Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Bayar BPJS Lewat Go-Bills di Aplikasi GO-JEK

Cara bayar BPJS lewat Go-Bills di aplikasi Go-JEK ternyata mudah loh, dan menariknya bulan ini (September 2018) sedang ada promo cashback untuk pembayaran via go bills 10% atau sepertinya maksimal hanya 10.000 rupiah yang langsung masuk ke Go-PAY setelah transaksi berhasil. Jadi kalau kamu mau membayar BPJS di gojek dan dapat ingin uang kembalian lakukan sebelum akhir bulan ini.

Advertisement

Pada dasarnya pembayaran iuran BPJS kesehatan via Go-JEK tidak jauh berbeda dengan saat kita membayar online di Tokopedia maupun tempat lain yaitu cukup masukan nomor peserta BPJS yang akan dibayar lalu pilih bulan dan setelah itu bayar menggunakan saldo go-pay.

Sebelum bayar tagihan BPJS pakai go-pay, ada hal penting yang perlu kamu ketahui yaitu selain jumlah tagihan sesuai dengan kelas dan jumlah peserta BPJS, kita juga akan dikenakan biaya admin sebesar 2.500 rupiah jadi pastikan saldo Go-PAY kamu mencukupi minimal (iuran BPJS per bulan x jml peserta) + biaya admin 2.500 rupiah.

Cara Bayar BPJS Lewat Go-Bills di Aplikasi GO-JEK

  1. Buka aplikasi Go-JEK di HP kamu lalu pilih menu Go-Bills, jika tidak ada maka pilih menu Lainnya kemudian cari Go-Bills. Cara Bayar BPJS Lewat Go-Bills di Aplikasi GO-JEK
  2. Pilih BPJS Kesehatan.  Pilih BPJS Kesehatan
  3. Pada kolom no pelanggan, masukan nomor peserta BPJS yang akan kita bayar. masukan nomor peserta BPJS
  4. Pilih bulan pembayaran BPJS.
  5. Akan muncul info tagihan yang harus dibayar lengkap mulai dari no VA, nama, jumlah peserta, dan jumlah bulan. Jika sudah benar maka pilih tombol Bayar untuk melanjutkan. Cara Bayar BPJS Lewat Go-Bills di Aplikasi GO-JEK
  6. Terakhir masukan PIN GO-PAY kamu. masukan PIN GO-PAY
  7. Setelah masukan pin akan muncul pop up pemberitahuan transaksi sedang diproses dan jika transaksi gagal maka saldo akan dikembalikan. Transaksi Sedang Diproses

Nah setelah selesai bayar, jika ingin tahu sudah berhasil atau belum maka bisa cek lagi melalui menu Go-Bills – Riwayat Pembayaran, pada halaman tersebut akan tertera riwayat transaksi via gobills termasuk pembayaran BPJS dan jika berhasil akan ada keterangan berhasil.

Jika kuragn yakin atau ingin lebih memastikan apakah pembayaran BPJS via Go-PAY sudah berhasil atau belum maka kamu bisa cek tagihan BPJS online atau bisa juga dari HP menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Berapa Biaya Admin Bayar BPJS di Go-JEK?

Seperti terlihat pada langkah nomor 5, biaya admin untuk pembayaran tagihan bpjs kesehatan via aplikasi go-jek saat ini adalah 2.500 rupiah atau sama saja seperti saat kita membayar lewat Tokopedia, internet banking BCA atau channel lain selain bank pemerintah.

Apakah pembayaran BPJS Kesehatan via Go-Bills di Aplikasi Go-jek langsung tercatat?

Untuk mengetahuinya seperti saya sebutkan sebelumnya yaitu kita cek langsung tagihannya bisa melalui web resmi bpjs kesehatan atau via aplikasi di HP Android, saya lebih pilih cek melalui aplikasi dan hasilnya adalah sebagai berikut.

Apakah pembayaran BPJS Kesehatan via Go-Bills di Aplikasi Go-jek langsung tercatat?

Terlihat pada gambar (kiri) dari menu catatan pembayaran sudah muncul transaksi pembayaran terakhir via go-jek yang saya lakukan dan untuk keterangan channel tertulis ARTAJASA BNI.

Kemudian pada gambar (kanan) dari menu Tagihan – Premi terlihat bahwa tagihan BPJS bulan ini sudah terbayar karena sudah berubah menjadi nol.

Jadi dapat disimpulkan kalau pembayaran iuran BPJS via aplikasi gojek langsung tercatat oleh bpjs sama seperti saat kita membayar di atm BNI, Mandiri atau channel lainnya.

Itulah panduan cara bayar BPJS lewat go-bills di aplikasi go-jek berdasar pengalaman pribadi, selamat mencoba dan jika ada kesalahan mohon koreksinya.

Advertisement

Leave a Reply