Advertisement

Cara Aktifkan NFC Livin Mandiri untuk Transaksi Lebih Mudah

Advertisement

Hai, apa kabar Pengujung setia opikini.com? Semoga kamu sehat dan bahagia selalu ya.

Kamu pasti sudah tahu dong tentang Livin Mandiri, aplikasi mobile banking dari Bank Mandiri yang bisa membantu kamu melakukan berbagai transaksi finansial dengan mudah dan cepat. Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah kamu bisa menggunakan NFC (Near Field Communication) untuk melakukan transaksi tanpa kontak fisik.

NFC adalah teknologi yang memungkinkan dua perangkat untuk berkomunikasi dengan jarak dekat, biasanya kurang dari 10 cm. Dengan NFC, kamu bisa melakukan pembayaran, top up, atau cek saldo dengan hanya menempelkan smartphone atau kartu e-money kamu ke mesin pembaca. Wow, keren banget kan?

Cara Aktifkan NFC Livin Mandiri

Advertisement

Nah, di artikel ini, saya akan berbagi dengan kamu cara aktifkan NFC Livin Mandiri untuk transaksi lebih mudah. Cara ini sangat berguna jika kamu ingin melakukan transaksi tanpa harus mengeluarkan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi jika kamu lupa bawa dompet atau kartu. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini.

#1: Pastikan Smartphone Kamu Mendukung NFC

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan smartphone kamu mendukung NFC. NFC adalah fitur yang tidak semua smartphone memiliki. Biasanya, smartphone kelas menengah ke atas yang sudah dilengkapi dengan NFC. Kamu bisa cek apakah smartphone kamu mendukung NFC dengan cara berikut:

  • Buka menu Pengaturan di smartphone kamu.
  • Cari menu Koneksi Nirkabel atau Wireless and Networks.
  • Cari menu NFC atau Tap and Pay.
  • Jika kamu menemukan menu tersebut, berarti smartphone kamu mendukung NFC. Jika tidak, berarti smartphone kamu tidak mendukung NFC.

#2: Aktifkan NFC di Smartphone Kamu

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan NFC di smartphone kamu. NFC adalah fitur yang harus kamu nyalakan terlebih dahulu sebelum kamu bisa menggunakannya. Kamu bisa mengaktifkan NFC dengan cara berikut:

  • Buka menu Pengaturan di smartphone kamu.
  • Cari menu Koneksi Nirkabel atau Wireless and Networks.
  • Cari menu NFC atau Tap and Pay.
  • Geser tombol untuk menghidupkan NFC. Jika tombol berwarna hijau, berarti NFC sudah aktif.

#3: Unduh dan Buka Aplikasi Livin Mandiri

Langkah ketiga yang harus kamu lakukan adalah mengunduh dan membuka aplikasi Livin Mandiri di smartphone kamu. Livin Mandiri adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mandiri yang bisa kamu gunakan untuk melakukan berbagai transaksi finansial dengan mudah dan cepat. Kamu bisa mengunduh aplikasi Livin Mandiri di App Store, Google Play, atau AppGallery. Kamu juga bisa klik di sini untuk mengunduh aplikasi Livin Mandiri.

Setelah kamu mengunduh aplikasi Livin Mandiri, buka aplikasi tersebut dan login dengan menggunakan username dan password yang kamu buat saat registrasi. Jika kamu belum memiliki akun Livin Mandiri, kamu bisa daftar akun Livin Mandiri dengan mudah melalui aplikasinya. Kamu juga bisa menghubungi customer service Bank Mandiri di nomor 14000 untuk bantuan lebih lanjut.

#4: Pilih Menu Tap to Pay

Setelah kamu login ke aplikasi Livin Mandiri, kamu akan melihat berbagai menu yang tersedia. Kamu bisa geser layar ke kanan atau ke kiri untuk melihat menu lainnya. Untuk mengaktifkan NFC Livin Mandiri, kamu bisa pilih menu Tap to Pay yang ada di bagian bawah layar. Menu ini berbentuk ikon smartphone dengan tanda NFC. Kamu bisa lihat gambar berikut ini untuk contohnya.

# 5: Ikuti Instruksi yang Diberikan

Setelah kamu pilih menu Tap to Pay, kamu akan diminta untuk mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi Livin Mandiri. Instruksi ini berbeda-beda tergantung pada jenis transaksi yang kamu ingin lakukan.

Misalnya, jika kamu ingin melakukan pembayaran, kamu bisa pilih menu Bayar, lalu tempelkan smartphone kamu ke mesin pembaca yang ada di tempat pembayaran.

Apabila kalian ingin melakukan top up, kamu bisa pilih menu Top Up, lalu tempelkan kartu e-money kamu ke smartphone kamu. Jika kalian ingin melakukan cek saldo, silahkan pilih menu Cek Saldo, lalu tempelkan kartu e-money kamu ke smartphone kamu.

Selamat, kamu berhasil mengaktifkan NFC Livin Mandiri untuk transaksi lebih mudah. Mudah dan praktis kan?

Cara Mengganti Nomor Livin Mandiri yang Hilang dengan Mudah

Kesimpulan

Nah, itu dia cara aktifkan NFC Livin Mandiri untuk transaksi lebih mudah yang bisa kamu coba. Dengan cara ini, kamu tidak perlu khawatir lagi jika kamu ingin melakukan transaksi tanpa kontak fisik. Kamu hanya perlu menggunakan smartphone atau kartu e-money kamu dan aplikasi Livin Mandiri. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Livin Mandiri sekarang juga dan nikmati berbagai kemudahan transaksi finansial lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menarik untuk kamu. Jika kamu punya pertanyaan, saran, atau pengalaman tentang cara aktifkan NFC Livin Mandiri, silakan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.