Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengalaman Beli Motor Cash, Mudah Tapi Tidak Dapat Potongan

Opikini.com | Halo sobat pembaca, kali ini admin akan berbagi sedikit pengalaman beli motor cash tepatnya motor matic Honda Vario 125 CBS ISS secara tunai tidak kredit dengan alasan malas ribet dengan urusan leasing yang mana harus survey dan segala macam.

Advertisement

Belum lagi admin saat ini tidak memiliki slip gaji, alamat tempat tinggal dengan KTP berbeda yang pada intinya sangat kecil kemungkinan jika mengajukan kredit motor akan disetujui.

Selain alasan syarat kredit yang sulit terpenuhi, alasan lain membeli motor bayar cash adalah karena admin malas memiliki hutang lagi jadi lebih pilih untuk menabung sedikit demi sedikit sampai terkumpul dana yang cukup untuk membeli motor Honda Vario 125 CBS ISS yang saat tulisan ini dibuat harga OTR di Kabupaten Bogor adalah 19.625.000.

Pengalaman Beli Motor Cash, Mudah Tidak Dipesulit Tapi Tidak Dapat Potongan

Setelah mengalami sendiri ternyata membeli motor baru secara cash di dealer AHASS itu tidak sulit, yaitu cukup pilih motor yang diinginkan sesuai dengan dana yang kita miliki dan bawa KTP yang nantinya akan digunakan untuk nama pemilik kendaraan tersebut di BPKB dan STNK, dan jika disingkat berikut adalah pengalaman admin.

  1. Datang ke salah satu dealer motor besar terdekat lalu cari petugasnya dan beritahu ingin membeli motor secara tunai.
  2. Setelah kita menemukan tipe dan warna yang diinginkan lalu petugas akan menghitung berapa biaya yang harus dibayar.
  3. Tanyakan kepada kasir apakah pembayaran harus tunai atau bisa via transfer bank. Kebetulan didealer tempat admin beli bisa bayar via transfer lewat internet banking namun tetap saja diminta tanda jadi sebesar 500.000. Sebagai catatan untuk pembelian secara tunai ternyata dikenakan biaya ACC Tahun sebesar 300.000Pengalaman Beli Motor Cash, Mudah Tidak Dipesulit Tapi Tidak Dapat PotonganCatatan : admin lupa menanyakan biaya 300.000 itu detailnya untuk apa aja 🙂 karena memang sedang malas ribet tanya-tanya.
  4. Setelah pembayaran selesai kita tinggal menunggu motor dan dokumen disiapkan kemudian akan dikirim ke rumah pada hari itu juga jika memang stok motor sedang ada.

Jadi pada intinya untuk membeli motor baru secara cash hanya cukup bayar sesuai dengan jumlah biaya yang harus dibayar dan serahkan ktp untuk nama pemilik kendaraan bermotor dan tunggu dokumen seperti buku servis, buku panduan, bonus jika ada (misalnya helm).

Singkat cerita setelah menunggu sekitar 3 jam, admin mendapat beberapa kali telepon dari dealer tersebut untuk konfirmasi pembelian motor dengan menanyakan nama serta jenis motor dan warnanya.

Kemudian ada telepon lagi yang memberitahu kapan motor akan dikirim, dan ternyata sekitar pukul 18:30 WIB motor vario 125 CBS ISS yang admin beli secara kontan sampai juga ke rumah.

Pengalaman Beli Motor Cash, Mudah Tapi Tidak Dapat Potongan

Apakah Mendapat Potongan atau Cashback?

Kebetulan waktu admin beli, tidak mendapat potongan harga sama sekali apalagi cashback 🙁 mungkin ini bisa berbeda jika jenis motor atau lokasi kita membeli berbeda, tapi berdasarkan penelusuran admin memang untuk pembelian motor cash jarang ada yang memberikan diskon.

Bonus Apa Saja Yang Didapat Dalam Paket Pembelian Vario 125 CBS ISS?

Standar saja bonusnya seperti helm Honda, dudukan plat nomor, kunci busi jadi tidak ada yang istimewa.

Apakah Mendapat Asuransi?

Tidak, untuk asuransi kita harus membayar lagi dan karena kebetulan biayanya cukup mahal yaitu 1.300.000 untuk asuransi TLO setahun jadi admin urungkan ikut asuransi motor dan lebih memilih mencari sendiri dan sepertinya biaya preminya tidak sampai jutaan per tahunnya. Untuk asuransi mungkin akan admin update pada kesempatan berikutnya.

Apakah Dipersulit?

Berdasar pengalaman admin tidak dipersulit, namun kasir, teller atau petugas lain sepertinya kurang informatif karena tidak menyampaikan informasi tambahan secara detail termasuk ketika admin tanya tentang asuransi, jawabanya langsung menyebutkan biaya premi per tahun saja tidak mau merinci terlebih dahulu apa nama asuransinya dan lain sebagainya.

Pilih Beli Motor Baru Cash atau Kredit?

Menurut admin itu tergantung kebutuhan dan pertimbangan masing-masing tapi kalau admin pribadi lebih baik menabung dulu lalu membeli secara kontan karena tidak perlu membayar bunga yang kalau dihitung-hitung untuk kredit selama 23x selesihnya bisa hampir 6 jutaan dibanding cash. Itu kalau cuma 23 bulan bagaimana kalau kredit sampai 35 bulan tentu akan lebih banyak lagi uang yang harus dikeluarkan.

Demikianlah sedikit pengalaman beli motor cash langsung dari dealer, tidak sulit dan cepat prosesnya tapi mungkin ini tidak 100% disemua tempat apalagi jika merk yang dibeli bukan Honda misalnya Yamaha atau motor yang ingin kita beli baru keluar dan memang harus indent terlebih dahulu, jadi mohon maaf jika pengalaman admin berbeda dengan kenyataan dilapangan karena tentu ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi. Baca juga : Bayar Angsuran FIF Lewat BCA.

Advertisement