Pengalaman Melahirkan Caesar Dengan BPJS, Gratis Ternyata

Advertisement

Kali ini opikini.com akan berbagi pengalaman melahirkan caesar dengan bpjs kesehatan yang ternyata gratis atau tidak kena biaya kecuali untuk beberapa item yang tidak ditanggung oleh BPJS seperti susu formula, periksa golongan darah dan perban anti air yang biasanya diberikan saat akan keluar dari rumah sakit.

Sebetulnya ini bukan pengalaman saya tetapi pengalaman istri namun demikian saya yang mengurus hampir semua persyaratannya jadi lumayan tahu bagaimana prosedur operasi caesar dengan BPJS sampai dengan mengurus BPJS bayi baru dilahirkan.

Sebagai catatan ini merupakan operasi caesar kedua namun pertama kali pakai bpjs jadi awalnya sempat ragu juga apakah benar nanti tidak akan dikenakan biaya alias gratis belum lagi terbayang prosedurnya yang rumit namun ternyata setelah dijalani semua prosesnya mudah dan memang tidak dikenakan biaya termasuk pembelian darah untuk transfusi.

Melahirkan Caesar Dengan BPJS Begini Prosedurnya

Berikut ini adalah pengalaman mengurus proses melahirkan caesar dengan bpjs di salah satu rumah sakit swasta daerah Cibinong dan faskes tingkat 1 yang saya gunakan adalah klinik bukan puskesmas jadi bisa saja prosedurnya agak berbeda.

Baca juga : cara mencetak kartu e-id bpjs sendiri.

Perlu diketahui sebelum bisa melahirkan di rumah sakit pakai BPJS anda dan istri harus memiliki kartu bpjs terlebih dahulu kemudian sudah melakukan pemeriksaan kehamilan di rumah sakit tersebut pakai kartu bpjs dan jika disingkat berikut ini adalah prosedur atau persyaratan yang harus anda penuhi.

#1 – Persiapan (Dokumen)

Berikut adalah beberapa dokumen yang harus anda siapkan agar nanti tidak repot lagi diantaranya:

  1. Kartu Kelurga, KTP dan kartu BPJS asli milik ibu hamil
  2. Foto copy kartu keluarga, ktp dan kartu bpjs ibu, siapkan saja masing-masing 10 lembar kenapa banyak sekali? karena selain diperlukan saat melakukan pemeriksaan, foto copy ini juga diperlukan saat daftar rawat inap serta mengurus kartu bpjs bayi setelah dilahirkan

#2 – Periksa Kehamilan Dengan BPJS

  1. Salah satu syarat yang harus dipenuhi agar bisa operasi caesar pakai BPJS menurut dokter yang menangani istri saya adalah, peserta sudah pernah menggunakan BPJS minimal 1x untuk periksa kehamilan jadi pastikan anda sudah pernah menggunakan kartu bpjs untuk periksa kehamilan di rumah sakit tersebut dan sebelum datang ke RS anda harus meminta rujukan dulu dari faskes 1. Jika belum tahu caranya silahkan baca artikel ini.

#3 – Penentuan Tanggal Operasi dan Pendaftaran Rawat Inap

Setelah usia kandungan mencukupi dan kondisi bayi dinilai normal oleh dokter biasanya 1 minggu sebelum melahirkan dokter akan menentukan kapan tanggal melahirkan dan berikut adalah beberapa tahapan yang harus dilewati.

  1. Dokter menentukan tanggal operasi caesar, kemudian akan memberikan surat rujukan dan formulir untuk periksa darah.
  2. Setelah mendapat surat keterangan dan form untuk cek darah lalu anda pergi ke kasir untuk membayar pemeriksaan lab yang tidak ditanggung bpjs kalau tidak salah biayanya hanya 30ribu untuk periksa golongan darah.
  3. Setelah membayar kemudian pergi ke lab untuk diambil sample darah dan sambil menunggu hasil biasanya sekitar 1 jam, anda pergi ke bagian administrasi rawat inap untuk memberikan surat permintaan rawat inap dari dokter kandungan. Note : bagian administrasi biasanya akan meminta foto copy KTP, KK dan kartu BPJS Ibu.
  4. Bagian adminstrasi rawat inap akan memberikan surat / form rawat inap, ambil lalu serahkan kembali ke bagian VK beserta hasil tes darah lalu tunggu bagian adminstrasi menelepon.
  5. Pada langkah 4 biasanya kita sudah diberitahu kapan harus masuk ke ranap biasanya satu malam sebelum operasi, misalnya operasi hari jumat maka kamis malam kita sudah masuk ke rs. Setelah masuk ke rs urus kembali pendaftaran ke bagian administrasi rawat inap.

