Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menggunakan Android Beam Untuk Transfer File Via NFC

Android beam adalah fitur yang memungkinkan dua buah smartphone melakukan transfer data seperti foto, video, musik, dokumen dengan cepat dan mudah melalui NFC. Jadi fitur ini hanya bisa digunakan jika kedua HP Android memiliki NFC contohnya Samsung Galaxy J7 PRO.

Advertisement

Cara menggunakan Android beam untuk transfer file via NFC sangatlah mudah yaitu cukup aktifkan fitur NFC pada kedua ponsel baik yang akan mengirim maupun yang akan menerima setelah itu pilih file yang akan kita transfer kemudian dekatkan sensor NFC pada kedua HP tersebut.

Pada kesempatan kali ini yang akan saya gunakan untuk transfer file dengan Android beam adalah dua buah HP Samsung J7 PRO dan letak sensor NFC ada pada bagian belakang dengan kamera.

Cara Menggunakan Android Beam Untuk Transfer File Via NFC

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara transfer file antar Android lewat NFC menggunakan Android beam, berikut adalah langkah-langkahnya.

#1 – Aktifkan NFC pada kedua HP, caranya buka menu pengaturan kemudian pilih koneksi lalu aktifkan NFC dan pembayaran seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Aktifkan NFC

#2 – Cari file yang akan dikirim bisa berupa foto, gambar, video, musik, dokumen dan lainnya pada HP yang akan mengirim kemudian pilih Bagikan / Share lalu pilih Android Beam.

Menggunakan Android Beam Untuk Transfer File Via NFC

#3 – Dekatkan sensor NFC pada kedua HP Android tersebut dan tunggu sampai proses pengiriman file selesai.

Selain dengan cara diatas, kita juga bisa transfer data menggunakan NFC dengan cara lebih mudah yaitu pilih file yang akan kita transfer kemudian dekatkan kedua HP Android sampai muncul tulisan “Sentuh untuk memancarkan” lalu tap pada layar HP pengirim dan tunggu tetap dekatkan kedua ponsel tersebut sampai proses pengiriman file selesai.

Cara Menggunakan Android Beam Untuk Transfer File Via NFC

Transfer file Android via NFC dengan Android beam memang lebih simpel jika dibandingkan transfer via Wifi direct namun kecepatannya transfer datanya tidak jauh berbeda dengan saat kita transfer via bluetooth jadi jika file yang dikirim banyak atau berukuran besar maka akan terasa lambat berbeda dengan saat kita mengirim foto melalui fitur Wi-Fi langsung.

Kesimpulan

Ada dua cara untuk transfer file via NFC yaitu dengan cara memilih file yang akan dikirim kemudian pilih bagikan lalu pilih Android beam.

Cara kedua adalah pilih file yang akan dikirim kemudian langsung dekatkan sensor NFC pada kedua HP lalu tap pada layar HP Android pengirim.

Transfer file lewat Android beam lebih mudah dan simpel dibandingkan mengirim lewat bluetooth karena penerima tidak perlu otorisasi atau melakuan tindakan saat akan menerima file.

Namun kekurangannya adalah tidak semua HP Android dilengkapi dengan NFC dan berdasarkan pengalaman saya, proses transfernya terasa lambat jika file yang dikirim berukuran besar seperti foto hasil kamera atau video.

Demikianlah sedikit gambaran tentang cara menggunakan Android beam pada HP Samsung J7 PRO yang bisa saya bagikan, jika kurang jelas silahkan baca lagi dengan teliti dan jika masih ada yang kurang dimengerti maka jangan sungkan untuk bertanya.

Advertisement

Leave a Reply