Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengalaman Buka Rekening BCA Kedua Kalinya

Opikini.com | Saya akan berbagi pengalaman buka rekening BCA untuk kedua kalinya adapun yang pertama adalah membuka tahapan Xpresi di MyBCA dan kali ini yang saya pilih adalah membuka tabungan Tahapan BCA di salah satu kantor cabang BCA Cibinong.

Advertisement

Selain membuka rekening BCA baru sebetulnya hari itu saya juga mengganti kartu atm Xpresi yang rusak meskipun agak kecewa karena designnya tidak bisa dipilih dan modelnya seperti ATM biasa tanpa ada no rekening dan nama dibagian depannya.

Hampir sama dengan cara dan syarat membuka rekening tabungan baru dibank lain, ketika akan membuat rekening baru di BCA tentu kita harus menyiapan bukti identitas seperti e-KTP, NPWP (jika ada) serta membawa uang setoran awal sebesar 500.000 rupiah.

Setelah syarat-syaratnya terpenuhi lalu datang ke kantor cabang BCA terdekat dan sepertinya sekarang tidak harus sesuai domisili karena sudah menggunakan e-KTP jadi kita bisa membuka tabungan dimana saja namun tentu ini tergantung kebijakan cabang yang kita datangi karena satu bank kadang kebijakannya bisa berbeda.

Pengalaman Buka Rekening BCA Kedua Kalinya

Pengalaman Buka Rekening BCA Kedua Kalinya

Hari itu saya sengaja datang pagi-pagi sekitar jam 8 pagi supaya tidak antri dan benar saja baru sedikit orang di bagian CS yang sedang antri.

Setelah mengambil nomor antrian tidak lama kemudian mendapat giliran, dan langsung saja saya beritahu tujannya adalah membuka tabungan baru serta mengganti atm yang rusak dan jika diurutkan berikut adalah prosesnya.

  1. Tunggu mendapat giliran dipanggil lalu beritahu petugas BCA kita ingin membuka tabungan baru dan jelaskan juga jenis tabungan serta kartu ATM yang ingin dipilih.
  2. Petugas akan menjelaskan biaya admin tabungan, setoran awal serta syarat-syarat yang harus dipenuhi diantaranya harus membawa bukti identitas seperti e-KTP dan NPWP.
  3. Setelah tanda tangan form pembukaan rekening baru, kemudian akan diminta untuk menyerahkan setoran awal lalu mengisi slip setoran kemudian setelah selesai kita akan diminta untuk membuat PIN ATM dan tanda tangan di buku tabungan.
  4. Jika ingin sekalian registrasi BCA Mobile dan aktivasi layanan finansial supaya bisa dipakai transaksi dari HP maka kamu juga bisa langsung memberitahukan petugas namun untuk internet banking atau klikBCA biasanya tidak bisa langsung melainkan harus menunggu 1×24 jam baru bisa registrasi.
  5. Akhirnya tidak sampai 30 menit proses pembuatan rekening BCA baru selesai. Lega rasanya karena prosesnya cepat apalagi saya tidak bawa e-ktp jadi pakai SIM dan tidak dipersulit.

Lalu apa saja syarat membuka rekening BCA?

Bagi yang belum tahu berikut adalah syarat dan ketentuan pembukaan tabungan Tahapan BCA yang harus dipenuhi.

