Tanya Jawab Seputar Grup WhatsApp Yang Perlu Kamu Tahu

Opikini.com – Kali ini admin akan membahas fakta seputar grup WhatsApp yang perlu kamu tahu karena saya yakin tidak semua orang tahu secara mendalam beberapa hal penting yang berhubungan dengan grup di WhatsApp.

Tulisan ini dibuat berdasarkan beberapa pertanyaan teman-teman mengenai grup WhatsApp diantaranya bisakah keluar tanpa ketahuan, bagaimana menghapus grup yang sudah tidak digunakan, jika admin mengganti nomor apa yang terjadi dan sebagainya.

Semoga tulisan sederhana ini bisa memberikan manfaat baik bagi admin grup maupun member atau anggota biasa sehingga bisa lebih selektif sebelum memutuskan untuk membuat ataupun bergabung ke grup WhatsApp.

Tanya Jawab Seputar Grup WhatsApp Yang Perlu Kamu Tahu

1 – Apa Yang Terjadi Jika Admin Keluar Grup?

Salah satu pertanyaan dari seorang teman yang pernah membuat grup adalah apa yang terjadi jika saya sebagai admin keluar dari grup WhatsApp? akankah grup terhapus?

Jawaban : yang terjadi adalah member lain yang ada akan otomatis menjadi admin artinya status admin akan berpindah ke anggota lain secara otomatis dan grup tersebut akan tetap ada tidak akan terhapus.

2 – Apa Yang Terjadi Jika Admin Mengganti Nomor HP?

Jika seorang administrator mengubah nomor hp melalui menu setelan – ganti nomor bukan melalui clear data lalu daftar pakai no baru maka tidak akan terjadi apa-apa.

Orang tersebut akan tetap sebagai admin tetapi nomornya berubah menjadi no baru.

3- Bagaimana Cara Menghapus Grup WhatsApp?

Untuk menghapus sebuah grup di WhatsApp tidak semudah membuatnya, karena yang bisa melakukannya hanya admin dan sebelumnya harus mengeluarkan semua anggota sampai tersisa anda sendiri.

Menghapus Grup WhatsApp

Kemudian setelah tidak ada member lagi, anda harus keluar dari grup tersebut dan terkahir pilih hapus grup.

hapus grup

Jadi untuk menghapus grup WhatsApp tidak bisa dilakukan dengan menghapus akun, mengganti nomor begitu saja melainkan harus mengeluarkan dulu semua anggota.

4 – Menghapus Chat Yang Terkirim di Grup Apakah Bisa?

Ada teman yang bertanya, mas kalau saya hapus chat yang sudah terkirim ke grup apakah akan hilang?

Jawabannya Tidak, karena pesan tersebut hanya hilang di WhatsApp anda tapi di grup semua orang masih bisa melihat/membaca pesan tersebut.

Dengan demikian berhati-hati (bijaksanalah) sebelum memposting sesuatu di grup karena anda tidak akan bisa menghapus atau mencegah member lain membacanya begitu diposting.

Berikut ini adalah bukti kalau pesan yang dikirim ke grup tidak bisa dihapus, lihat gambar dibawah.

Menghapus Chat Yang Terkirim di Grup Apakah Bisa?

Pada gambar kiri, terlihat seorang member menghapus pesan yang sudah dikirim dan memang hilang di chat grup ponsel dia tetapi lihat gambar kanan, di grup masih terlihat pesan yang sudah dia kirim walaupun sudah menghapusnya.

Baca juga : cara mengganti background chat WhatsApp.

5 – Keluar Dari Grup Tanpa Ketahuan Apakah Bisa?

Sampai saat ini sebetulnya kita tidak bisa keluar dari grup tanpa diketahui orang lain kecuali, mengganti nomor WhatsApp pakai nomor baru lalu setelah itu hapus akun WhatsApp dengan no baru tersebut.

Terakhir daftar lagi akun WhatsApp pakai nomor lama, dengan demikian yang terdaftar di grup WhatsApp adalah nomor baru.

Namun cara ini memiliki kelemahan karena sekali kita mengganti nomor atau hapus akun maka semua grup yang kita ikuti akan terpengaruh, artinya kamu tidak bisa keluar tanpa ketahuan hanya untuk satu grup tertentu.

6 – Bagaimana Mengganti Nada Dering Notifikasi Grup?

Untuk mengubah suara dering grup caranya buka menu setelan lalu pilih Notifikasi lalu pilih notifikasi grup dan ganti nada deringnya.

Bagaimana Mengganti Nada Dering Notifikasi Grup?

Namun jika ingin mengganti nada untuk satu grup saja agar bisa membedakan dengan suara dari grup lain caranya buka grup yang dimaksud lalu pilih menu Info Grup lalu pilih Notifikasi Khusus.

Mengganti Nada Dering Notifikasi Grup

Setelah itu centang Gunakan notifikasi khusus dan pilih nada deringnya.

Itulah beberapa hal penting seputa grup WhatsApp yang mungkin perlu kamu ketahui, jika ada yang masih belum admin tulis atau jelaskan silahkan tanyakan.