Cara Belanja Online Pakai Kartu Debit BCA

Cara belanja online pakai kartu debit BCA sebetulnya sama saja seperti saat kita menggunakan kartu kredit maupun debit Mandiri atau BTN yaitu cukup pilih metode pembayaran ke kartu kredit / debit kemudian masukan 16 digit nomor kartu, tanggal expired dan kode CVV.

Advertisement

Namun sebelum bisa menggunakan kartu debit BCA Mastercard untuk bayar belanja online di e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, Shopee bahkan myTelkomsel pertama-tama kita harus mengaktifkan debit online BCA terlebih dahulu melalui aplikasi BCA Mobile.

Selain itu, saat ini kartu ATM atau debit BCA yang bisa dipakai untuk transaksi online baru yang berlogo mastercard saja. Jadi bagi kamu pemilik kartu ATM BCA Xpresi, maupun paspor BCA selama ada logo mastercard dan sudah aktivasi transaksi finansial di BCA Mobile maka bisa aktivasi debit online.

Cara Belanja Online Pakai Kartu Debit BCA

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, agar bisa pakai kartu debit BCA untuk belanja online langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan fitur debit online, dan jika belum tahu caranya silahkan baca artikel ini. Sebagai contoh kami akan tunjukan cara pembayarannya di Tokopedia, namun jika kamu belanja di toko online lain maka langkahnya tidak jauh berbeda.

  1. Pilih barang yang ingin dibeli lalu lanjutkan sampai ke pembayaran.
  2. Pada metode pembayaran pilih Kartu Kredit / Debit.
  3. Masukan nama pemilik rekening (jika diperlukan), nomor kartu atm, tanggal dan bulan masa berlaku kemudian masukan 3 angka CVV yang ada di bagian belakang kartu, lalu pada pilih pembayaran isi dengan penuh.
  4. Langkah berikutnya, tap Bayar.Cara Belanja Online Pakai Kartu Debit BCA
  5. Cek sms masuk yang berisi 6 angka kode OTP lalu masukan pada kolom yang sudah tersedia lalu tap OK.
  6. Jika transaksi berhasil maka saldo tabungan akan langsung berkurang sesuai dengan jumlah tagihan yang dibayar.

Kenapa Kartu Debit BCA Tidak Bisa Dipakai Belanja Online?

Ada beberapa kemungkinan, salah satunya adalah kamu belum mengaktifkan fitur transaksi debit online atau bisa juga karena kartu atm yang dimiliki tidak berlogo mastercard, dan kemungkinan terakhir karena tempat kamu belanja / transaksi belum menggunakan fitur 3DS (mastercard secured code) dimana setiap transaksinya membutuhkan kode OTP.

Meskipun saat ini kartu debit BCA bisa dipakai untuk pembayaran online, namun tentu saja berbeda dengan kartu kredit yang mana bisa pilih pakai sistem cicilan, sedangkan untuk kartu debit tidak bisa karena pembayaran tagihannya harus full dengan cara memotong langsung dari saldo tabungan BCA yang kita miliki.

Selain itu perlu diketahui juga, jika beberapa situs e-commerce menerapkan kebijakan biaya layanan yang nilainya bervariasi sehingga jumlah tagihan yang harus dibayar ditambah biaya layanan dan jatuhnya lebih mahal jika dibandingkan membayar via transfer bank menggunakan virtual account BCA.

Advertisement

Namun tidak semua merchant online mengenakan biaya layanan pembayaran dengan kartu debit, salah satu contohnya adalah myTelkomsel dimana saat ini tidak membebankan biaya layanan.

Leave a Reply