Pengalaman Membayar Iuran BPJS Online di Bukalapak

Advertisement

Beberapa bulan ini biasanya saya bayar tagihan BPJS lewat Tokopedia karena sering ada cashback yang lumayan namun ketika tahu kalau bukalapak sudah menyediakan layanan pembayaran BPJS akhirnya saya penasaran ingin mencoba membayar iuran BPJS online di Bukalapak karena kebetulan ada saldo bukadompet yang tersisa disana.

Membayar tagihan online lewat market place seperti bulapak atau tokopedia selain mudah, kita juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan cashback yang nantinya bisa digunakan kembali untuk belanja di market place tersebut.

Namun bedanya jika di Bukalapak cashback yang diberikan berupa credit ke bukadompet dan hanya berlaku untuk 7 hari serta tidak bisa dipakai untuk membeli beberapa produk non fisik seperti pulsa sedangkan di Tokopedia cashback dalam bentuk saldo tokocash dan tidak ada masa berlaku dan bisa dipakai untuk belanja semua item.

Jadi jika lebih mengutamakan saldo cashback yang bisa digunakan untuk transaksi lain dan tidak ada masa berlaku maka sepertinya membayar BPJS Kesehatan via Tokopedia saat ini lebih menguntukan walau memang nilai cashback yang diberikan lebih kecil dibandingkan bukalapak.

Mudahnya Membayar Iuran BPJS Online di Bukalapak

Cara bayar tagihan BPJS kesehatan secara online di bukalapak itu sangat mudah karena hampir sama langkahnya seperti saat membeli pulsa, paket data atau produk non fisik lainnya.

Bagi kamu yang belum pernah dan masih belum tahu caranya maka silahkan simak pembahasan berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan login ke Bukalapak atau bisa juga akses dari aplikasi bukalapak di HP.
  2. Pilih BPJS lalu masukan nomor kartu peserta atau no VA keluarga.
  3. Jika masih ada tagihan atau belum dibayar maka akan muncul jumlah iuran yang harus dibayar sedangkan jika kamu sudah bayar pada bulan tersebut maka biasanya akan muncul tulisan nomor tidak terdaftar / tagihan hingga bulan yang dipilih sudah lunas.
  4. Untuk melanjutkan pilih tombol Bayar BPJS atau tombol Bayar jika akses via aplikasi. Membayar Iuran BPJS Online di Bukalapak
  5. Langkah selanjutnya adalah memilih metode pembayaran lalu pilih tombol Bayar dan selesaikan transaksinya. Pengalaman Membayar Iuran BPJS Online di Bukalapak
  6. Setelah transaksi sukses maka tagihan BPJS kesehatan bulan tersebut akan lunas.

Tidak terlalu sulit ternyata dan setelah pembayaran selesai kemudian saya cek tagihan lewat aplikasi mobile JKN ternyata tagihan sudah berubah menjadi nol artinya memang benar transaksi sudah sukses.

Info : Setelah saya perhatikan ternyata membayar lewat pc / laptop via web browser dan bayar via hp dengan aplikasi ada perbedaan pada metode pembayaran.

Jika lewat browser metode pembayaran yang bisa dipilih lebih banyak atau sama seperti transaksi biasa di bukalapak sedangkan jika lewat aplikasi metode pembayaran yang muncul lebih sedikit yaitu hanya ada bukadompet, transfer, Indomaret, dan Alfamart.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut ini.

tagihan BPJS

Pada gambar kiri terlihat lebih banyak metode pembayaran sedangkan kanan (dari aplikasi) pembayaran yang tersedia lebih sedikit.

Oleh karena itu jika kamu ingin bayar pakai selain transfer, indomaret, alfamart, bukadompet seperti virtual account, bca klikpay, kartu debit maka lakukan transaksi via browser jangan lewat aplikasi.

Advertisement

Demikianlah sedikit pengalaman membayar iuran BPJS online di Bukalapak, selamat mencoba. Baca juga : cara bayar iuran BPJS lewat klikBCA.

Leave a Reply