  1. Calon Nasabah adalah perorangan atau yayasan.
  2. Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening Tahapan BCA. (saya hanya tanda tangan saja entah karena sudah memiliki rekening Tahapan Expresi atau memang BCA membaca dari identitas yang kita berikan)
  3. Membawa bukti identitas diri yang masih berlaku serta NPWP (Awalnya saya tidak ditanya NPWP tapi akhirnya ditanya juga sudah punya NPWP Pa? jawab saya sudah lalu saya serahkan) namun berdasarkan info dari HaloBCA kalau tidak memiliki NPWP maka bisa mengisi form pernyataan tidak memiliki NPWP dan jawaban dari CS Bank BCA tempat saya buka rekening katanya bisa digantikan dengan menunjukan Kartu Keluarga) *Ini tergantung kebijakan cabang jadi bisa saja berbeda aturannya.
  4. Setoran awal minimum Rp 500.000 dan setoran selanjutnya minimum Rp 50.000.
  5. Saldo rata-rata minimum per bulan Rp 100.000, kalau kurang dari 100.000 akan ada penalty tapi saya lupa berapa tepatnya.
  6. Saldo minimum ditahan Rp 50.000. Jadi jika kamu cek saldo rekening BCA setelah selesai dibuat maka yang akan terlihat tidak akan 500.000 melainkan 450.000 rupiah.
  7. Biaya administrasi bulanan, sesuai dengan kartu paspor BCA yang dimiliki untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel dibawah.

Berapa Biaya Administrasi Tahapan BCA?

Untuk biaya perbulan tentu tergantung jenis kartu ATM yang kita pilih sebagai contoh Tahapan BCA dengan kartu ATM blue biaya admin per bulan adalah 15.000 dan untuk pembuatan atau penggantian kartu adalah 10.000 sedangkan Gold bulanannya 17.000 dan untuk penggantian kartu 15.000 sedangkan untuk jenis kartu ATM BCA platinum biaya bulannya 20.000 begitu juga biaya pembuatan dan ganti kartu sama 20.000. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel dibawah ini.

Biaya Admin Tahapan BCA

Apakah Bisa Buka Tabungan BCA Tanpa NPWP?

Berdasar pengalaman saya bisa dan ketika saya konfirmasi ke pihak CS katanya kalau tidak memiliki NPWP tapi ingin buat rekening BCA maka bisa menyerahkan identitas lain seperti kartu keluarga atau mengisi form penyataan tidak mempunyai NPWP.

Hal ini sama seperti di bank Mandiri karena waktu itu istri saya saat membuka rekening baru tanpa NPWP dan bisa, namun diminta kartu keluarga.

Namun hal ini tentu tergantung kebijakan cabang tersebut jadi kalau kamu ditolak buka rekening karena tidak memiliki NPWP sebaiknya cari cabang lain daripada cape berdebat, karena tidak akan menang (pengalaman pribadi ketika ditolak bank sebelah dan setelah pindah cabang malah bisa buat rekening).

Pilihan lain jika tidak ada NPWP maka kamu bisa coba buka rekening tahapan Xpresi dan cari MyBCA jangan di kantor cabang karena dulu saya dan istri saya berhasil buat rekening Xpresi tanpa NPWP.

Jika masih kurang jelas atau ragu tentang syarat harus ada NPWP silahkan baca Tweet dari HaloBCA berikut ini.

Dari jawaban diatas bisa disimpulan memang benar bisa membuka rekening BCA tanpa NPWP dengan menyertakan surat penyataan namun berkomitmen untuk menyampaikan NPWP ke BCA jika nanti sudah punya.

Apakah Bisa Buka Tabungan BCA Pakai KTP Daerah?

Kalau sudah e-KTP seharusnya bisa dan ini sudah dibuktikan oleh beberapa blogger yang pernah saya baca artikelnya tentang pengalaman membuka rekening BCA pakai e-KTP luar daerah dan bisa tanpa ada kendala.

Itulah sedikit pengalaman tentang membuka rekening BCA kedua kalinya yang ternyata prosesnya sangat mudah tanpa harus isi formulir ini itu, entah karena data saya sudah ada atau memang cara kerja BCA begitu yang pasti ini sangat memudahkan konsumen.

Setelah sukses membuka Tahapan BCA akhirnya saya memiliki dua rekening BCA karena memang tidak ada aturan yang melarang satu orang bisa memiliki lebih dari satu rekening di bank yang sama. Baca juga : Cara Tarik Tunai ATM BCA Tanpa Kartu.

Advertisement

Leave a Reply