Cara COD di Lazada atau Belanja Bayar Ditempat

Cara COD di Lazada atau belanja bayar di tempat bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin membayar belanja di Lazada tetapi tidak ada ATM maupun m banking karena bisa membayar cash saat barang datang ke rumah.

Advertisement

Meskipun sebetulnya jika tidak ada ATM kita bisa membayar di Indomaret, pakai aplikasi DANA tetapi pilihan bayar di tempat mungkin tetap menjadi primadona di Lazada karena masih banyak tipikal pembeli yang tidak mau repot atau hanya ingin membayar ketika pesanan sampai.

Lalu bagaimana cara belanja di COD di Lazada? daerah mana saja yang masuk area COD? kenapa tidak ada pilihan bayar di tempat saat akan membayar? nah ketiga pertanyaan ini akan kami coba jawab, semoga bisa memberikan sedikit gambaran bagi kamu yang belum tahu.

Cara COD di Lazada atau Belanja Bayar Ditempat

  1. Silahkan pilih barang yang ingin dibeli, jika lebih dari 1 barang atau ingin membeli lebih dari 1 toko maka sebaiknya pilih Tambah ke Troli agar nanti proses checkout bisa sekaligus.
  2. Kemudian cek lagi apakah semua pesanan sudah betul, jika ya pilih Checkout lalu pilih Buat Pesanan.
  3. Langkah selanjutnya yang paling penting adalah pilih metode pembayaran yaitu pilih Bayar di Tempat. Kemudian pilih Konfirmasi Pesanan.Cara COD di Lazada atau Belanja Bayar Ditempat
  4. Tunggu pesanan sampai di rumah dan bayar sesuai dengan tagihan yaitu harga barang ditambah ongkos kirim langsung ke kurir yang mengantarkan.

Setelah pesanan selesai dibuat kita sebagai pembeli hanya tinggal menunggu penjual memproses dan kemas lalu kirim paket kita.

Kita juga bisa mengetahui perkiraan kapan atau berapa lama paket Lazada sampai setelah pesanan selesai dibuat, seperti terlihat pada gambar berikut ini.

COD di Lazada

Nanti akan ada pemberitahuan paket sedang diproses, paket diserahkan ke kurir, paket dalam perjalanan dan setelah sampai ke rumah pun akan ada pemberitahuan.

Jadi tidak perlu repot chat penjual karena melalui aplikasi kita bisa pantau pesanan tersebut, lain cerita jika sudah 2 hari sudah tidak diproses juga (tidak termasuk Minggu dan hari Libur)

Namun perlu diketahui rata-rata penjual di Lazada menggunakan kurir Lex atau Ninja dan biasanya menggunakan sistem pickup atau kurir ambil paket ke toko penjual.

Oleh karena itu jangan heran jika status pesanan masih diproses penjual terus karena mereka juga harus menunggu kurir ambil paket, selain itu kadang paket sudah diproses kurir namun statusnya masih dalam proses.

Jadi kalau kamu ingin tahu kapan pesanan di Lazada dikirim sebaiknya cek via aplikasi atau bisa langsung tanya ke cs Lazada.

Wilayah atau Daerah Mana Saja Yang Bisa COD di Lazada?

Sebetulnya hampir semua wilayah di Indonesia bisa membayar pakai sistem cod di Lazada namun itu tergantung dari penjual tempat kamu membeli barang.

Jika penjualnya masih menggunakan ekspedisi atau kurir selain LEX (Lazada Express) dan Ninja maka biasanya area yang masuk COD terbatas seperti hanya pulau Jawa saja dan itu pun tidak semua daerah di Jawa bisa.

Namun jika penjualnya sudah menggunakan ekspedisi LEX atau Ninja maka hampir semua pembeli bisa membayar di tempat termasuk luar Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, Papua, Sulawesi dan lainnya.

Untuk lebih memastikan maka kamu bisa langsung tanyakan hal ini ke CS Lazada live chat maupun telepon.

Kenapa Tidak Ada Pilihan Bayar Ditempat di Lazada?

Jika tidak ada pilihan bayar ditempat setelah kamu menambahkan item ke troli atau klik beli sekarang maka ada dua kemungkinan penyebabnya yaitu:

  1. Penjual belum mengaktifkan fitur COD, biasanya ini penjual baru atau belum tahu sehingga tidak mengaktifkan fitur COD.
  2. Area ada di luar wilayah COD, ini biasanya terjadi jika penjual masih menggunakan kurir JNE atau J&T, karena untuk penjual baru hanya 2 kurir ini yang aktif sedangkan untuk penjual yang sudah lama atau sudah banyak penjualan rutin tiap bulan akan otomatis pindah ke LEX atau Ninja tergantung area gudang penjual.

Sebagai informasi, jika penjual masih pakai JNE maka biasanya area yang masuk bayar ditempat hanya sedikit bahkan untuk 1 provinsi pun tidak semua bisa.

Contohnya area di Bandung bisa tetapi ada area di Cianjur malah tidak bisa COD, dan ini pernah admin alami sendiri ketika berjualan di Lazada dan kebetulan waktu itu yang aktif kurirnya hanya JNE dan JNT.

Kesimpulan, cara bayar cod di Lazada itu sangat mudah karena prosesnya hampir sama dengan saat kita membayar pakai metode lain.

Yang berbeda hanya harus pilih Bayar Di tempat namun tidak semua barang bisa kita beli pakai sistem COD karena tergantung penjual dan kurir yang digunakannya.

Advertisement