Cara Isi Token Listrik Via BNI Mobile

Setelah kemarin sukses membeli token via OVO kali ini admin akan berbagi pengalaman cara isi token listrik via BNI Mobile banking menggunakan rekening BNI Syariah, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kamu ingin membeli token PLN menggunakan aplikasi mobile banking BNI baik itu nasabah BNI maupun BNI Syariah.

Advertisement

Untuk bisa melakukan pembelian token listrik lewat BNI Mobile yang harus kamu lakukan pertama kali tentu saja mengaktifkan layanan BNI Mobile banking baik melalui kantor cabang, ATM maupun dengan mendownload aplikasinya dari Google Play Store kemudian registrasi lalu aktivasi.

Sebelum memutuskan untuk membeli token pln via mobile banking BNI, ada hal penting yang harus kamu ketahui yaitu sebaiknya langsung catat kode stroom/token atau buat screen capture saat transaksi sudah berhasil karena jika aplikasinya sudah ditutup maka akan sangat sulit untuk melihat kembali riwayat pembelian token di BNI Mobile karena setahu saya memang tidak bisa.

Jadi jika belum sempat mencatat kemudian aplikasinya sudah ditutup maka mau tidak mau kamu harus menghubungi PLN atau pihak BNI untuk mengetahui kode token yang baru dibeli melalui BNI Mobile Banking tersebut.

Bagaimana Cara Isi Token Listrik via BNI Mobile

#1 – Langkah pertama buka aplikasi BNI Mobile Banking lalu masukan userid dan mpin untuk login.

#2 – Setelah masuk pilih menu Pembelian. Lalu Pilih menu Token Listrik

Cara Isi Token Listrik Via BNI Mobile

#3 – Kemudian Pilih Input Baru lalu masukan ID Pel atau No Meter kemudian tap Lanjut.

Membeli Token Listrik Di BNI Mobile Banking

#5 – Pilih nominal token yang ingin dibeli, minimal 20.000 rupiah lalu masukan password transaksi kemudian tap Lanjut.

Pilih nominal token yang ingin dibeli

Jika transaksi berhasil maka akan muncul pemberitahuan dan untuk melihat kode tokennya scroll kebawah lalu lihat bagian Stroom/Token dan catat 20 digit angka tersebut lalu masukan ke meteran listrik.

kode token

Penting : Jika tidak ingin mencatat sebaiknya buat screen capture sehingga nanti kita bisa lihat kembali kode stroom / token yang belum diinput tersebut sebelum aplikasi BNI Mobile kita tutup.

Pada dasarnya membeli token listrik via BNI Mobile sangatlah mudah dengan biaya admin sebesar 3.000 rupiah, atau lebih mahal jika dibandingkan membeli token pln lewat OVO.

Kekurangan Membeli Token Listrik Di BNI Mobile Banking

Setelah mencoba sendiri ternyata satu kekurangan yang admin rasakan sama seperti saat kita membeli via mobile banking dari bank lain adalah kita tidak bisa melihat riwayat pembelian token dengan lengkap sehingga jika ingin melihat kode token yang baru dibeli tidak akan bisa kecuali mau menghubungi PLN atau pihak bank.

Oleh karena itu sebaiknya langsung catat kode stroom / token saat transaksi berhasil.

Hal ini berbeda jika dibandingkan kita membeli via Tokopedia, aplikasi OVO, Gojek, ATM atau aplikasi lain selain mobile banking dimana kita bisa melihat kembali kode token yang sudah dibeli ketika belum sempat input ke meteran.

Bagaimana Cara Mengetahui Kode Token PLN Yang Baru Dibeli Via BNI Mobile Banking?

Karena kita tidak bisa melihat lagi token melalui riwayat transaksi di BNI Mobile Banking maka solusi yang bisa kamu coba ketika ingin tahu kode token PLN yang belum sempat diiput atau hilang adalah :

  • Hubungi PLN melalui email dengan alamat pln123@pln.co.id kekurangannya adalah balasan biasanya agak lama
  • Cek melalui aplikasi PLN Mobile namun kelemahannya adalah kita baru bisa mengecek setelah 1×24 jam kalau tidak salah jadi tidak bisa langsung cek jika baru membeli maka tidak bisa langsung cek melalui aplikasi ini.
  • Tanya melalui akun resmi PLN misalnya melalui Twitter dengan akun @pln_123.
  • Telp ke PLN 123 diawali dengan kode area misalnya (021)123 dari HP maupun telp rumah.

Berdasarkan pengalaman admin, respon yang paling cepat dan murah tanpa harus telepon ke PLN hanya untuk menanyakan kode token yang hilang adalah tanya melalui Twitter dengan menyebutkan no meter/id pelanggan, tanggal dan jam pembelian serta nominalnya dan nanti biasanya petugas pln akan membalas dan memberitahu 20 angka kode stroom yang kita tanyakan tersebut.

Jadi tidak bisa cek langsung melalui aplikasi BNI mobile karena memang tidak ada fiturnya.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang cara isi token listrik via BNI Mobile Banking dengan biaya admin sebesar 3.000 rupiah atau sama seperti saat kita membeli lewat ATM BNI maupun Mandiri.

Advertisement

Latest Comments

  1. Aisyah Mei 10, 2019
    • Opik Juli 15, 2019