Catatan : Jika saat pemeriksaan darah dan hasilnya anda harus transfusi karena hb rendah maka tidak perlu khawatir karena biayanya ditanggung bpjs juga, tapi pengalaman saya kemarin diminta untuk membeli sendiri 1 kantung darah seharga 360.000 dan uangnya nanti diganti oleh pihak RS.

#4 – Operasi dan Mengaktifkan BPJS Bayi

Tahapan terakhir dari proses melahirkan pakai bpjs adalah operasi caesar sesuai dengan yang sudah dijadwalkan, dan tentu saja mengurus atau mengaktifkan bpjs bayi baru dilahirkan agar biaya perawatannya ditanggung bpjs dan berikut adalah pengalaman saya.

  1. Sambil menunggu proses operasi, siapkan dokumen berupa foto copy kk, ktp dan bpjs ibu.
  2. Setelah operasi selesai dan bayi dilahirkan dengan selamat, tunggu sampai mendapat surat keterangan lahir dari rumah sakit.
  3. Setelah surat keterangan lahir didapatkan segera foto copy, lalu pergi ke kantor bpjs maksimal 3x hari kerja atau sebelum bayi dan ibu pulang ke rumah dengan membawa foto copy surat keterangan lahir, surat keterangan permintaan rawat inap ibu dan bayi, foto copy KK, KTP dan kartu BPJS ibu. (Sebaiknya bawa juga semua dokumen asli untuk jaga-jaga jika diminta petugas bpjs).
  4. Minta petugas bpjs untuk mengaktifkan pembayaran bpjs bayi baru dilahirkan lalu lakukan pembayaran di Indomaret, ATM maupun Alfamart dan foto copy bukti pembayaran tersebut.
  5. Setelah dibayar, pergi ke bagian cetak kartu dan serahkan copy surat keterangan lahir, bukti pembayaran, foto copy KK, KTP dan kartu bpjs ibu lalu tunggu sampai kartu bpjs bayi selesai dicetak.
  6. Jika kartu bpjs bayi sudah didapat selanjutnya laminating dan foto copy 5 lembar, lalu berikan kepada bagian administrasi rawat inap dengan tambahan foto copy kartu bpjs ibu dan foto copy ktp ibu.

Setelah melewati tahapan diatas maka adminstrasi untuk proses persalinan dengan operasi sudah selesai dan anda tinggal menunggu ibu dan bayi pulang ke rumah.

Catatan : saat pembayaran iuran pertama untuk bayi, yang dibayar hanya tagihan bpjs bayi sesuai dengan kelasnya jadi yang diberikan oleh petugas bpjs adalah nomor virtual account bayi.

Tulisan ini berdasar pengalaman pribadi namun tidak menutup kemungkinan jika prosedur melahirkan dengan bpjs yang akan anda alami sedikit berbeda namun pada intinya sama saja yaitu gratis dan hampir semua item ditanggung bpjs kecuali susu formula, cek darah serta perban anti air yang harus ada bayar pakai uang pribadi.

Kesimpulan, jika anda ingin melahirkan caesar dengan BPJS hal penting yang harus dipenuhi ibu sudah memiliki kartu bpjs maksimal 14 hari sebelum melahirkan serta sudah pernah periksa kehamilan pakai bpjs.

Selain itu dokumen yang harus anda siapkan dan kalau bisa selalu dibawa diantaranya asli dan foto copy kartu keluarga, kartu bpjs ibu, ktp ibu.

Demikianlah sedikit pengalaman ketika mengurus proses melahirkan caesar dengan bpjs dan sekali lagi saya ingatkan sebaiknya anda jangan percaya dengan informasi katanya atau kata orang tetapi akan lebih baik jika saat akan melahirkan anda langsung bertanya pada dokter maupun petugas administrasi rawat inap di rumah sakit tempat anda akan melahirkan agar informasinya lebih akurat dan anda bisa menyiapkan semua persyaratannya.

Advertisement

Latest Comments

  1. anna Juni 29, 2017
    • Opik Juli 2, 2017