDLING STOP dan nanti saat aktif (motor mati) maka lampu indikator berwarna hijau akan berkedip-kedip.

Baca juga : cara cek pajak motor Kabupaten Bogor.

Lalu Apa Perbedaan Honda Vario 125 CBS dan ISS?

Sebetulnya tidak banyak perbedaan antara kedua jenis motor matic cbs dan iss ini, yang membedakan secara garis besarnya adalah:

#1 – Warna

Pada motor Honda Vario 125 eSP CBS saat ini tersedia dalam 2 varian warna yaitu Titanium Black, Sonic White Red sedangkan ISS tersedia dalam 3 warna yaitu Bionic Red, Vigor Black, Sonic White red.

#2 – Fitur

Yang mebedakan antara Vario 125 CBS dan Vario 125 ISS tentu saja fiturnya, kalau CBS hanya dilengkapi dengan sistem pengereman ganda sedangkan ISS memiliki fitur yang dimiliki oleh Vario CBS ditambah ISS (Idling Stop System).

#3 – Harga

Untuk Honda Vario 125 CBS dijual lebih murah dibandingkan CBS ISS, dan ini tentu tergantung daerah masing-masing karena biasanya harga OTR berbeda namun kalau tidak salah rata-rata perbedaan harganya sekitar 600 ribuan.

Kalau Vario 125 eSP CBS dijual dengan harga mulai dari 18.475.000 sedangkan untuk Vario 125 CBS – ISS dijual dengan harga mulai dari 19.075.000 (referensi harga : AHM)

Ko perbedaanya cuma sedikit?

Berdasarkan pantauan admin ketika datang ke salah satu dealer motor Honda, kesimpulannya perbedaan yang signifikan antara vario 125 CBS dengan Vario 125 CBS ISS memang cuma 3 itu.

Karena beberapa fitur dan kelengkapan seperti velg, kapasitas tangki dan lainnya sama saja.

Pilih Vario 125 CBS atau vario 125 CBS ISS?

Sepertinya ini kembali pada selera dan budget, karena seperti yang dijelaskan diatas yang sangat terlihat perbedaan anatar keduanya hanya 3 item diatas.

Kalau dana terbatas dan tidak terlalu perlu Idling Stop System maka memilih Honda Vario 125 CBS pun sepertinya sudah cukup karena keduanya sama-sama sudah menggunakan lampu depan LED, sistem starter ACG, ban tubless dan ruang penyimpanan (box) kapasitas 18 liter.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai perbedaan Honda Vario 125 CBS dan ISS, semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi membedakan keduanya. Baca juga : cara cek pajak kendaraan bermotor online Jabar.

Advertisement

Leave a Reply