Cara Mengubah Video Menjadi GIF di WhatsApp

Advertisement

Apakah kamu sering mengirim video pendek lewat WhatsApp? jika ya kenapa tidak mencoba mengubah video menjadi GIF di WhatsApp sebelum dikirim lewat chat agar ukuran filenya bisa jauh lebih kecil dengan demikian kita bisa menghemat pemakaian kuota.

Untuk mengubah video WhatsApp menjadi GIF tidak membutuhkan aplikasi tambahan karena saat ini aplikasi WhatsApp sudah memiliki fitur untuk memotong video sekaligus diconvert ke file GIF kemudian hasilnya bisa langsung dikirim lewat chat ke teman maupun grup di WhatsApp.

Info : walaupun cara ini bisa mengurangi ukuran file video yang akan diposting ke WhatsApp baik itu ke chat maupun untuk update status tetapi ada batasannya yaitu durasi video hanya bisa 6 detik.

Cara Mengubah Video Menjadi GIF di WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Android kamu.
  2. Kemudian silahkan rekam video atau bisa juga mengambil video yang sudah ada dari galleri HP.
  3. Setelah video muncul kemudian potong video menjadi 6 detik dengan cara menggeser titik awal atau akhir video dan nanti akan muncul pilihan GIF, lihat gambar dibawah ini. Cara Mengubah Video Menjadi GIF di WhatsApp
  4. Untuk menjadikannya sebagai file gif sebelum dikirim lewat chat, caranya tap GIFMengubah Video Menjadi GIF di WhatsAppseperti terlihat pada gambar, ukuran file video yang awalnya sekitar 1,5MB berubah menjadi hanya sekitar 338KB, cukup kecil bukan?
  5. Terakhir untuk mengirimkannya kamu tinggal tap tombol KirimCara Mengubah Video Menjadi GIF di WhatsApp

Baca juga : Menjadikan GIF sebagai status WhatsApp.

Tidak terlalu sulit bukan?

Salah satu tujuan mengubah ke file animasi GIF sebelum dikirim lewat chat adalah agar ukuran filenya bisa lebih kecil sehingga cocok bagi kamu yang sering upload video ke WhatsApp dengan durasi pendek maksimal 6 detik tanpa khawatir akan cepat kehabisan kuota karena gif yang dibuat ini ukuran filenya cukup kecil.

Itulah sedikit panduan cara mengubah video menjadi GIF di WhatsApp Android, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave a Reply