Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mudahnya Mengganti Kartu ATM BCA Xpresi Yang Rusak, Tapi!

opikini | Kali ini saya akan berbagi pengalaman mudahnya mengganti kartu atm BCA Xpresi yang rusak di salah satu kantor cabang BCA daerah Cibinong, karena kebetulan selain ingin mengganti kartu atm yang sudah terkelupas hari itu saya juga berniat membuka rekening tahapan BCA jadi daripada bulak-balik mending sekalian saja mengurus dua keperluan pada saat yang sama.

Advertisement

Adapun alasan mengganti kartu ATM tahapan Xpresi yang rusak tersebut di kantor cabang karena ternyata myBCA di CCM tempat saya membuka tahapan Xpresi tidak melayani penggantian kartu atm.

Oh iya, tabungan Xpresi BCA ini tidak pakai buku tabungan jadi saat mengganti di kantor cabang saya tidak bawa buku tabungan hanya kartu atm yang ingin diganti + kartu identitas dalam hal ini sim karena e-ktp ternyata ketinggalan dirumah.

Pengalaman Mengganti Kartu ATM BCA Xpresi Yang Rusak

Berikut adalah penampakan kartu ATM Tahapan Xpresi BCA yang sudah rusak dengan kondisi terkelupas dibagian bawahnya jadi kalau dimasukan ke mesin atm kemungkinan besar tidak akan bisa keluar lagi dan bisa mengakibatkan tertelan.

Pengalaman Mengganti Kartu ATM BCA Xpresi Yang Rusak

  1. Ambil nomor antrian ke CS dan jika ditanya security bilang saja ingin mengganti kartu ATM BCA karena rusak.
  2. Setelah dipanggil langsung beritahukan maksud kedatangan kita dan keluarkan kartu atm serta identitas yang masih berlaku seperti e-KTP atau SIM, dalam hal ini saya menggunakan SIM C karena kebetulan lupa membawa KTP.
  3. CS akan menyiapkan kartu ATM baru dan meminta kita untuk tanda tangan beberapa kali di formulir yang sudah disediakan serta menjelaskan berapa biayanya. Untuk Xpresi ternyata biaya penggantian kartu atm adalah 25.000 yang dipotong langsung dari saldo rekening BCA kita jadi tidak perlu membayar tunai.
  4. Setelah atm baru aktif, cs akan meminta kita membuat PIN (bisa menggunakan pin yang sama / tidak perlu ganti) dengan cara memasukan pin sebanyak dua kali di mesin edc yang tersedia pada meja CS.
  5. Setelah pembuatan pin selesai, kartu atm pengganti diserahkan dan langsung aktif artinya bisa digunakan saat itu juga.

Jika dihitung, tidak sampai 15 menit proses penggantian kartu atm BCA rusak tersebut selesai dan ternyata untuk identitas tidak wajib/harus pakai e-KTP karena bisa pakai SIM seperti yang saya lakukan.

Meskipun prosesnya mudah dan cepat, Tapi kartu pengganti yang saya dapatkan berbeda designnya dengan kartu atm tahapan xpresi lama, yang ini tidak ada nomor rekening dan nama pemilik tapi hanya tertera nomor kartu saja dengan tulisan timbul dan tidak bisa memilih design yang diinginkan.

Baca juga : Cara top up Flazz BCA pakai uang tunai.

Berapa Biaya Mengganti Kartu ATM BCA Jika Rusak Atau Hilang?

Untuk tahapan Xpresi biayanya 25.000 rupiah tapi untuk jenis tabungan dan jenis kartu atm yang digunakan misalnya untuk tahapan BCA silver/blue biayanya adalah 10.000 sedangkan untuk gold 15.000 dan platinum 20.000, data ini saya dapat dari halaman resmi BCA dan bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Biaya Mengganti Kartu ATM BCA
Ganti Kartu ATM Harus Ganti PIN BCA Mobile dan KlikBCA?

Ternyata setelah kita mengganti kartu ATM BCA kita harus mengganti pin m-bca dan internet banking atau KlikBCA juga, ini saya ketahui ketika selesai mengurus penggantian atm kemudian langsung membuka aplikasi BCA Mobile dan muncul perintah untuk ganti pin.

Tidak hanya pin m banking BCA, tetapi bagi kamu yang menggunakan internet banking harus mengganti pin klikBCA juga supaya bisa digunakan, berikut adalah penampakan ketika login ke klikBCA setelah mengganti kartu atm.

Ganti PIN KlikBCA

Terlihat pada gambar diatas ada keterangan dengan tulisan berwarna merah yang isinya:

“ANDA TELAH MELAKUKAN PENGGANTIAN KARTU PASPOR BCA.
SILAKAN MELAKUKAN PENGGANTIAN PIN INTERNET BANKING ANDA.”

Setelah Mengganti Kartu ATM Apakah Bisa Langsung Digunakan?

Ya, berdasarkan info dari cs setelah penggantian selesai kartu atm baru tersebut bisa langsung dipakai tidak perlu menunggu 1×24 jam.

Kesimpulan

  1. Biaya penggantian kartu ATM tahapan Xpresi BCA saat ini adalah 25.000 yang dipotong dari saldo tabungan.
  2. Jika kita menggunakan m banking dan internet banking maka setelah mendapat kartu atm baru harus segera mengganti pin m-bca dan pin klikBCA.
  3. Jika pada kantor cabang tidak ada stok kartu atm tahapan Xpresi maka akan diberikan kartu ATM tanpa nama dan tidak ada nomor rekening, jadi mirip dengan atm paspor BCA biasa dengan tulisan no kartu embos atau timbul, ini mungkin yang agak saya sayangkan.

Itulah pengalaman mengganti kartu atm BCA yang rusak dengan mudah dan cepat di salah satu kantor cabang pembantu yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave a Reply