Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dual Messenger Pada HP Samsung, Apa Fungsinya?

Dual messenger pada HP Samsung itu apa? lalu apa fungsinya? itulah pertanyaan yang muncul ketika baru pertama kali kembali menggunakan HP Android Samsung setelah sebelumnya saya lebih pilih merk lain namun akhirnya kembali lagi memilih Samsung J7 PRO dengan beberapa alasan terutama sudah mendukung fitur NFC.

Advertisement

Tidak hanya terdapat pada seri Samsung Galaxy J7 maupun Galaxy J6 tetapi fitur ini juga dapat dinikmati pada HP Android Samsung seri lain meskipun saya tidak memiliki data lengkap tipe apa saja yang sudah memiliki fitur fitur dual messenger.

Lalu apa itu dual messenger pada HP Samsung? sederhanya fitur ini berfungsi untuk menggandakan aplikasi tertentu yang sudah didukung sehingga kita bisa install dua aplikasi menggunakan dua akun berbeda pada satu HP yang sama, misalnya Facebook, LINE, WhatsApp, dan BBM tanpa perlu instal aplikasi dari pihak ketiga jadi cukup aktifkan fiturnya kemudian pilih aplikasi yang ingin digandakan.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Dual Messenger Pada HP Samsung

Untuk mengaktifkannya cukup mudah yaitu melalui menu PengaturanFitur Lanjutan kemudian pilih Dual Messenger seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Dual Messenger Pada HP Samsung

Langkah berikutnya adalah memilih aplikasi apa yang ingin digandakan atau agar bisa login menggunakan akun berbeda.

Misalnya jika ingin bisa instal dua WhatsApp di HP Samsung maka pilih WhatsApp setelah itu ikuti instruksinya kemudian buat akun dengan nomor berbeda.

Menggunakan Dual Messenger Pada HP Samsung

Sayangnya fitur ini hanya mendukung beberapa aplikasi saja terutama aplikasi pesan instan maupun sosial media, belum bisa dipakai untuk menggandakan Game, hal ini terbukti karena pada HP yang saya gunakan sudah terpasang beberapa game termasuk mobile legend tetapi tidak muncul pada dual messenger.

Apa Yang Terjadi Jika Aplikasi Utama Kita Hapus?

Setelah mengaktifkan dual messenger di HP Android Samsung kemudian kita menghapus aplikasi utama maka otomatis aplikasi kedua akan ikut terhapus, lihat gambar dibawah ini sebagai bukti.

Apa Yang Terjadi Jika Aplikasi Utama Kita Hapus?

Sebaliknya jika yang dihapus adalah akun kedua atau aplikasi kedua maka aplikasi utama akan tetap bisa digunakan, berikut adalah buktinya.

Dual Messenger Pada HP Samsung

Gambar diatas adalah tampilan peringatan ketika akan menonaktifkan dual messenger, seperti terlihat pada gambar ada keterangan jika yang akan terhapus adalah data pada aplikasi kedua saja sedangkan aplikasi utama akan tetap bisa digunakan seperti biasa.

Kesimpulan, fitur dual messenger pada HP Samsung berfungsi untuk menggandakan beberapa aplikasi tertentu terutama pesan instan, belum bisa dipakai untuk game dan maksimal hanya bisa dipakai untuk 2 akun saja jadi sepertinya hanya akan bermanfaat jika kita ingin pakai dua akun LINE, BBM, Facebook atau WhatsApp saja di satu HP yang sama. Baca juga : Cara Menggunakan Wi-Fi Direct Pada HP Samsung.

Advertisement

Leave a Reply