Tagihan BPJS Dobel dan Muncul Sisa Saldo, Ko Bisa

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang sudah bayar bpjs tagihan muncul lagi tapi kali ini kasusnya berbeda yaitu tagihan BPJS dobel dan muncul sisa saldo padahal bulan sebelumnya sudah dibayar lewat rekening mandiri.

Ceritanya bulan Agustus lalu saya sudah membayar tagihan BPJS untuk 4 anggota keluarga seperti biasa namun setelah lewat tanggal 10 kemudian cek tagihan BPJS ternyata untuk 3 anggota keluarga yaitu Istri, dan 2 Anak saya masih muncul tagihannya sedangkan untuk saya malah ada sisa saldo dengan total sama dengan jumlah pembayaran untuk 3 anggota keluarga.

Jadi masalahnya kali ini adalah bukan hanya sudah dibayar tagihan muncul lagi tapi sepertinya hanya tercatat ke satu anggota keluarga saja, sehingga masuk menjadi sisa saldo sedangkan anggota keluarga lain dianggap belum membayar akibatnya tagihan bulan berikutnya menjadi dobel.

Ko Bisa Tagihan BPJS Dobel dan Muncul Sisa Saldo?

Jujur saja saya juga tidak tahu kenapa bisa, dan tadi pagi ketika datang langsung ke kantor BPJS jawabannya juga mengambang tidak jelas.

Petugasnya bilang datanya belum naik ke bagian keuangan padahal seperti kita tahu tagihan BPJS kesehatan itu dibayar sekaligus berdasar nomor kartu keluarga tapi kenapa bisa 3 anggota lain tidak tercatat malah punya saya yang tercatat bayar untuk 4 bulan sekaligus sehingga ada sisa saldo 160.000 dengan kata lain ada kelebihan pembayaran.

Ko Bisa Tagihan BPJS Dobel dan Muncul Sisa Saldo?

Lihat gambar kiri atas, terlihat ada sisa saldo dan untuk tagihan 0 (nol) sedangkan untuk anggota keluarga lainnya tagihan menjadi 160.000 bukan 80.000.

Setelah saya bayar tagihan BPJS lewat Tokopedia kemudian saya cek tagihan BPJS melalui aplikasi JKN dan hasilnya (gambar kanan) Total tagihan sudah berubah menjadi 0 dan tagihan 3 orang yang tadinya 160,000 pun sudah berubah menjadi nol tapi punya saya tetap ada sisa saldo 160.000.

Jika disimpulkan adalah 3 orang tersebut harus membayar tagihan 2 bulan yaitu Agustus & September sedangkan untuk saya masih memiliki sisa saldo untuk 2 bulan kedepan artinya jika normal maka total tagihan yang muncul bulan depan harusnya hanya 240.000.

Baca juga : bayar tagihan bpjs pertama kali lewat ATM.

Bisakah Tagihan BPJS Tidak Sesuai Diperbaiki / Diurus?

Jawabannya antara ya dan tidak, karena tadi setelah datang ke kantor BPJS petugasnya bilang saya bayar saja tagihan sekarang supaya kartu tetap aktif karena untuk mengatasi masalah seperti ini harus buat laporan ke bagian keuangan dan katanya bisa memakan waktu sampai 2 minggu.

Nah karena kalau menunggu 2 minggu berarti sudah lewat tanggal 10 maka mau tidak mau saya bayar saja walau agak malas sebetulnya.

Jadi untuk kasus saya jawabanya tidak bisa diperbaiki saat itu juga alias harus bayar tagihan dulu untuk menghindari kartu dinonaktifkan.

Sedangkan jika anda mengalami hal serupa tetapi langsung laporan ke cabang pada bulan yang sama setelah membayar maka kemungkinan besar masih bisa diatas atau diperbaiki tagihannya sehingga bulan berikutnya akan langsung normal.

Kesimpulan, sebaiknya setiap tanggal 11 segera cek status pembayaran BPJS kesehatan anda dan jika mengalami hal serupa dengan saya yaitu hanya masuk ke salah satu anggota keluarga saja sehingga tagihan bpjs dobel sebaiknya segera laporan ke kantor cabang agar bisa dibuat laporan ke bagian keuangan yang katanya hanya mereka yang bisa memperbaiki.