3 Cara Mengecek Kuota Simpati Di Modem Laptop

Cara mengecek kuota Simpati di modem laptop sebetulnya tidak jauh berbeda dengan cara cek sisa kuota Telkomsel di HP Android, yaitu bisa melalui SMS ke 3636, dial ke nomor *888# seperti saat akan cek pulsa atau bisa juga melalui web myTelkomsel.

Advertisement

Khusus untuk cek kuota Simpati via dial di modem hanya bisa dilakukan jika modem yang kamu gunakan sudah mendukung fitur USSD, jika tidak ada fitur tersebut maka tidak akan bisa. Jadi hanya bisa cek online via myTelkomsel atau sms saja.

Sebagai catatan untuk pengecekan via my Telkomsel dari modem kadang bisa kadang tidak bisa login, admin sendiri tidak tahu apa sebabnya namun tidak ada salahnya jika dicoba dan selain itu pastikan juga saat login menggunakan koneksi internet dari Telkomsel baik itu Simpati, Simpati Loop maupun Kartu As.

3 Cara Mengecek Kuota Simpati Di Modem Laptop

Berikut adalah beberapa cara cek kuota Telkomsel 4g maupun 3g lewat laptop yang bisa kamu pilih:

1 – Cek Kuota Online Melalui MyTelkomsel

  1. Pastikan kamu konek internet menggunakan koneksi dari Telkomsel, kemudian buka halaman https://my.telkomsel.com/
  2. Masukan nomor HP Simpati yang akan kita cek sisa kuotanya lalu klik tombol Lanjutkan. Jika berhasil masuk maka akan muncul informasi berupa nomor hp Telkomsel, masa aktif kartu, jumlah poin Telkomsek, saldo LInkaja, sisa pulsa, serta sisa kuota internet seperti terlihat pada gambar berikut.Cara Mengecek Kuota Simpati Di Modem Laptop

2 – Cek Kuota Telkomsel Di Modem Lewat SMS

Jika cara pertama tidak bisa dilakukan maka pilihan lainnya adalah cek melalui sms dengan cara sebagai berikut:

  1. Dari modem pilih menu SMS.
  2. Kemudian kirim sms ke nomor 3636 dengan format UL(spasi)INFO.
  3. Jika berhasil maka nanti akan ada sms balasan yang memberitahukan sisa kuota internet dan masa aktifnya, kira-kira seperti berikut.

Kuota Internet 10261 MB berlaku s/d 21-04-2020 pkl 23:59
Time: 28/03/2020 20:39:14

3 – Cara Cek Sisa Kuota Internet Simpati Di Modem Via Dial

Bagi yang memiliki modem 4g, 3g dan sudah ada fitur USSD maka bisa melakukan pengecekan sisa kuota Telkomsel dari laptop dengan cara sebagai berikut:

  1. Pilih menu USSD di modem. Sebagai contoh jika menggunakan modem huawei biasanya menunya ada di SettingsOperationUSSD Cara Cek Sisa Kuota Internet Simpati Di Modem Via Dial
  2. Kemudian pada kolom command masukan *888# lalu pilih 5.Cek Pulsa & Kuota.Cek Pulsa & Kuota
  3. Selanjutnya pilih 2. Cek kuota. pilih 2. Cek kuota
  4. Terakhir pilih lagi 2. Cek kuota lalu tunggu sms masuk yang berisi pemberitahuan berupa info sisa kuota paket internet Telkomsel apa saja yang kamu miliki. Isi sms yang diterima kira-kira seperti berikut ini.

Anda memiliki:
Kuota OMG! 1.62 GB berlaku s.d. 22-04-2020 pkl 23:59

Kuota Internet 10.02 GB berlaku s.d. 22-04-2020 pkl 23:59

Cek Kuota atau paket lainnya di MyTelkomsel tsel.me/1. Info: tsel.me/va
Time: 28/03/2020 20:44:35

Jika diperhatikan, cara pertama adalah yang paling mudah karena kita hanya perlu kunjungi halaman mytelkomsel lalu masukan nomor HP, selain itu informasi yang ditampilkan juga lebih lengkap karena tidak hanya menampilkan sisa kuota tetapi menampilkan juga nomor Telkomsel yang digunakan, masa aktif kartu, saldo linkaja, detail isi paket internet yang terdaftar.

Sedangkan untuk pengecekan via sms, informasinya hanya menampilkan masa aktif paket serta sisa kuota utama saja. Jika ada kuota lain seperti kuota OMG maka tidak terlihat.

Berbeda dengan cek via dial dimana sms balasan yang didapat menampilkan info lebih lengkap, selain masa berlaku paket pada sms tersebut tertera juga kuota apa saja yang terdaftar.

Advertisement

Kesimpulannya, saat ini ada 3 cara mengecek kuota Simpati di modem laptop atau PC yaitu cek secara online melalui situs myTelkomsel, SMS ke nomor 3636 dan terakhir dial ke nomor *888# seperti saat akan cek sisa pulsa.